#210 Pindang Ayam

Karena sudah pernah bikin pindang ikan kembung yang bumbu nya diiris-iris, kali ini saya kangen masakan tante anak-anak saya yang dulu banget waktu saya masih kuliah, beliau suka bikin pindang ayam.. Pada saat itu, saya masih kuliah di stis, dan kakak saya yang bernama Mai ini masih tinggal bersama kakak saya yang nomer satu di Bekasi.. Duku sih waktu di Palembang saya hanya tahu pindang ikan saja yaitu ikan patin.. Nah pas saya kuliah ini, jika saya datang ke rumah kakak saya ini, saya selalu disajikan dengan masakan pindang ayam.. Ayam nya sih diungkep dulu, baru digoreng lalu dicemplungkan ke kuah pindang.. Berbeda dengan kalau masak pindang ikan patin.. Kalau masak pindang ikan patin, ikan patin nya dibumbui dengan perasa jeruk nipis dan jahe selama 15 menit lalu dimasak bersama kuah pindang nya dengan api kecil sampai minyak ikan keluar, itu tuh yang bikin sedap.. Tapi di Jepang ini, saya tidak menemukan ikan patin, saya hanya bisa menemukan ikan aji alias ikan kembung, ikan maguro alias ikan tuna, ikan salmon, ikan tara, ikan sabba alias mackarel alias ikan tenggiri, ikan sanma, dan ikan iwashi, teus ada ikan lain juga mirip ikan mas, warna nya merah, tapi saya kurang tau itu nama ikan nya apa.. Ikan-ikan yang saya sebuykan ini adalah ikan-ikan yang dijual di supa ogino.. Kalau ikan tongkol, ikan tilapia alias ikan mujair atau gurame, ikan sepat, ikan asin bulu ayam, semua ikan-ikan ini bisa dijumpai di yoko thai.. Saya sih jarang makan ikan asin, kayak nya suami saya juga kurang doyan.. 


Nah, berhubung di sini banyak nyimpen stok ayam, jadilah bikin pindang ayam aja.. Ayam nya diungkep dulu, baru digoreng.. Sebetulnya makan ayam goreng begini saja juga sudah enak, anak-anak dan papa nya juga suka, apalagi kalu disajikan dengan sambal terasi, wow nikmat nya.. Tapi kali ini, kita makan jangan itu-itu terus, jadi kombinasi lain hehehehe.. Dan waktu ngungkep ayam ini nih, kaldu ayam nya keluar sekali seperti dan serasa makan soto ayam bening.. Berkali-kali saya tergoda untuk membuat soto ayam bening jika sedang mengungkep ayam, tapi alhamdulillah niat masih lurus buat bikin pindang saja.. Hehehehe.. 

Kali ini saya masak nya dengan bumbu diulek karena sudah dibelikan papa Akira ulekan baru juga, ulekan seperti yang ada di Indonesia yaitu ulekan batu yang berat nya 3kg dan diameternya 20cm.. Tau deh ni ulekan mau dibawa atau tidak, secara mampu beli nya setelah 1tahun tinggal di jepang.. Hahahahaha, lumayan lho harga ulekan di sini yaitu 2500yen.. Alhamdulillah sudah agak lebih nyaman ngulek dengan ulekan baru dibandingkan menggunakan ulekan jepang yang gagang nya kayu.. Bingung saya cara menggunakan nya sampai sekarang, padahal sudah setahun pakai.. 

Langsung aja ke pindang ayam. Porsi dibuat hanya untuk berdua dan sekali makan. Kuah nya tergantung selera yang penting, cicipi rasanya..

Bahan :

  1. Ayam goreng yang sudah diungkep

Untuk membuat ayam ungkep goreng, bahan nya adalah sebagai berikut :

  1. 2buah paha ayam tanpa tulang berat sekitar setengah kilo..
  2. 1/2 sdm ketumbar
  3. 1ruas kunyit atau 1sdt kunyit bubuk..
  4. 1ruas ibu jari lengkoas
  5. 1buah serei
  6. 2buah daun salam
  7. 2buah daun jeruk
  8. 1/2sdt garam
  9. 1siung bawang putih, haluskan..
  10. 50ml air

Cara membuat ayam ungkep:

