#209 Stir Fried Sausage

Pengen bisa bikin sosis yang berbeda, biasa nya makanan siap saji ini saya buat dengan dengan cara iris-iris gak sampai putus lalu goreng atau panggang menggunaka sedikit bumbu yaitu kecap dan saus tomat.. Begitulah kebiasaan saya membuat sosis untuk anak saya kalau sedang belum ada mood masak yang ribet-ribet dan kepepet alias gak banyak waktu alias sudah menunjukkan waktu makan yang sudah dekat.

Kadang-kadang kayak dikejar waktu gitu, kesianganlah, menu yang lain dibikin terlalu pedas jadi menu lain hanya buat papa nya saja dan saya.. Sudah menunjukkan jadwal makan siang, atau anak nya sudah mengeluh “onaka site kimasu” alias “sudah lapar”. Dan langsung deh, saya lirik kulas dan bertanya kepada anak nya, “mama goreng sosis aja ya, mau?”, dan bila anak langsung menjawab mau, itu artinya aman..

Langsung deh ambil sosi dari freezer, trus diamkan diluar sekitar lebih dari 10menit, baru deh iris-iris serong tidak putus kemudian goreng.. Biasanya saya goreng dengan sedikit butter atau mentega alias kayak dipanggang, kadang-kadang juga saya goreng dengan minyak biasa.. Tergantung wajan nya sedang berisi minyak atau tidak.. Tapi dua-dua nya tetap disukai anak-anak..

Kali ini saya ingin dengan penyajian berbeda.. Kalau di rumah mertua saya, biasanya sosis ini dimasak dengan menggunakan kecap campur-campur.. Jadi kayak dibikin sosis saos inggris atau sosis teriyaki.. Jadi sosis nya dipotong-potong seperti gambar lalu  ditumis menggunakan bawang bombay, kemudian dimasukkan berbagai kecap yaitu kecap asin, kecap manis dan saos inggriss atau kecap inggris.. Dah jadi deh, menantu nya ini tinggal makan.. Hihihihi, bahagia tinggal dekat mertua atau orang tua, apa-apa kadang langsung tersedia.. Alhamdulillah punya mertua dan orang tua baik..

Kalau bikin sosis goreng aja dan telur dadar atau telur ceplok buat suami, rasa nya kayak sepi gitu lauk nya, saya aja kadang-kadang lihat nya gak semangat.. Walau dimasak gitu aja enak.. Biar nambah selera makan dan terlihat di piring nya seru, warna warni kayak pelangi serta rame makan dibikinlah stir fried suasage.. Karena saya pecinta paprika dan bawang bombay, maka saya kombinasikan lagi paprika dan bawang bombay denga sosis ini.. Masakan saya ini memang gak jauh-jauh dari parika dan bawang bombay.. Dan saya kombinasikan juga dengan tahu agar anak-anak juga bisa makan makanan dari nabati, tidak hanya dari hewani, trus saya cemplungkan juga wortel, biar anak anak dapet gizi dari sayurannya.. Yuk langsung eksekusi cara membuat nya.. 

Stir Fried Sausage untuk kami berempat.

Bahan :

  1. 3buah sosis potong sesuai selera
  2. 1/2 tahu kotak, potong kotak
  3. 1/3 buah wortel, belah dua lalu iris serong..
  4. 2buah paprika hijau, potong kotak
  5. 1/2 buah bawang bombay, potong panjang
  6. 4batang Daun bawang kecil, potong sekitar 2cm
  7. 1siung bawang putih, geprek lalu cacah
  8. 1sdm saos tiram 
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt lada

Cara membuat :

  1. Goreng tahu, angkat lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay, lalu diikuti bawang putih sampai layu..
  3. Masukkan wortel, masak hingga wortel agak lembut.
  4. Masukkan sosis aduk terus 
  5. Masukkan paprika, kemudian daun bawang.. Aduk hingga harum
  6. Masukan tahu kemudian diikuti dengan saos tiram lada dan garam, aduk rata.


Sajikan.. 

Itadakimasu, Selamat makan.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engaku berikan hari ini..

Oishii so desu yo.. (Artinya terlihat enak ya..)

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan..

Hasil eksekusi Sabtu, 6Agustus 2016

Leave a Reply

