#211 Aneka Bakwan Tepung Tempura

Kali ini saya akan berbagi resep membuat bakwan dengan menggunakan tepung tempura.. Tepung tempura ini sebetulnya saya niatkan beli buat bikin tempura karena saya sendiri sangat penasaran bagaiman cara membuat tempura.. Tapi sampai saat ini saya merasa masih gagal.. Dulu saya pernah membuat tempura udang, mungkin udang nya terlalu kecil, jadi udangnya melengkung dan hasilnya seperti udang tepung biasa.. Hanya saya kurang puas dengan hasil seperti itu.. Tidak seperti yang terlihat di supermarket-supermarket atau di restorant yang dijual..

Selain udang, tempura itu juga bisa dari sayuran, ada yang pake terong, udang, ika alias cumi, ada juga yang pake chikuwa (pempek ikan yang berwarna putih dan bentuknya panjang), ada juga tempura yang dari bawang bombay serta dari labu kuning.. Nah kalau selai udang, saya masih bisa bikin, secara bikin nya kayak abang-abang gorengan biasa.. Kayak tahu goreng, ubi goreng dan tempe mendoan..

Sekarang saya mau bikin macam-macam bakwan menggunakan tepung tempura ini 


Tepung tempura ini bisa dibeli di supermarket ogino.. Untuk pertama saya buat resep bakwan sake atau bakwan salmon.. Saya berinisiatif membuat bakwan salmon ini karena kalau beli sake atau salmon, yang ada dimasak dengan cara dipanggang melulu, dan anak saya kadang mau kadang makan nya lama.. Tergantung mood mereka saat itu.. Pas dibuatkan bakwan begini makan nya jadi lahap, biasalah anak-anak suka kalau makan pake tepung-tepungan. Dan sake atau salmon ini punya nikai gizi yang cukup tinggi, jadi saya usahakan anak saya makan ikan sebagai variasi menu.. 


Bakwan salmon 

Bakwan salmon ini saya buat dengan bahan asal campur.

Bahan :

  1. 1 ekor fillet ikan salmon saya suir-suir dan pusahkan buntut nya
  2. Sedikit kecap asin jepang
  3. Sedikit jahe
  4. Sedikit bawang putih halus atau sekitar 1siung bawang putih kecil.. 
  5. Tepung tempura secukupnya
  6. Secukupnya air, sesuai tingkat kelentalan membuat bakwan

Cara membuat

  1. Campur bahan 1-4 lalu remas-remas
  2. Kemudian tambahkan tepung, lalu tambahkan air sesuai denga tingkat kekentalan pembuatan bakwan..
  3. Goreng bakwan salmon dengan api sedang 

Itadakimasu, Selamat makan.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

Bakwan jagung


Biasanya saya kalau bikin bakwan jagung menggunakan tepung terigu protein rendah dan dicampur dengan tepung beras lalu dibikin encer sehingga bakwan jagung nya menjadi tipis seakali dan kriuk, lebih enak lalgi nakan nya dengan cuko pempek, hahaha.. Itu pas iftar dicobain sama orang malaysia dan orang indonesia, semua nya senang sekali, setelah selesai digoreng langsung ludes, goreng lagi trus ludes lagi.. Yo wes pada saat itu tidak ada foto nya tuk bakwan jagung.. 

Kali ini saya mau membuat dengan menggunakan tepung tempura, karena berkali-kali saya membuat chikuwa atau gorengan menggunkaan tepung ini, hasilnya agak kriuk, jadi sepertinya enak juga bila dibuat untuk bakwan jagung.. Tinggal diberi bumbu saja di bakwan jagungnya..

Bakwan jagung 


Bahan :

  1. 1buah jagung manis, lalu potong dan hancurkan
  2. 1genggam seledri
  3. 1siung bawang putih haluskan
  4. 1/2sdt ketumbar
  5. 1/2sdt kunyit bubuk
  6. 1/2sdt garam
  7. 60ml air atau tergantung selera

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan jadi satu lalu ambil sesendok adonan bakwan, goreng dengan api sedang sampai adonan habis..

Bakwan jagung siap dinikmati..


Itadakimasu, selamat makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

Hasil Eksekusi 9Agustus 2016

Leave a Reply

