#217 Fettuccine Sapi Lada Hitam

Fettuccine Sapi Lada Hitam

Dan ini fettuccine sapi lada hitam.. sepiring ini adalah porsi makan sayya.. akira makan spaghetti bolognaise, akari dan papa makan sapi lada hitam pakai nasi.. makan sesuai selera masing-masing.. kwkwkwkwk.. resep nya :
Masak fettuccine sesuai dengan petunjuk yang ada di bungkus nya.. kalau fettuccine ini masaknya 9menit, setelah air mendidih..
Lalu saya masukkan ke dalam sapi lada hitam.. aduk rata.. jadi.. resep sapi lada hitam nya ada di foto sebelum nya.. itadakimasu.. selamat makan..15826618_10209501829360407_2240249857383629520_n

Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

Advertisements

216 Sapi Lada Hitam

Sapi Lada Hitam

sapi-lada-hitam

Bismillahirrohmanirrohim

Selamat malam dengan sapi lada hitam.. Ini adalah menu makan siang kami, hihihihi.. terlambat posting, karena terlambat makan, efek dingin..
sapi lada hitam. Yang ini kata suami enak banget, karena rasa lada nya terasa sekali. Saya di Jepang jarang membeli daging sapi karena kalau membeli daging sapi, beli nya online atau yang paling terdekat adalah beli di orang malaysia, jadi tidak pakai ongkos kirim, harga nya murah lagi. Kadang saya malas masak daging sapi itu hanya karena daging sapi nya kurang empuk atau kadang keras. Jadi anak-anak makannya gigi nya sakit. Jadi solusi nya, kadang saya masak dengan memotong nya kecil-kecil. Okeh, saya tulis resep nya.
Bahan :
1. 150gram daging sapi
2. 1sdm tepung maizena
3. 3siung bawang putih geprek, lalu rajang
4. 1/3bawang bombay besar, potong kotak
5. 1buah paprika hijau
6. 1bungkus saori saos tiram alias 2sdm saos tiram
7. 1sdm kecap manis
8. 1/2sdt kecap asin
9. Garam secukupnya
10. 140ml air
11. 1sdt lada hitam
Cara membuat :
1. Potong tipis daging biar gampang dikunyah, lalu taburi dengan tepung maizena, remas-remas
2. Tumis bawang bombay, lalu bawang putih hingga harum
3. Masukkan daging, masak hingga berubah warna
4. Masukkan kecap manis, saos tiram, dan kecap asin., aduk rata.
5. Tambahkan air aduk rata kembali.
6. Masukkan lada hitam dan paprika, masak sampai daging matang dan air menyusut sedikit..
7. Tambahkan garam, tes rasa..
Selamat makan, itadakimasu..
Terima Kasih ya Allah atas rezeki, ilmu, waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini sehingga saya bisa mengeksekusi dan menikmati masakan ini.
Alhamdulillah

#215 Miles Crepes

Miles Crepes

miles-crepes

Bismillahirohmanirrohim

Saya mau mencoba menulis lagi dengan resep menu masakan saya.