  1. Potong-potong ayam, lalu cuci bersih..
  2. Siapkan semua bumbu diwajan lalu masukkan ayam..
  3. Nyalakan api, masak dengan api kecil.. Biasanya saya ngungkep ayam ini lebih dari 1jam.. Karena saya masak nya sampai airnya menyusut habis dan ayam nya lembut.. 
  4. Jangan khawatir bila terlihat airnya sedikit dan akan gosong.. Ayam yang diungkep dengan api kecil ini tidak akan gosong.. Nanti ayam akan mengeluarkan air kaldu yang banyak, hingga masak nya jadi agak lama.. Dan tidak akan gosong.. Jangan lupa untuk selalu membolak-balik ayam agar matang merata..
  5. Masak hingga air menyusut.. Jagain ya kalau sudah menyusut banget nanti gosong dan lengket 
  6. Jika sudah selesai, ayam siap di goreng dan dicemplungkan ke dalam kuah pindang..

    Bumbu halus pindang:

    1. 5buah cabe merah
    2. 5siung bawang merah
    3. 2siung bawang putih
    4. 1 ruas jari kunyit
    5. 1 ruas jari lengkoas
    6. 1 ruas jari jahe
    7. 1/2sdt garam 

    Bumbu lain :

    1. 1 batang serei
    2. 2lbr daun salam
    3. 2lbr daun jeruk
    4. 2buah tomat
    5. 5buah cabe rawit
    6. Kemangi
    7. 1/2sdt garam
    8. 2sdm gula
    9. 300ml air atau sesuai selera hanya saja gula dan garam menyesuaikan..

    Cara membuat :

    1. Haluskan bumbu halus 
    2. Tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan serei, daun salam dan daun jeruk, aduk hingga harum
    3. Tambahkan air, lalu masukkan cabe, garam, gula..
    4. Tambahkan tomat iris dan dan daun kemangi.. 
    5. Tes rasa..
    6. Masukkan ayam yang sudah digoreng secukupnya.. 

    Angkat dan sajikan .. Ini ayam nya goreng nya lebih banyak dibanding kan kuah nya.. Hehehehee..


    Hasil yang saya masak ini agaka sedikit kental alias banyak bumbu halus dan kawan-kawan nya, bika ingin agak encer juga tidak apa-apa.. Yang penting garam dan guka nya menyesuaikan.. Sedap sekali dimakan berasa nasi dan daun kemangi yang harum dan tomat yang asem.. Ini resep nya saya modif sendiri ya tante, hahahaha.. Sekarang masak pake ngira-ngira dan feeling aja bumbu-bumbu nya..

    Itadakimasu, selamat makan.. 

    Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 


    Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

    Hasil eksekusi 5Agustus 2016

      #209 Stir Fried Sausage

      Pengen bisa bikin sosis yang berbeda, biasa nya makanan siap saji ini saya buat dengan dengan cara iris-iris gak sampai putus lalu goreng atau panggang menggunaka sedikit bumbu yaitu kecap dan saus tomat.. Begitulah kebiasaan saya membuat sosis untuk anak saya kalau sedang belum ada mood masak yang ribet-ribet dan kepepet alias gak banyak waktu alias sudah menunjukkan waktu makan yang sudah dekat.

      Kadang-kadang kayak dikejar waktu gitu, kesianganlah, menu yang lain dibikin terlalu pedas jadi menu lain hanya buat papa nya saja dan saya.. Sudah menunjukkan jadwal makan siang, atau anak nya sudah mengeluh “onaka site kimasu” alias “sudah lapar”. Dan langsung deh, saya lirik kulas dan bertanya kepada anak nya, “mama goreng sosis aja ya, mau?”, dan bila anak langsung menjawab mau, itu artinya aman..

      Langsung deh ambil sosi dari freezer, trus diamkan diluar sekitar lebih dari 10menit, baru deh iris-iris serong tidak putus kemudian goreng.. Biasanya saya goreng dengan sedikit butter atau mentega alias kayak dipanggang, kadang-kadang juga saya goreng dengan minyak biasa.. Tergantung wajan nya sedang berisi minyak atau tidak.. Tapi dua-dua nya tetap disukai anak-anak..

      Kali ini saya ingin dengan penyajian berbeda.. Kalau di rumah mertua saya, biasanya sosis ini dimasak dengan menggunakan kecap campur-campur.. Jadi kayak dibikin sosis saos inggris atau sosis teriyaki.. Jadi sosis nya dipotong-potong seperti gambar lalu  ditumis menggunakan bawang bombay, kemudian dimasukkan berbagai kecap yaitu kecap asin, kecap manis dan saos inggriss atau kecap inggris.. Dah jadi deh, menantu nya ini tinggal makan.. Hihihihi, bahagia tinggal dekat mertua atau orang tua, apa-apa kadang langsung tersedia.. Alhamdulillah punya mertua dan orang tua baik..

