#103 Belajar Foto Makanan Episode 1

Sebetulnya saya itu masih belum pede mau ngasih tau knapa foto2 saya agak sedikit bagusan (plaaaaaakkkk, pede banget bisa nulis kata ‘bagus’, padahal yg suka br beberapa org, kwkwkwkwk)? Lha,. Saya tuh sebetul nya masih belajar lho ttg foto, bagus itu sebetul nya relatif dr yg lihat gambar aja, tergantung dr masing2 orang.. Bisa jadi menurut saya bagus, menurut suami saya, anak saya dan kamu, hasil foto saya tidak bagus.. Karena saya itu pemula, jadi semua terlihat bagus, coba kalo dibandingkan dengan yang lain yg bener2 jago foto, kebanting saya.. Gak usah jauh2 deh, sama octa itu aja, saya tuh sebenernya dah kebanting.. Hahahaha, lha org saya dapet ilmu nya juga dari beliau kok.. Octa itu sesepuh, senior dan sensei saya dalam foto memfoto.. Pertama kali itu saya dapet ilmu dari beliau serius.. Nah selanjutnya saya suka alias rajin ngintip2 foto orang trus dicontek.. Tp sebetulnya saya juga belum ngerti2 banget sih tentang foto.. Jadi selama ini ilmu sedapet nya aja dulu ya yg saya tuliskan.. Ilmu seadanya saya.. Sebenernya klo mau searching sendiri mungkin banyak.. Ini juga saya masih belum baca dan praktek banyak.. Soalnya pas saya mau belajar (biasa sumber googling lewat hape), anak2 saya tuh dah komentar, “mama lihat hape melulu”.. Jadi saya kasihan gitu sama anak2, jadi baca dan prakteknya baru dikit.. Baca nya nunggu pas anak2 sdh tidur, tp kadang saya jadi ikut ketiduran.. Hehehehe.. Belum lagi baca resep, kadang pengen nulis blog.. Ini cuman sekedar berhutang aja nih sama mbak nurin dan bu fera..

Okeh, ini tips foto nya :

  1. Sebetulnya (ini sumber nya dr octa nih).. Kunci utama foto itu adalah golden triangle itu.. Coba deh pelajari dan searching tentang golden triangle.. Saya tuh gak bisa jelaskan panjang lebar soalnya takut salah paham.. Golden triangle ini akan membantu anda mengatur posisi komposisi dan elemen dalam foto.. Dirasa penting untuk mengatur posisi elemen yg akan di foto untuk membangun mood yang melihat foto.. Selain itu juga agar melatih mata kita untuk menangkap elemen dalam memotret.. Elemen foto dapat berupa garis, warna, pattern, bentuk, tekstur, dan terang gelap.. Selanjut nya kita mendalami golden tringle nya sendiri..   Elemen2 diatas ditaruh pada garis2 pembagi itu.. Letakkanlah objek yg akan di foto pada titik merah yg ditunjuk.. Seperti gambar di bawah ini, aturlah objek sedemikian rupa.. 
  2. Memfotretlah dengan bantuan sinar matahari, sebisa mungkin jangan menggunakan lampu, jadi lebih alami.. Sinar matahari yg baik buat foto adalah 2-3 jam setelah matahari terbit dan 2-3 sebelum matahari terbenam
  3. Usahakan berada didekat jendela atau pintu atau sekalian outdoor..
  4. Saya memotret menggunakan kamera handphone yaitu iphone 5s. Nah maaf, belum tau klo pake android. Tp saya pernah baca, kata nya (ini saya lupa sumber nya) klo mau motret sebaik nya menggunakan kamera bukan hape, pakailah kamera dslr, jadi blur nya bisa bekerja sendiri dr kamera nya.. Nah nanti soal pengturan blur tergantung dr jarak antara background dengan objek, jarak objek dengan kamera dan apa ya (satu lagi saya lupa, pokonya pengaturan kamera nya)..
  5. Carilah angle yg tepat untuk mendapatkan hasil foto yg baik alias terlihat alami dan org lain melihat nya seolah-olah berada pada asli nya.. Semaksimal mungkin, gerakan tangan kaki, kamera dr segala penjuru.. Coba foto landscape, potrait, dr atas, dr samping, jangan capek menggerakkan kaki dan badan..   Foto ini diambil sekitar jam 15.30 dengan patokan matahari terbenam jam 17.30, matahari masih mau memberi cahaya.. Trus foto nya diambil pas disamping jendela.. Saya lakukan edit foto di instagram, agak saya terangi dikit agar makanan nya terlihat lebih enak dipandang dan mengundang yg melihat foto untuk memakan nya.. Trus apalagi ya, hanya itu dulu yg bisa diceritain ttg foto ini..
  6. Butuh waktu yg luang buat memfoto makanan.. Jangan sampai, makanan nya sdh ditunggu anak2 atau keluarga sehingga membuat kita menjadi terburu-buru untuk memfoto makanan.. Memotret makanan atau masakan itu harus rileks dan santai.. Klo buru2, pasti hasil nya kurang bagus..
  7. Jangan takut untuk mengedit foto.. Gunakan aplikasi yg dapat di download di hape anda.. Saya pengguna iphone 5s, menggunakan aplikasi camera 360 untuk mengedit foto, usahakan foto fokus pada satu objek, pelengkap yg lain dibuat dengan efek tidak jelas atau blur atau bokeh.. Dan menggunakan aplikasi A+ signature untuk penambahan watermark.. Watermark dipakai agar menandakan foto milik kita, selain itu juga buat mempercantik foto (saya sih belum canggih dalam hal ini)
  8. Sering2 lihat foto hasil org lain, karena hal itu bisa bikin masukkan buat ide kita dalam menghasilkan foto.. Minimal contek aja trus coba foto sendiri, mudah2an semakin sering difoto akan semakin lebih baik dan dapet angle yg bagus

Saya disini banyak ngomong dan banyak cerita, padahal belum paham banget ttg foto.. Karena kerajinan motret makanan akhir2 ini, jadi saya dapet protes dari anak saya, so mood saya buat memotret object jadi hilang sejenak.. Kapan2 belajar lagi, soslnya memotret itu butuh waktu dan ketenangan, gak bisa digangguin.. Hehehehe.. Oh iyah, soal behind the scene, jujur aja gak ada, cuman cerita 1 contoh foto itu doang, belum ada yg bisa saya bagi ilmu foto nya, soalnya saya juga moto nya masih alami, yg penting deket jendela aja dan cahaya matahari lagi mau bersama kita.. Oh iyah, klo mau info lebih lengkap lagi bisa gabung aja di ncc foodphotograpy.. Bisa dapet bnyak ilmu di sana.. Saya juga dapet ilmu tambahan dari sana, dan belum sempet baca banyak dan belum praktek banyak juga..

Mudah2an sedikit info ini bisa menginspirasi temen2 buat jago foto.. Saya masih pemula, tp biasa nya temen2 lebih rajin membaca dan mencari ilmu lebih dalam lagi.. Mudah2n sampe disini sharing info nya bermanfaat.. Semangat ya temen2!!

Sumber : http://rumorkamera.com/catatan-kami/komposisi-fotografi-oleh-arbain-rambey/

Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi

Fesbuk ncc food photography 

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s