Selamat siang di hari libur yang dingin ini dengan miles crepes, edisi perdana bikin.. banyak banget resep bertebaran, cuman bingung pilih yang mana.. nyoba yang ini dulu.. crepesnya dibuat pake susu cair dan cream nya dibuat pake whipped cream.. resep diambil instagram resep roemah.. kue ini banyak banget dijual di supa-supa, bikin ngiler aja.. pas emak nya melayer, si anak gadis cantik sudah nongkrong sambil colek-colek cream dan sambil makan kulit crepes nya.. kwkwkwkwkwk.. duo anak saya suka, mungkin karena cream nya yang enak seperti isi donat yang di supa-supa.. ini saya tulis kembali resep nya.. Siapa yang gak ngiler lihat kue ini. Saya setiap masuk ke supermarket selalu ngiler lihat kue ini, soalnya kue ini sangat menarik perhatian saya banget. kue nya lembut, cream nya enak dan penampilannya juga cantik. Kalau mau membeli nya yang di supermarket, saya perlu membaca komposisi nya dulu, karena kue-kue di Jepang ini banyak mengandung gelatin agar makanannya menjadi lebih lembut. Kadang mengandung shortening dan emulsifier. Tapi emulsifier dan shorting ini tidak sepenuh nya berasal dari hewan, kadang juga berasa dari tumbuh-tumbuhan. Pemakaian shorting dan emulsifier yang berasa dari tumbuhan itu terutama kedele, kadang tergantung musim nya juga. Okehlah saya tuliskan ulang resep miles crepes yang saya contek juga dari instagram yang beredar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bahan :
1. 330ml susu cair
2. 2butir telur
3. 100gram tepung
4. 2sdm mentega cairkan
Cream :
1. 200ml whipped cream
2. 1sdm air jeruk nipis atau air lemon
3. 30gram gula pasir..
Cara membuat :
1. Kocok ringan telur, tambahkan mentega dan susu, aduk rata
2. Tambahkan tepung terigu, aduk rata kembali..
3. Tutup mangkok dengan plastik wrap, diamkan di kulkas semalaman
4. Keluarkan adonan dari kulkas, saring agar halus dan tidak@ada yang bergerindil..
5. Panaskan teflon, saya pakai teflon ukuran 20cm, ambil 1/2 sendok sayur, lalu dadar tipis.. lakukan sampai adonan habis..
Jika sudah selesai, dinginkan, tutup dengan plastik wrap, bisa simpan di dalam kulkas..
Cara membuat cream :
1. Dalam mangkok sipkan whipped cream dan air lemon, kocok dengan kecepatan tinggi hingga kaku sekitar 5-6menit
2. Kemudian tambahkan gula, aduk rata kembali, kocok sekitar 1menit saja.
Penyelesaian :
1. Ambil satu kulit crepes, lalu olesi dengan whipped cream yang sudah dikocok, kemudian tumpukan lagi dengan kulit crepes, lalu tambahkan whipped cream lagi, lakukan sampai habis dan selesai..
Itadakimasu, selamat makan..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Terima Kasih ya Allah atas rezeki dan ilmu serta waktu dan kesehatan yang Engkau berikan hari ini, sehingga saya bisa mengeksekusi, belajar dan menikmati kue ini. Alhamdulillah..

 

#214 Ke Kebun Momo

Tanggal 21Mei 2016 kemaren (hahahaha, dah lama banget ya, dan baru sekarang bisa cerita lagi) saya dan anak-anak diajak papa Akira ke kebun momo, yaitu memetik dan merapikan buah momo dan buah anggur.. Tapi pada hari itu kita sekeluarga hanya mengurusi 5buah pohon momo sedang temen papa Akira mengurusi dan merapikan tanaman anggur.. Kebun momo ini adalah milik orang-orang kantor papa Akira.. Kami ke sini hanya membantu merapikan saja, sekalian refreshing dan saya pengen tahu juga tanaman momo itu sebenernya seperti apa..
Kebun momo nya ini berada di fuefukigawa, yamanashi.. Kami berangkat dari rumah pukul 08.00 sebelumnya kami sarapan dulu di rumah lalu membawa peralatan berkebun seperti sarung tangan, gunting rumput, alas duduk, topi, dan bekal makan.. Perjalanan ke arah kebun momo sekitar setengah jam.. Kami ketemuan sama temen papa Akira di gedung olahraga fuefuki.. Kami datang dulu, lalu menunggu sebentar.. Kemudian, kami diajak ke arah kebun momo yang tidak jauh dari sana.. Setelah sampai di kebun momo, saya melihat buah momo nya masih kecil 


Nah, berhubung buah momo ini akan panen pas bukan juli atau agustus, jadi dari sejak sekarang kita perlu merawat kebun momo ini.. Agar pas panen, buah momo nya tumbuh dengan bagus dan tidak penyot alias tumpang tindih.. Kalau dilihat digambar diatas, buah momo nya letak nya saling bersebelahan, kalau sudah tumbuh besar, meraka bisa saling menekan sehingga buah nya nanti bentuk nya akan ke dalam sebelah.. Untuk itu, saya datang ke kebun ini, buat membantu merapikan buah momo nya yaitu dengan cara membuat salah satu buah momo yang letak nya saling berdekatan.. Jadi buah momo nya dibuatkan tumbuh sendiri.. 