      Kalau bikin sosis goreng aja dan telur dadar atau telur ceplok buat suami, rasa nya kayak sepi gitu lauk nya, saya aja kadang-kadang lihat nya gak semangat.. Walau dimasak gitu aja enak.. Biar nambah selera makan dan terlihat di piring nya seru, warna warni kayak pelangi serta rame makan dibikinlah stir fried suasage.. Karena saya pecinta paprika dan bawang bombay, maka saya kombinasikan lagi paprika dan bawang bombay denga sosis ini.. Masakan saya ini memang gak jauh-jauh dari parika dan bawang bombay.. Dan saya kombinasikan juga dengan tahu agar anak-anak juga bisa makan makanan dari nabati, tidak hanya dari hewani, trus saya cemplungkan juga wortel, biar anak anak dapet gizi dari sayurannya.. Yuk langsung eksekusi cara membuat nya.. 

      Stir Fried Sausage untuk kami berempat.

      Bahan :

      1. 3buah sosis potong sesuai selera
      2. 1/2 tahu kotak, potong kotak
      3. 1/3 buah wortel, belah dua lalu iris serong..
      4. 2buah paprika hijau, potong kotak
      5. 1/2 buah bawang bombay, potong panjang
      6. 4batang Daun bawang kecil, potong sekitar 2cm
      7. 1siung bawang putih, geprek lalu cacah
      8. 1sdm saos tiram 
      9. 1/2 sdt garam
      10. 1/2 sdt lada

      Cara membuat :

      1. Goreng tahu, angkat lalu sisihkan.
      2. Tumis bawang bombay, lalu diikuti bawang putih sampai layu..
      3. Masukkan wortel, masak hingga wortel agak lembut.
      4. Masukkan sosis aduk terus 
      5. Masukkan paprika, kemudian daun bawang.. Aduk hingga harum
      6. Masukan tahu kemudian diikuti dengan saos tiram lada dan garam, aduk rata.


      Sajikan.. 

      Itadakimasu, Selamat makan.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engaku berikan hari ini..

      Oishii so desu yo.. (Artinya terlihat enak ya..)

      Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan..

      Hasil eksekusi Sabtu, 6Agustus 2016

      #208 Bolu Jadul

      Penasaran sekali dengan membuat bolu jadul yang murah meriah ini.. Saya melihat resep asli nya bertebaran di instagram.. Ouw, lagi ngehits banget.. Dan saya pun paling seneng mengeksekusi sesuatu bahan masakan yang resep nya simple dan bahan nya sedikit.. Ini adalah ketiga kali nya saya bikin bolu jadul karena masih belum mengenali oven dan masih belum menyesuaikan dengan yang nama nya mixer.. Oven saya ini seperti nya panas nya tinggi, kalau mau menuruti sesuai resep maka keseringan nya gosong.. Kali ini saya menyoba-coba untuk menurunkan suhu nya pada saat memanggang, alhamdulillah efek penasaran akhir nya berbuah baik.. 3x membuat, dalam waktu satu minggu akhir nya tidak gosong.. 

      Pada saat percobaan kedua, saya membuat nya tidak gosong, namun agak sedikit bantet, hal ini seperti nya karena mentega agak sedikit lebih banyak dari takarannya dan pada saat memanggang saya pun kelupaan mengeset api oven nya.. Saya biasa memanaskan oven kompor sebelum memanggang dengan menggunakan api atas bawah, nah pas adonan kue nya dah jadi, langsung saja saya masukkkan adonan kue nya ke oven dengn api atas bawah.. Alhasil, bagian atas langsung cepat matang dan bagian bawah masih agak padat.. Dari pengalaman ini, langsung deh saya catet tips memanggang kue buat saya sendiri yang menggunakan loyang loaf pan kecil ukuran 20x6x4 yaitu 

      1. Sebelum memanggang panaskan oven dengan api atas bawah dengan suhu 150 dercel selama 10 menit..
      2. Masukkan bahan adonan ke dalam loyang loaf pan yang sudah dialasi dengan kertas roti tanpa diolesi mentega..
      3. Panggang adonan roti di rak bagian bawah dengan menggunakan suhu 150dercel menggunakan api bawah selama 10menit dan sambung menggunakan api atas bawah selama 5menit.. Jadi total pemanggangan untuk bolu jadul ini adalah 15 menit.. 10menit pertama dengan api bawah dan 5menit sebelum matang gunakan api atas bawah.. 


