#208 Bolu Jadul

Penasaran sekali dengan membuat bolu jadul yang murah meriah ini.. Saya melihat resep asli nya bertebaran di instagram.. Ouw, lagi ngehits banget.. Dan saya pun paling seneng mengeksekusi sesuatu bahan masakan yang resep nya simple dan bahan nya sedikit.. Ini adalah ketiga kali nya saya bikin bolu jadul karena masih belum mengenali oven dan masih belum menyesuaikan dengan yang nama nya mixer.. Oven saya ini seperti nya panas nya tinggi, kalau mau menuruti sesuai resep maka keseringan nya gosong.. Kali ini saya menyoba-coba untuk menurunkan suhu nya pada saat memanggang, alhamdulillah efek penasaran akhir nya berbuah baik.. 3x membuat, dalam waktu satu minggu akhir nya tidak gosong.. 

Pada saat percobaan kedua, saya membuat nya tidak gosong, namun agak sedikit bantet, hal ini seperti nya karena mentega agak sedikit lebih banyak dari takarannya dan pada saat memanggang saya pun kelupaan mengeset api oven nya.. Saya biasa memanaskan oven kompor sebelum memanggang dengan menggunakan api atas bawah, nah pas adonan kue nya dah jadi, langsung saja saya masukkkan adonan kue nya ke oven dengn api atas bawah.. Alhasil, bagian atas langsung cepat matang dan bagian bawah masih agak padat.. Dari pengalaman ini, langsung deh saya catet tips memanggang kue buat saya sendiri yang menggunakan loyang loaf pan kecil ukuran 20x6x4 yaitu 

  1. Sebelum memanggang panaskan oven dengan api atas bawah dengan suhu 150 dercel selama 10 menit..
  2. Masukkan bahan adonan ke dalam loyang loaf pan yang sudah dialasi dengan kertas roti tanpa diolesi mentega..
  3. Panggang adonan roti di rak bagian bawah dengan menggunakan suhu 150dercel menggunakan api bawah selama 10menit dan sambung menggunakan api atas bawah selama 5menit.. Jadi total pemanggangan untuk bolu jadul ini adalah 15 menit.. 10menit pertama dengan api bawah dan 5menit sebelum matang gunakan api atas bawah.. 


Well, yuk kita intip resep asli nya, siapa tau pas di Indonesia saya pake loyang gede, jadi saya gunakan resep asli nya.. Eh, ada kemungkinan loyang-loyang ini akan saya bawa ding, kecuali oven nya yang gak bisa dibawa.. Soalnya barang elektronik di sini, tidak akan mungkin saya bawa, beda colokan dan voltase juga..

Bolu Jadul (Resep Asli)

  1. 4buah kuning telur
  2. 2buah putih telur
  3. 125gram gula pasir
  4. 100gram tepung terigu 
  5. 125gram mentega/butter cairkan..

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 160dercel
  2. Siapkan loyang 20×20, olesin mentega dan tabur tepung
  3. Mixer telur dan gula selama 10menit dengan kecepatan sedang.. Matikan mixer 
  4. Lalu masukkan terigu (ayak) lalu aduk balik menggunakan spatula..
  5. Masukkan cairan butter secara bertahap.. Aduk balik menggunakan spatula.. Masukkan ke dalam loyang ukuran 20×20 lalu Panggang dengan suhu 160dercel selama 30menit..

Nah kalau saya pake resep itu dengan loyang loaf pan saya yang kecil itu, maka otomatis kue nya gosong, karena kelamaan di oven.. Maka ini hasil eksekusi dan resep kue dari saya sendiri, bahan yang saya pake adalah setengah dari resep nya (biasalah ibu-ibu irit, yang penting bikin buat nyicip karena penasaran dan yang makan juga dikit).


Bahan :

  1. 2buah kuning telur
  2. 1buah putih telur
  3. 67 gram gula pasir
  4. 50gram tepung terigu protein tinggi
  5. 62gram mentega/butter cairkan

Cara membuat :

  1. Mixer telur dan gula hingga berjejak..
  2. Lalu matikan mixer, panaskan oven dengan suhu 150dercel dengan api atas bawah selama 10menit
  3. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Loyang yang saya gunakan adalah loyang loaf pan ukuran 20x6x4.
  4. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan lalu aduk balik menggunakan spatula
  5. Lalu masukkan cairan butter secara bertahap.. 
  6. Masukkan ke dalam loyang loaf pan.. 
  7. Panggang dengan suhu 150dercel menggunakan api bawah selama 15 menit, menjelang 5menit sebelum matang, gunakan api atas bawah..


Kue siap dipotong, Alhamdulillah tidak begitu gosong dan tidak begitu tebal juga lapisan bawah nya.. 

Lihatlah tekstur nya juga tidak begitu bantet setelah dipotong 


Ini saya masak nya sore, trus pas sudah matang, saya sudah gak saya pengen icip-icip, jadi nih kue ujung nya langsung saya potong buat icip-icip, cuman pas mau difoto, udah keberu gelap.. Jadi motret kue dan hasil nya besok pagi nya.. Alhamdulillah nih kue turun nya tidak banyak alias tidak menyebabkan bantet.. Alhamdulillah, dan hasilnya sesuai harapan..

Itadakimasu, Selamat makan..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..


Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

Hasil Eksekusi Jumat, 5Agustus 2016

Leave a Reply