Kalau buah nya saling berdekatan, maka kita petik buah momo yang kira-kira berpotensi jelek bentuk nya.. Yang kita buang adalah buah momo yang bentuk nya tidak bulat atau buah momo nya yang kira-kira menggantung nya mengenai cabang atau batang pohon atau buah momo nya posisis nya tidak jatuh kebawah.. Banyak sekali buah momo yang saling berdekatan, dan banyak sekali buah momo yang perlu dibuang.. Saya merasa sangat sayang sekali lihat calon buah momo yang dibuang-buang karena kalau panen, waw, ada banyak buah momo yang bisa dihasilkan.. Tapi yaitu lah, alasan nya dibuang agar buah momo yang dipanen nanti bentuk nya bulat mulus, tidak penyok sana sini..


Jadi kita bikin buah momo nya renggang atau kita beri jarak antara buah momo yang satu dengan yang sebelah nya seperti gambar diatas.. Karena pohon buah momo ini pendek, jadi saya hanya memetiki buah momo yang mudah saya jangkau saja.. Anak-anak juga ikut merapikan tanaman momo, setelah mereka bosen, mereka malah main lempar-lemparan buah momo.. Hehehehehe ☺️☺️☺️ 

Saya dan suami saya memetiki buah momo ini sampai jam 12.30, lalu kita istirahat sejenak buat makan siang.. Teman-teman papa nya pun (2orang) juga istirahat, tapi mereka makan di luar.. Kalau kita makan di bawah pohon momo.. Sambil menikmati semilir angin.. Hihihihi.. Setelah selesai makan dan istirahat, kita melanjutkan merapikan buah momo lagi.. 


Selesai makan, temen papa nya juga kembali lagi ke kebun momo, eh ternyata kami dibawakan bingkisan ulang tahun buat anak-anak.. Anak-anak dikasih es krim, permen, dan biskuit anpanman yang dibungkus dengan kertas ulang tahun.. Alhamdulillah.. 

Memang pada saat itu, temen papa Akira bertanya, ke dua anak saya ini berumur berapa, lalu saya menjawab, 3tahun dan 5tahun.. Tapi si Akira besok sudah berumur 6tahun.. Jadi dia besok berulang tahun.. Gak nyangka tiba-tiba dikasih hadiah sama temen papa nya.. Habis itu, anak-anak langsung membuka bingkisan tersebut.. Mereka sangat senang dan bahagia.. 

Kami merapkikan kebon momo ini hingga jam 15.30, lalu kami pamit pulang.. Lumayan kami bisa merapikan 5 pohon buah momo tapi yang mudah dijangkau saja.. 

—————————-

Lanjut lagi ke kebun momo tanggal 30Juli 2016.. Hari sabtu.. Kali ini kita memetik hasil momo.. Uhm, awalnya saya pikir, kita akan membantu memetiki buah momo, tapi ternyata pas ke sana, kita hanya boleh memetik buah momo untuk kita saja, boleh mengambil sepuasnya.. Oh, so amazing.. Ternyata kita datang ke sini, untuk mengambil buah momo untuk makan di tempat dan untuk di bawa pulang.. 


Sugoi, ada banyak buah momo yang bisa dipetik.. 

Nah, kalau yang tanggal 30Juli ini, kita datang ke kebun momo nya agak siangan sekitar jam 11 berangkat dari rumah.. Karena temen papa nya masih ada kerjaan pas di pagi hari nya yaitu mempacking buah momo.. Trus, kita ke kebun momo nya, di kebun momo yng berbeda lagi.. Banyak amat teman papa nya ini kebun momo, yang ini posisi nya di dekat gedung olahraga fuefuki..

Pas nyampe sana berhubung panas, kita langsung memasang alas duduk, dan melihat buah momo..