      Well, yuk kita intip resep asli nya, siapa tau pas di Indonesia saya pake loyang gede, jadi saya gunakan resep asli nya.. Eh, ada kemungkinan loyang-loyang ini akan saya bawa ding, kecuali oven nya yang gak bisa dibawa.. Soalnya barang elektronik di sini, tidak akan mungkin saya bawa, beda colokan dan voltase juga..

      Bolu Jadul (Resep Asli)

      1. 4buah kuning telur
      2. 2buah putih telur
      3. 125gram gula pasir
      4. 100gram tepung terigu 
      5. 125gram mentega/butter cairkan..

      Cara membuat :

      1. Panaskan oven 160dercel
      2. Siapkan loyang 20×20, olesin mentega dan tabur tepung
      3. Mixer telur dan gula selama 10menit dengan kecepatan sedang.. Matikan mixer 
      4. Lalu masukkan terigu (ayak) lalu aduk balik menggunakan spatula..
      5. Masukkan cairan butter secara bertahap.. Aduk balik menggunakan spatula.. Masukkan ke dalam loyang ukuran 20×20 lalu Panggang dengan suhu 160dercel selama 30menit..

      Nah kalau saya pake resep itu dengan loyang loaf pan saya yang kecil itu, maka otomatis kue nya gosong, karena kelamaan di oven.. Maka ini hasil eksekusi dan resep kue dari saya sendiri, bahan yang saya pake adalah setengah dari resep nya (biasalah ibu-ibu irit, yang penting bikin buat nyicip karena penasaran dan yang makan juga dikit).


      Bahan :

      1. 2buah kuning telur
      2. 1buah putih telur
      3. 67 gram gula pasir
      4. 50gram tepung terigu protein tinggi
      5. 62gram mentega/butter cairkan

      Cara membuat :

      1. Mixer telur dan gula hingga berjejak..
      2. Lalu matikan mixer, panaskan oven dengan suhu 150dercel dengan api atas bawah selama 10menit
      3. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Loyang yang saya gunakan adalah loyang loaf pan ukuran 20x6x4.
      4. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan lalu aduk balik menggunakan spatula
      5. Lalu masukkan cairan butter secara bertahap.. 
      6. Masukkan ke dalam loyang loaf pan.. 
      7. Panggang dengan suhu 150dercel menggunakan api bawah selama 15 menit, menjelang 5menit sebelum matang, gunakan api atas bawah..


      Kue siap dipotong, Alhamdulillah tidak begitu gosong dan tidak begitu tebal juga lapisan bawah nya.. 

      Lihatlah tekstur nya juga tidak begitu bantet setelah dipotong 


      Ini saya masak nya sore, trus pas sudah matang, saya sudah gak saya pengen icip-icip, jadi nih kue ujung nya langsung saya potong buat icip-icip, cuman pas mau difoto, udah keberu gelap.. Jadi motret kue dan hasil nya besok pagi nya.. Alhamdulillah nih kue turun nya tidak banyak alias tidak menyebabkan bantet.. Alhamdulillah, dan hasilnya sesuai harapan..

      Itadakimasu, Selamat makan..

      Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..


      Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

      Hasil Eksekusi Jumat, 5Agustus 2016

      #207 Cumi Tepung Bumbu Instan

      Bikin cumi pake bumbu instan ini, bisa dibeli di supermarket ogino.. Dulu kalau belanja di ogino, saya suka melihat makan jadi yang di jual di ogino, yang langsung hap gitu, jadi saya tidak perlu repot-repot masak, mau nya cari yang praktis saja.. Tapi lambat laun, saya diberitahu teman saya, katanya tidak menutup kemungkinan, makanan yang dijual tersebut bisa menggunakan pisau yang sama untuk mengiris daging tidak halal, atau bisa jadi juga menggunakan minyak penggorengan yang sama dengan daging yang tidak halal..


      Ini adalah makanan favorit anak saya.. Anak-anak dan papa nya suka makan cumi yang digoreng menggunakan tepung bumbu ini.. Tepung bumbu ini saya beli di supa ogino.. 


