#212 Natsu Matsuri Sekolah Akira Akari

Di sekolah kakak Akira dan adek Akari ada liburan musim panas.. Liburan musim panas kali ini berlangsung selama sebulan mulai dari tanggal 21 Juli 2016 hingga 20 Agustus 2016.. Sebelum musim panas ini, sekolah Akira dan Akari mengadakan festival musim panas.. Biasa nya festival musim panas ini ada kembang api nya.. Istilah kembang api ini dinamakan Hanabi taikai.


Natsu matsuri di sekolah akira dan akari harus mengenakan pakaian yukatta untuk yang perempuan dan untuk laki-laki mengenakan pakaian jepang juga, nama nya jinbei.. Tau gak, beli 2 setel pakaian ini mendadak sekali.. Papa nya ingat ketika satu hari sebelum acara nya.. Pas hari jumat siang, baru deh cari-cari nih baju.. Nyari nya muter-muter ke mana-mana.. Gak nemu nya karena ukuran nya yang tidak ada, yaitu yukatta buat akari.. Kita nyari nya mulai jam 14.00 ke ogino, shimamura, dan toko lain.. Sampe jam 15.00 gak nemu juga, akhir nya memutuskan untuk menjemput anak sekolah dulu.. Awalnya anak-anak mau diajak juga buat mencari pakaian setelah pulang sekolah, eh pas dilihat di mobil, ternyata anak nya ngantuk.. Pada saat itu cuaca lagi panas sekali.. Jadi semua terlihat lelah.. Akhirnya diputuskan kami bertiga tinggal di rumah untuk istirahat dan papa nya melanjutkan mencari baju buat anak-anak..


Papa nya juga nyari di uniqlo, aeon mall.. Di sana tidak ada ukuran juga.. Akhir nya cari lagi di tempat lain.. Eh, muter-muter ketemu toko second yang jual baju yukatta.. Uhm.. Harga baju yukatta untuk ukuran Akari sebetulnya sekitar 1900yen ke atas untuk yang baru nya.. Untuk baju jinbei ukuran Akira harga nya sekitar 1300yen ke atas.. Baju yukata ukuran saya harga nya diatas 4000yen (Sempet lihat sih, cuman lihat doang, gak beli buat saya, soalnya gak butuh, walaupun bagus, tapi mau dipakai ke mana dan kapan).

Di toko second ini, harga baju yukatta dan jinbei yang kami dapatkan masih sekitar dibawah 1000yen per piece nya, kemudian didiskon lagi 30%. Jadi ya lumayan murah.. Trus sandal nya juga dibeli kan sama papa nya, biar matching gitu.. Harga sandal nya juga masih dibawah 1000yen per pasang.. Untuk ukuran akari, ternyata kekecilan.. Habis anak nya gak diajak sih, jadi papa nya beli nya hanya mengira-ngira saja.. Tak apalah, yang penting anak saya sudah mencoba baju tradisional jepang ini.. Pas papa sampai di rumah, anak-anak langsung dicobakan dengan pakaian ini.. Wah, si Akari sangat senang sekali.. Yukata yang dipakai Akari ini sebetulnya agak kebesaran alias kepanjangan, tapi dia sangat senang sekali karena merasa cantik dengan busana tersebut.. Dia ingin sekali kalau ada yang mengatakan “kawai” pada diri nya ketika dia mengenakan pakaian itu.. Kemudian baju yukata ini dipendekkan oleh papa Akira, (jahit sendiri lho, jago nih papa, rapi lagi jahitannya).. 

Pas keesokan hari nya.. Sekitar jam setengah 4 sore, kami semua mulai bersiap-siap.. Acara di sekolah Akira dan Akari ini dimulai jam 16.45.. Kami berangkat menggunakan mobil kami ke sekolah, perjalanan sekitar 5menit.. Sesampai di sekolah, wah terlihat seru sekali.. Semua orang datang bersama keluarga nya.. Ada yang sambil membawa tikar kayak mau camping saja.. Ini kayaknya kebiasaan orang jepang deh yang suka gelar tiker di mana-mana..

Kemudian acara di mulai dengan bermain bebas dan membeli makanan yang dijual di sekolah yaitu ada onigori, sosis bakar, taiyaki, puding, kakigori dan lainnya yang dibeli dengan menukarkan kupon yang dipesan sebelum acara nya dimulai, bukan dibayar dengan menggunakan uang cash.. Jadi kalau kekurangan dan mau beli kupon makanan dan permainan lagi, bisa beli juga di counter kupon. Selain itu juga kita membeli kupon untuk bermain, harga kupon bermain nya yaitu 50yen untuk satu kali permainan.. Dan anak-anak sangat senang sekali karena setiap satu kali bermain, anak-anak mendapatkan hadiah..

Kemudian sekitar jam 18.00 semua pedagang dan permainan ditutup.. Jadi habis atau tidak, mereka harus segera menutup dagangan nya karena akan dilanjutkan acara yang lain lagi..


Kemudian, acara dilanjutkan dengan pentas seni, yaitu anak-anak menari dan bermain kembang api..



Setelah acara pentas seni ini, kemudian dilanjutkan dengan kembang api.. Lalu anak-anak dikumpulkan kembali untuk diberikan hadiah berupa kembang api yang boleh dibawa pulang.. ​​

Perjalanan pulang kami menggunakan mobil.. Terlihat sekali anak sangat senang dengan kegiatan ini.. Sesampai di rumah mereka mengganti pakaian dan bermain dengan hadiah-hadiah yang diperoleh dari sekolah.. Tanoshikatta desu yo.. (Sangat menyenangkan ya..)

​​

Advertisements

2 thoughts on “#212 Natsu Matsuri Sekolah Akira Akari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s