Buah momo yang boleh dipetik yaitu buah momo yang sudah terlihat matang, besar, bulat, agak lembut, dan tidak begitu kuning.. Saya dan anak-anak jadi nya hanya duduk-duduk santai saja, tidak membantu memetik buah momo.. Kami hanya mengambil seperlu nya saja buat makan di tempat dan buat dibawa ke rumah.. 


Jadi saya menyiapkan alas duduk, dan mempersiapkan bekal makanan anak-anak, setta mengeluarkan mainan anak-anak.. Jadi anak-anak dan saya duduk dibawah pohon momo sambil makan siang dan makan buah momo yang dipetik oleh papa nya..

Selain itu, kita juga diberi buah plum dan anggur.. Jadi terlihat nih, yang mana buah anggur, plum dan yang mana buah momo sendiri..


Plum itu buahnya yang warna ungu, sebelah kiri buah momo.. Rasanya juga manis dan lembut.. Enak juga.. Trus pisau itu tidak saya bawa dari rumah, itu adalah pisau temen papa nya, kita dipinjamkan kalau kita mau makan buah momo nya langsung.. 

Berhubung dapat kesempatan seperti itu, ya mari kita kupas dan makan dulu buah momo nya.. 


Beginilah penampakan buah momo nya.. Saya makan buah momo nya tanpa kulit, soalnya kulit nya seperti ada buku nya gitu.. Jadi bikin gatel.. Uhm, seger banget makan buah momo ini.. Kalau dari segi rasa, manis seperti makan buah pear hijau yang berbentuk jambu air gitu.. Tekstur nya agak keras seperti buah apel.. Bagi saya makan ini, persisi nya banget seperti makan buah pear hijau.. 

Selain itu juga, ternyata buah nya ini bisa dimerk in.. Saya baru kali ini melihat buah momo yang dimerk ini, istilah jelek nya ditatoin, hahahahaha.. Di jiplak gitu biar ada tulisannya di buah momo nya.. 


Cara menjiplak nya yaitu seperti dibawah ini.. Ada sebuah kertas yang sudah ada tulisannya lalu ditempelkan ke buah momo nya.. Trus cahaya matahari akan membantu membentuk tulisan tersebut.. 


Selain itu ada juga yang seperti ini


Buah-buah momo yang sudah dimerk in ini tidak boleh kita petik, karena sudah ada pemilik nya.. Hehehehehe.. 


Buah momo ini kalau saya lihat ada beberapa jenis.. Saya juga pernah makan buah momo yang rasa nya agak seperti buah manggis, karena dia sudah terlalu matang.. Dan buah momo ini harga nya juga berbeda-beda tergantung dengan besar kecil dan tergantung dengan jenis momo nya.. Biasa nya orang-orang membeli momo untuk hadiah.. Kayak saya nih, kebanjiran buah momo dari pemilik rumah.. Suka dikasih 3 sering dan 5 sekali.. 

Karena banyak, buah momo yang bagus dan besar, biasanya akan bertahan selama 4hari di tempat tertutup dan masih ada ruang udara nya sedikit.. Biasa nya saya simpan di lemari dapur.. Dan juga jenis buah momo yang tidak bisa bertahan di lemari dapur.. Kalau begitu, solusi nya harus disimpan di kulkas biar awet dan tidak mudah busuk.. Makan buah momo nya harus dikupas kulit nya.. Bila ingin makan buah momo sebagian, maka sebagian lagi ditutup dengan plastik wrap kedap, lalu simpan dikulkas biar awet.. Kalau nggak, nanti dia akan cepat busuk.. Untuk menyimpan momo yang utuh, tidak perlu menggunakan wrap, cukup taruh di rak biasa saja atau di tempat wadah penyimpanan sayur..

Sudah dulu ya cerita tentang buah momo nya.. Musim nya juga sudah mau hilang.. Hehehehe..

Terima kasih ya Allah atas kesempatan hidup yang Engkau berikan saat ini.. Alhamdulillah, bisa melewatkan dan menikmati moment seperti ini..