      Membuat cumi goreng tepung ini sangat lah mudah.. Cumi ring yang dibeli di supa ogino juga, tinggal saya cuci bersih.. Lalu siapkan kantong plastik es, masukkan tepung bumbu nya ke dalam kantong plastik es, kemudian aduk-aduk sambil dibolak balik.. Bila tepung bumbu nya sudah terlihat merata, maka cumi tepung ini sudah siap digoreng..


      Hati-hati menggorengnya, karena pada saat di goreng, cumi suka meledus-ledus.. Jadi pas mau dibalik atau mau diangkat, biasanya api kompor saya matikan dulu.. Goreng dengan api sedang.. 

      Lanjut saja dengan cara membuat dan bahan nya:

      Bahan : 

      1. Cumi ring yang sudah dipotong-potong
      2. Tepung bumbu seperti diatas

      Cara membuat :

      1. Cuci bersih cumi yang sudah dipotong-potong
      2. Kemudian siapkan kantong plastik es, masukkan sebagian tepung bumbu ke dalam kantong plastik.. Kemudian masukkan cumi secukupnya
      3. Aduk-aduk bolak balik kantong plastik nya.. 
      4. Siapkan minyak panas, lalu goreng cumi yang sudah bertepung.. Goreng dengan api sedang hingga matang.. 
      5. Hati-hati menggoreng cumi ini bisa meledus-meledus..


      Itadakimasu, selamat makan..


      Oishi so desu yo.. 

      Alhamdulillah.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

      Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

      Hasil eksekusi Senin, 1Agustus 2016

      #206 Origami Karya Akira

      Mari menghargai karya anak melalui origami yang dibuat nya..


      Sebagus dan sejelek apapun hasil nya yang penting anak nya punya ide dalam berkreativitas.. Tak dilihat hasil, namun ada ide dan pemikiran dalam mengisi waktu kosong.. Saya membiarkan anak saya membuka you tube, tapi alhamdulillah yang dia tonton ada manfaat nya dalam mengasah otak nya sendiri.. Manfaat bermain origami bagi anak saya ini yaitu bisa mengasah otak nya dalam berkreasi, bisa belajar untuk melipat sesuatu dengan rapi (hasilnya rapi tapi emak nya baru sempet memotret hasil origami nya setelah hasil nya lama disimpan, jadi kelihatan lecek karena ditumpuk-tumpuk).. Saya kadang-kadang kaget atas semua hasil yang dia buat.. Tidak seperti yang saya buat waktu saya maaih kecil.. Sebetulnya banyak yang kreatif, saat ini dia sedang membuat sesuatu yang bergerak.. Hasil karya origami anak saya selengkap nya bisa dilihat di fesbuk saya dengan akun Mitna Maimunah di album kreasi Akira dengan origami.. Kalau di sini, saya hanya menampilkan sedikit.. Kalau di fesbuk saya ada sekitar 80 hasil origami dan ada juga yang berupa video cara pembuatannya.. 


      Bermain Bersama Origami


      Origami adalah kertas warna-warni yang bisa dilipat-lipat serta dibentuk-bentuk.. Ada bermacam-macam juga ukuran dan corak dari origami sendiri..
      Saat ini, anak saya Akira sangat senang sekali berkreasi dan bermain bersama origami.. Awalnya dia mengenal kertas origami pada saat berangkat ke jepang.. Pada saat naik maskapai pesawat ANA, anak-anak diberikan mainan berupa balon pesawat ANA, dan kertas origami.. Mulai saat itu saya mengajarkan anak saya bermain bersama origami.. Sebelumnya, anak saya ini senang bermain bersama kereta plarail dari takara tomi.. Namun karena di sini kami tidak punya cukup uang untuk berkreasi dengan mainan kereta, jadi saya mencari solusi lain agar aktivitas dan kreatifitas anak saya tetap berlanjut sambil menunggu sekolah tiba yaitu Origami adalah salah satu solusi nya.. Selain kertas nya murah meriah, otak dan motorik anak pun bisa diajarkan dan dilatih untuk berkreasi merangkai sesuatu. Tapi akhir nya gerbong kereta dan shinkansen pun bisa dibuat dari origami.. 