Salam dari kami semua, keluarga Anang

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

Penghujung Juli di musim panas

#213 Ke Pabrik Es Krim Chateraise

Pada saat pengen makan es krim, eh, tiba-tiba diajak papa Akira Akari ke pabrik es krim buat makan es krim gratis.. Dan saya pun penasaran akan makan es krim seperti apa nanti.. Pada saat natsu matsuri ini, kami mengambil waktu hari senin, mengantisipasi banyak pengunjung bila datang di hari minggu atau sabtu.. Eh, pas nyampe sana tetep saja banyak pengunjung nya.. Hahahaha, nama nya juga hari libur, tetep aja banyak yang datang ke sana.. Mungkin berpikir hal yang sama, menghindari banyak pengunjung di hari libur, eh malah datang di waktu yang bersamaan.. Nama nya tempat es krim nya adalah Chateraise Hakushu Factory, letaknya di shingsu city, yamanashi shi..


Kami berangkat hari senin, tanggal 8 Agustus 2016 jam 13.00 dari rumah.. Pada saat itu Akira dan Akari ingin berangkat ke sekolah.. Jadi pas jam 13.00, saya dan papa Akira menjemput anak-anak ke sekolah.. Dari rumah saya hanya menyiapkan pakaian ganti, minuman dan cemilan buat di jalan dan tak lupa juga sandal ganti buat anak-anak.. Pada saat itu anak-anak sudah saya beri bekal siang dari rumah, jadi mereka sudah nemakannya di sekolah, begitu pula dengan papa Akira, yang sudah saya siapkan bekal siang nya. Jadi papa nya juga sudah makan siang di kampus.. Jadi pas berangkat, semua perut anak saya dan suami saya sudah saya isi.. 


Jam 13.00, papa Akira pulang ke rumah, lalu jam 13.10 saya dan papa Akira berangkat dari rumah ke sekolah anak-anak.. Kemudian di tengah perjalanan, kita berhenti sejenak di family mart, kombini mengganti pakaian anak-anak saya.. 


Lalu perjalanan kami lanjutkan.. Waktu tempuh perjalanan nya adalah sekitar 1jam dengan kendaraan pribadi.. Seperti biasa, rute perjalanan kami menggunakan aplikasi google map yang ada di handphone.. Saya akan mengajak anda sejenak untuk melihat keadaan rumah-rumah di Yamanashi Ken.. 
Setiba di Chateraise, saya sangat senang sekali.. Kami tiba di sana pukul 14.30 karena pas masuk ke farm nya itu, mobil kita perlu mengantri.. Hari itu cuaca sangat panas sekali sekitar 38 derajat celcius.. Jendela mobil pun di buka, dan saya juga membawa kipas agar bisa mendapatkan angin segar..


Pas di pintu masuk, ada penjaga nya yang hanya menanyakan berapa orang yang datang.. Lalu kami hanya berteriak “yonin desu”.. Yang artinya 4orang.. Kemudian kita lanjut ke tempat parkir.. 

Dari tempat parkir ke gedung nya, tidak begitu jauh.. Sekitar 5 menit berjalan kaki.. Lalu mari masuk ke dalam.. Pas masuk, ada kantong plastik buat menyimpan sepatu, kemudian kita gunakan slipa yang tersedia, dan sepatu kita kita bungkus dan kita bawa sampai selesai..
Perjalanan untuk sampai ke tempat makan es krim lumayan berliku.. Lalu saya menemukan ruangan luas dan semua orang makan es krim..


Oh, so amazing.. Kemudian, saya dan anak-anak serta suami langsung mencari tempat mengambil es krim.. Sebelumnya kita melihat-lihat dulu ada es krim apa saja yang bisa diambil.. 

Ternyata ada 6jenis eskrim yang bisa diambil.. Dan bisa makan es krim sepuas nya dan sebanyak nya.. Tapi makan nya hanya di tempat ini lho, es krim nya tidak boleh di bawa pulang..


Alhamdulillah, saya bisa menghabiskan 1buah es krim cone orange dan 3buah es krim taiyaki.. Akira makan es krim yang bundar rasa anggur 1, setengah eskrim taiyaki dan 1buah es krim batangan rasa strawberry.. 