      Sebelum masuk sekolah, saya mengisi waktu di rumah dengan mengajarkan anak saya membuat origami.. Saya mengajarkan nya sesuai dengan buku petunjuk yang ada di kertas nya.. Selanjutnya, papa nya membelikan kertas origami. Awalnya masih belum tertarik, lalu kertas origami nya saya buat untuk merangkai gedung-gedung dan mainan lainnya seperti membuat diorama stasiun dan membuat rumah-rumahan.. Kemudian, karena bosan, kami mencoba membuat sesuatu dengan origami lagi.. Yaitu burung, mobil polisi dan kodok.. Lama kelamaan anak saya jadi tertarik, hingga dia ingin membuat sesuatu yang baru dan baru.. Lalu akhirnya saya mencoba membuka dari internet step by step cara membuat hewan-hewan atau benda lain nya melalui safari.. Bila tidak mengerti, langsung saya berganti ke youtube bagaimana cara membuat nya.. Kemudian karena di youtube banyak origami yang lain nya, akhirnya lanjut membuat bermacam-macam origami mulai dari hewan-hewan hingga kue, suriken, ningyou dan atau yukatta, dasi, meja, kursi, hingga mencari origami kereta dan origami film favorit nya yaitu yo-kai watch. 


      Bila origami nya habis, dia selalu minta dibelikan lagi.. Sudah banyak sekali origami nya dibelikan, sebelum masuk sekolah, bisa seminggu sekali beli origami.. Tidak apa-apa, harga origami nya juga mudah terjangkau, yaitu 108yen.. Dan sekali membuat bisa banyak dan bisa berbagai warna.. Awalnya dia membuat dengan tidak rapi, lalu kami ajarkan cara melipatnya agar hasil nya rapi.. Tapi digambar ini, saya baru memotret nya pas akhir-akhir juli ini.. Karena hasil karya nya sudah terlalu banyak disimpan dan saya pun baru punya ide untuk mendokumentasikannya.. Jadi origami ini udah agak lecek-lecek dikit.. Yah, mari kita menghargai hasil kreativitas anak bagaimana pun hasil nya.. Dan Akira sangat senang sekali bila dia telah membuat sesuatu.. Dia selalu menunjukkan kepada saya hasilnya.. Lalu membuat lagi-lagi-dan lagi, sampai banyak dan sampai bagus.. Pernah sampai nangis kalau gak bisa, lalu bertanya kepada saya bagaimana cara nya.. Kadang sampai tidak mau tidur saking penasaran cara membuat origami sampai berhasil.. Kalau sudah selesai, hasilnya dibawa ketempat tidur.. Besok nya bangun pagi-pagi dan langsung membuka youtube dan bikin lagi yang baru.. 


      Kembali lagi ke hal yang tidak bisa, kemudian saya ajarkan caranya sesuai dengan yang ada di petunjuk safari atau youtube.. Kebanyakan origami ini dibuat oleh Akira hasil dari you tube.. Ada juga hasil origami nya yang bergerak, cuman saya tidak sempat merekamnya.. Trus akhirnya disobek oleh adek nya.. Kapan-kapan kalau dia membuat lagi yang bisa bergerak, segera akan saya rekam.. Dan saya tidak memaksa anak saya untuk membuat origami A, B atau C.. Dia sendiri kadang-kadang yang ingin membuat sesuatu.. 


      Biarkanlah anak bekerja sekreatif mungkin, walaupun saya membiarkan dia membuka youtube.. Alhamdulillah, yang dilihat nya adalah bermanfaat bagi diri nya sendiri.. 

      Kamera jadul ini sudah ada video nya di fesbuk saya, bagaimana cara membuat nya.. Selain itu juga, ada video kodok dan ada video akira main dengan hasil origami nya yang bisa bergerak-gerak.. Ini saya buat video nya, karena teman-teman saya pada request bagaimana cara membuat nya.. 

      Sudah dulu ya cerita origami nya.. Hasil lengkap nya ada di fesbuk saya.. 

      Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan 2016

      #205 Pepes Ikan Kembung

      Pengen banget bikin pepes ikan, sebelumnya sih sudah pernah nyoba juga tapi tidak pakai kemangi.. Kali ini saya pakaikan kemangi, karena kemangi hasil tanaman saya sudah tumbuh lumayan banyak.. Sebelumnya saya sudah pernah masak pepes tahu, tapi rasanya masih belum mantap, tidak semantap seperti yang dijual di kantin tempat saya bekerja, Hihihihi.. Pepes tahu di kantin tempat saya bekerja itu bau nya harum sekali.. Sebetulnya kemangi nya sudah banyak, akan tetapi tekstur hasil pepes saya itu masih agak benyek alias lembut, kayak kurang padat gitu.. Entah masalah nya apa, enak sih enak.. Tapi saya tidak pede untuk membuat resep nya, karena menurut saya gambar nya menjadi kurang menarik.. 

      Trus sebelumnya sudah pernah juga membuat pepes ikan kembung, tapi pada saat itu tidak saya bakar, hanya saya kukus.. Jadi dalam nya tidak begitu kering alias kayak berkuah-kuah gitu.. Tapi kali ini saya bikin nya dengan cara dikukus dan dibakar.. Pas dibakar di dalam oven bawah kompor, uhm bau nya harum sekali.. Karena bau daun pisangnya yang menggoda.. Kalau inget daun pisang, saya kok jadi inget nagasari.. Hahahaha, kayaknya enak makan itu.. 


      Ini gambar nya hampir semua nya sama.. Saya mengambil gambar nya malam, karena ini buat makan malam, itu keburu membuat nya sore hari karena ngulek bumbu nya masih menggunakan ulekn manual jepang.. Aduh, berkali-kali saya mengulek menggunakan ulekan itu masih juga belum berhasil menguasai cara mengulek yng baik dn benar dan cepat.. Bagaimana trik nya, agar hasil ulekan halus sesuai dengan yang diharapkan, masih belum ketemu solusi nya.. Trus saya bilang sama papa Akira agar saya dibelikan ulekan seperti ulekan di Indonesia alias cobek batu.. Mudah-mudah dibelikan dan bisa saya gunakan dengan nyaman selanjutnya.

      Jadi harap maklum ya kalau gambar nya agar yellowish karena dipotret dibawah lampu bukan cahaya alami matahari.. 

      Pepes ikan kembung ini saya gunakan semua bumbu dapur mulai dari jahe, lengkoas, serei, daun jeruk, daun salam (saya skip, karena tidak ada stok, sebaiknya pakai saja 4lembar daun salam), kunyit (kunyitnya saya pakai kunyit bubuk karena di sini tidak ada kunyit yang biasa). Selain itu ada tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe serta kemangi yang banyak buat harum-harum masakan..


      Saya cuman kangen dan pengen makan beginian, pas mateng setelah dibakar, membuat perut saya ingin segera menyantap nya.. Subhanallah, masakan ini enak sekali.. Kali ini saya hanya gunakan 1ekor ikan kembung, lalu saya bagi 2..


      Sudah malam mari melanjutkan menulis resep nya :

      Bahan :

      1. 1ekor ikan kembung, jika memiliki jeruk nipis, berikan perasan jeruk nipis dan diamkan 15menit.
      2. Jahe 1ruas jari
      3. Lengkoas 2ruas jari
      4. 1batang serei iris-iris
      5. Secukupnya kunyit
      6. 3butir kemiri
      7. 5 cabe merah
      8. 6siung bawang merah
      9. 3siumg bawang putih
      10. 2butir tomat
      11. 3lembar daun jeruk
      12. 4lembar daun salam (ini saya skip)
      13. Garam secukupnya
      14. 1/2 sdt makan kaldu bubuk
      15. Kemangi seadanya..
      16. Daun pisang untuk membungkus.

      Cara membuat :

      1. Potong ikan jadi 2, atau sesuai selera, mau jadi satu saja juga tidak apa-apa.. Ini saya bagi 2 karena kukusan saya kecil..
      2. Uleg bumbu halus yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkoas, jahe, kunyit, kaldu bubuk dan garam
      3. Potong-potong serei, tomat..
      4. Siapkan ikan, taruh diatas daun pisang bumbui dengan bumbu halus, kemudian susun serei, tomat, daun jeruk dan kemangi.
      5. Lipat lalu kukus selama 20menit..
      6. Kemudian bakar di dalam oven dengan suhu sedang selama 7 menit, lalu balik panggang lagi selama 5 menit.. 

      Selamat mencoba.

      Itadakimasu, selamat makan..


      Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.

      Kofu Shi, Yamanashi Ken,  Japan

      Hasil eksekusi 28Juli 2016

        #204 Katsudon dengan Chicken Katsu

        Pas makan malam hari kamis tanggal 28Juli 2016, sambil nonton tv, anak saya, Akira minta dibuatkan sarapan seperti yang ada di tv yaitu katsudon.. Katsudon adalah nasi yang diatasnya ditaruh daging katsu.. Biasanya daging katsu nya yaitu ayam.. Daging ayam yang dipakai adalah daging dada yng difillet, trus dipukul-pukul agar menjadi tipis.. 