Adek nya,  Akari makan es krim batangan rasa strawberry 1, es krim taiyaki 1, dan es krim bundar rasa strawberry 1.. Sisa anak-anak dimakan oleh papa Akira, dan papa Akira juga menghabiskan 1es krim taiyaki.. Di sini ramai sekali pengunjung nya, ada tempat membuang sampah, tempat cuci tangan dan tempat minum.. Dan es krim pun tak pernah habis, karena ada petugas yang selalu mengisi es krim 3box..


Subhanallah, nikmat sekali.. Anak saya bilang oishikatta desu ne.. Artinya enak sekali.. Kami semua makan sambil berdiri, tersedia juga tempat duduk tapi jumlah nya terbatas.. 


Lalu saya berdiri sambil melihat ke arah dalam bagaimana, semua es-es dicetak dengan mesin-mesin besar dan dikontrol oleh orang-orang yang menggunakan pakaian tertutup, hanya muka yang terlihat, ini menjaga tingkat kesterilan pembuatan es krim.. 

Kakak Akira makan es krim taiyaki.. Sambil melirik saya yang sedang memotret diri nya..


Es krim jenis lain, tapi yang ini tidak tersedia secara gratis, mungkin bisa beli di toko nya..

Pas pulang, tak lupa anak-anak ingin berfoto di depan gedung nya.. 


Kami hanya 1jam berkeliling dan menikmati es krim.. Sebentar, tapi kami semua puas dan senang sekali.. Akari bilang “Tanoshikatta”.. Yang artinya senang sekali.. Lalu kami menuju parkiran mobil sekitar jam 15.40, kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke rumah.. Eh, sekitar 10 menit dari farm factory ini, kita diajak papa Akira ke tempat seperti rest area, namanya hakushu.. 


Di sini ada supermarket kayak jual sayuran dan ada tempat bermain juga.. Anak-anak di sini bermain air..


Dan ini perjalanan pulang ke rumah.. Saya ajak kalian lagi melihat sebagian perjalanan kami pulang di blog yang lain.. Karena di blog ini sudah tidak bisa upload data video.. Nyambung di blog lain tentang perjalan pulang..

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas waktu, kesempatan dan rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan..

Hasil Jalan-jalan tanggal 8Agustus 2016

#212 Natsu Matsuri Sekolah Akira Akari

Di sekolah kakak Akira dan adek Akari ada liburan musim panas.. Liburan musim panas kali ini berlangsung selama sebulan mulai dari tanggal 21 Juli 2016 hingga 20 Agustus 2016.. Sebelum musim panas ini, sekolah Akira dan Akari mengadakan festival musim panas.. Biasa nya festival musim panas ini ada kembang api nya.. Istilah kembang api ini dinamakan Hanabi taikai.


Natsu matsuri di sekolah akira dan akari harus mengenakan pakaian yukatta untuk yang perempuan dan untuk laki-laki mengenakan pakaian jepang juga, nama nya jinbei.. Tau gak, beli 2 setel pakaian ini mendadak sekali.. Papa nya ingat ketika satu hari sebelum acara nya.. Pas hari jumat siang, baru deh cari-cari nih baju.. Nyari nya muter-muter ke mana-mana.. Gak nemu nya karena ukuran nya yang tidak ada, yaitu yukatta buat akari.. Kita nyari nya mulai jam 14.00 ke ogino, shimamura, dan toko lain.. Sampe jam 15.00 gak nemu juga, akhir nya memutuskan untuk menjemput anak sekolah dulu.. Awalnya anak-anak mau diajak juga buat mencari pakaian setelah pulang sekolah, eh pas dilihat di mobil, ternyata anak nya ngantuk.. Pada saat itu cuaca lagi panas sekali.. Jadi semua terlihat lelah.. Akhirnya diputuskan kami bertiga tinggal di rumah untuk istirahat dan papa nya melanjutkan mencari baju buat anak-anak..


Papa nya juga nyari di uniqlo, aeon mall.. Di sana tidak ada ukuran juga.. Akhir nya cari lagi di tempat lain.. Eh, muter-muter ketemu toko second yang jual baju yukatta.. Uhm.. Harga baju yukatta untuk ukuran Akari sebetulnya sekitar 1900yen ke atas untuk yang baru nya.. Untuk baju jinbei ukuran Akira harga nya sekitar 1300yen ke atas.. Baju yukata ukuran saya harga nya diatas 4000yen (Sempet lihat sih, cuman lihat doang, gak beli buat saya, soalnya gak butuh, walaupun bagus, tapi mau dipakai ke mana dan kapan).

Di toko second ini, harga baju yukatta dan jinbei yang kami dapatkan masih sekitar dibawah 1000yen per piece nya, kemudian didiskon lagi 30%. Jadi ya lumayan murah.. Trus sandal nya juga dibeli kan sama papa nya, biar matching gitu.. Harga sandal nya juga masih dibawah 1000yen per pasang.. Untuk ukuran akari, ternyata kekecilan.. Habis anak nya gak diajak sih, jadi papa nya beli nya hanya mengira-ngira saja.. Tak apalah, yang penting anak saya sudah mencoba baju tradisional jepang ini.. Pas papa sampai di rumah, anak-anak langsung dicobakan dengan pakaian ini.. Wah, si Akari sangat senang sekali.. Yukata yang dipakai Akari ini sebetulnya agak kebesaran alias kepanjangan, tapi dia sangat senang sekali karena merasa cantik dengan busana tersebut.. Dia ingin sekali kalau ada yang mengatakan “kawai” pada diri nya ketika dia mengenakan pakaian itu.. Kemudian baju yukata ini dipendekkan oleh papa Akira, (jahit sendiri lho, jago nih papa, rapi lagi jahitannya).. 

Pas keesokan hari nya.. Sekitar jam setengah 4 sore, kami semua mulai bersiap-siap.. Acara di sekolah Akira dan Akari ini dimulai jam 16.45.. Kami berangkat menggunakan mobil kami ke sekolah, perjalanan sekitar 5menit.. Sesampai di sekolah, wah terlihat seru sekali.. Semua orang datang bersama keluarga nya.. Ada yang sambil membawa tikar kayak mau camping saja.. Ini kayaknya kebiasaan orang jepang deh yang suka gelar tiker di mana-mana..

Kemudian acara di mulai dengan bermain bebas dan membeli makanan yang dijual di sekolah yaitu ada onigori, sosis bakar, taiyaki, puding, kakigori dan lainnya yang dibeli dengan menukarkan kupon yang dipesan sebelum acara nya dimulai, bukan dibayar dengan menggunakan uang cash.. Jadi kalau kekurangan dan mau beli kupon makanan dan permainan lagi, bisa beli juga di counter kupon. Selain itu juga kita membeli kupon untuk bermain, harga kupon bermain nya yaitu 50yen untuk satu kali permainan.. Dan anak-anak sangat senang sekali karena setiap satu kali bermain, anak-anak mendapatkan hadiah..

Kemudian sekitar jam 18.00 semua pedagang dan permainan ditutup.. Jadi habis atau tidak, mereka harus segera menutup dagangan nya karena akan dilanjutkan acara yang lain lagi..


Kemudian, acara dilanjutkan dengan pentas seni, yaitu anak-anak menari dan bermain kembang api..



Setelah acara pentas seni ini, kemudian dilanjutkan dengan kembang api.. Lalu anak-anak dikumpulkan kembali untuk diberikan hadiah berupa kembang api yang boleh dibawa pulang.. ​​

Perjalanan pulang kami menggunakan mobil.. Terlihat sekali anak sangat senang dengan kegiatan ini.. Sesampai di rumah mereka mengganti pakaian dan bermain dengan hadiah-hadiah yang diperoleh dari sekolah.. Tanoshikatta desu yo.. (Sangat menyenangkan ya..)