        Pada saat itu di rumah tidak ada daging ayam, jadilah saya meminta ke papa Akira agar mampir ke swalayan gyomu untuk membeli daging ayam agar bisa dimasak katsudon, keinginan Akira.. Dia sangat memperhatikan acara televisi itu, bagaimana daging ayam yang ditepungi lalu ditaruh diatas nasi dan dibalur dengan telur.. 

        Trus Akira bilang, pokoknya mirip yng kayak gitu.. Lha, saya sendiri yang tidak melihat acara televisi karena masih di dapur menyiapkan makan malam untuk papa Akira, hanya menjawab “iyah”, tanpa tau apa-apa tentang cerita di tivi.. Hihihihihi, jadi ini katsudon adalah katsudon ala-ala saya saja.. Yang sebetulnya secara garis besar dijelaskan sama papa Akira kalau membuat nya adalah seperti ini-ini-ini..

        Sebetulnya saya sudah pernah bikin chicken katsu ini.. Hanya saja pas percobaan pertama itu, kata papa Akira, saya membuatnya terlalu besar dan terlalu tebal, sebisa mungkin dagingnya ditipiskan dulu.. Yah, saya mah gak tau.. Hihihihi.. Lalu kali ini, saya bikin agak saya tipiskan, yaitu dengan cara memotong daging ayam nya menjadi lebih tipis.. Dan saya membuat nya kecil-kecil secukupnya buat masing-masing piring anak saya.. Tapi saya tetep pakai daging paha tanpa tulang ya karena disini tidak ada daging dada ayam fillet yang halal.. 

        Selain itu untuk saos kuah nya, kita gunakan menshuyu dan air dengan perbandingan 1:1 lalu pas mendidih baru kita masukkan telur yang sudah dikocok lepas.. Saya gunakan telur sisa balutan chicken katsu.. Pas selesai masak, langsung diintip sama anak saya, Akira dan dia langsung segera minta makan.. Jadi ya saya buru-buru memotret gambar nya.. Padahal masih agak sore, trus alasannya, dia sudah laper.. Ahhhh, senang nya.. Pas makan pun, anakku ini berkomentar “oishii”. Dan dia makan lahap sekali.. Yuk mare kita meresep katsudon nya..

        Bahan : 

        1. 100gram paha ayam tanpa tulang potong sesuai masing-masing piring, lalu tipiskan.. Sebaiknya gunakan fillet dada ayam, lalu tipiskan dengan cara dipukul-pukul..
        2. Garam secukupnya
        3. Lada secukupnya
        4. 1butir telur
        5. Secukupnya tepung panir
        6. 150ml menshuyu, sebenernya ini kebanyakan untuk ukuran 100gram ayam, tapi karena saya punya nya segitu, jadi saya habiskan saja..
        7. 150ml air, ini juga kebanyakan.. Karena saos nya dipakai sedikit saja untuk ditaruh di atas nasi..

        Cara membuat :

        1. Cuci bersih ayam, lalu beri garam dan lada 
        2. Siapkan kocokan telur, masukkan ayam ke dalam kocokan telur.
        3. Siapkan tepung panir, lalu balur ayam yang sudah dicelupkan kedalam telur ke tepung panir.
        4. Goreng dalam minyak panas dan banyak.. Deep fry.. Goreng dengan api sedang.. 
        5. Bila sudah kecoklatan, balik, goreng sisi berikut nya sampai kecoklatan..Chicken katsu sudah siap 
        6. Kemudian siapkan wajan untuk merebus menshuyu dn air 
        7. Masak menshuyu dan air hingga mendidih.. Lalu masukkan sisa kocakan telur kedalam nya.. Diamkan hingga telur setengah matang atau matang (yang ini sesuai selera). Lalu matikan api.
        8. Penyelesaian : siapkan nasi lalu iris-iris chicken katsu.. Taruh chicken katsu diatas nasi, kemudian ambil telur yang telah direbus tadi, tata diatas nasi dan chicken katsu.. Penggunaan saos kuah, sesuai selera..

        Selamat mencoba.. 


        Itadakimasu.. Selamat makan

        Terima kasih ya Allah atas rezeki Yang Engkau berikan hari ini.. 

        Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan.

        Hasil Eksekusi 29Juli 2016