​​

#211 Aneka Bakwan Tepung Tempura

Kali ini saya akan berbagi resep membuat bakwan dengan menggunakan tepung tempura.. Tepung tempura ini sebetulnya saya niatkan beli buat bikin tempura karena saya sendiri sangat penasaran bagaiman cara membuat tempura.. Tapi sampai saat ini saya merasa masih gagal.. Dulu saya pernah membuat tempura udang, mungkin udang nya terlalu kecil, jadi udangnya melengkung dan hasilnya seperti udang tepung biasa.. Hanya saya kurang puas dengan hasil seperti itu.. Tidak seperti yang terlihat di supermarket-supermarket atau di restorant yang dijual..

Selain udang, tempura itu juga bisa dari sayuran, ada yang pake terong, udang, ika alias cumi, ada juga yang pake chikuwa (pempek ikan yang berwarna putih dan bentuknya panjang), ada juga tempura yang dari bawang bombay serta dari labu kuning.. Nah kalau selai udang, saya masih bisa bikin, secara bikin nya kayak abang-abang gorengan biasa.. Kayak tahu goreng, ubi goreng dan tempe mendoan..

Sekarang saya mau bikin macam-macam bakwan menggunakan tepung tempura ini 


Tepung tempura ini bisa dibeli di supermarket ogino.. Untuk pertama saya buat resep bakwan sake atau bakwan salmon.. Saya berinisiatif membuat bakwan salmon ini karena kalau beli sake atau salmon, yang ada dimasak dengan cara dipanggang melulu, dan anak saya kadang mau kadang makan nya lama.. Tergantung mood mereka saat itu.. Pas dibuatkan bakwan begini makan nya jadi lahap, biasalah anak-anak suka kalau makan pake tepung-tepungan. Dan sake atau salmon ini punya nikai gizi yang cukup tinggi, jadi saya usahakan anak saya makan ikan sebagai variasi menu.. 


Bakwan salmon 

Bakwan salmon ini saya buat dengan bahan asal campur.

Bahan :

  1. 1 ekor fillet ikan salmon saya suir-suir dan pusahkan buntut nya
  2. Sedikit kecap asin jepang
  3. Sedikit jahe
  4. Sedikit bawang putih halus atau sekitar 1siung bawang putih kecil.. 
  5. Tepung tempura secukupnya
  6. Secukupnya air, sesuai tingkat kelentalan membuat bakwan

Cara membuat

  1. Campur bahan 1-4 lalu remas-remas
  2. Kemudian tambahkan tepung, lalu tambahkan air sesuai denga tingkat kekentalan pembuatan bakwan..
  3. Goreng bakwan salmon dengan api sedang 

Itadakimasu, Selamat makan.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

Bakwan jagung


Biasanya saya kalau bikin bakwan jagung menggunakan tepung terigu protein rendah dan dicampur dengan tepung beras lalu dibikin encer sehingga bakwan jagung nya menjadi tipis seakali dan kriuk, lebih enak lalgi nakan nya dengan cuko pempek, hahaha.. Itu pas iftar dicobain sama orang malaysia dan orang indonesia, semua nya senang sekali, setelah selesai digoreng langsung ludes, goreng lagi trus ludes lagi.. Yo wes pada saat itu tidak ada foto nya tuk bakwan jagung.. 

Kali ini saya mau membuat dengan menggunakan tepung tempura, karena berkali-kali saya membuat chikuwa atau gorengan menggunkaan tepung ini, hasilnya agak kriuk, jadi sepertinya enak juga bila dibuat untuk bakwan jagung.. Tinggal diberi bumbu saja di bakwan jagungnya..

Bakwan jagung 


Bahan :

  1. 1buah jagung manis, lalu potong dan hancurkan
  2. 1genggam seledri
  3. 1siung bawang putih haluskan
  4. 1/2sdt ketumbar
  5. 1/2sdt kunyit bubuk
  6. 1/2sdt garam
  7. 60ml air atau tergantung selera

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan jadi satu lalu ambil sesendok adonan bakwan, goreng dengan api sedang sampai adonan habis..

Bakwan jagung siap dinikmati..


Itadakimasu, selamat makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

Hasil Eksekusi 9Agustus 2016