#206 Origami Karya Akira

Mari menghargai karya anak melalui origami yang dibuat nya..


Sebagus dan sejelek apapun hasil nya yang penting anak nya punya ide dalam berkreativitas.. Tak dilihat hasil, namun ada ide dan pemikiran dalam mengisi waktu kosong.. Saya membiarkan anak saya membuka you tube, tapi alhamdulillah yang dia tonton ada manfaat nya dalam mengasah otak nya sendiri.. Manfaat bermain origami bagi anak saya ini yaitu bisa mengasah otak nya dalam berkreasi, bisa belajar untuk melipat sesuatu dengan rapi (hasilnya rapi tapi emak nya baru sempet memotret hasil origami nya setelah hasil nya lama disimpan, jadi kelihatan lecek karena ditumpuk-tumpuk).. Saya kadang-kadang kaget atas semua hasil yang dia buat.. Tidak seperti yang saya buat waktu saya maaih kecil.. Sebetulnya banyak yang kreatif, saat ini dia sedang membuat sesuatu yang bergerak.. Hasil karya origami anak saya selengkap nya bisa dilihat di fesbuk saya dengan akun Mitna Maimunah di album kreasi Akira dengan origami.. Kalau di sini, saya hanya menampilkan sedikit.. Kalau di fesbuk saya ada sekitar 80 hasil origami dan ada juga yang berupa video cara pembuatannya.. 


Bermain Bersama Origami


Origami adalah kertas warna-warni yang bisa dilipat-lipat serta dibentuk-bentuk.. Ada bermacam-macam juga ukuran dan corak dari origami sendiri..
Saat ini, anak saya Akira sangat senang sekali berkreasi dan bermain bersama origami.. Awalnya dia mengenal kertas origami pada saat berangkat ke jepang.. Pada saat naik maskapai pesawat ANA, anak-anak diberikan mainan berupa balon pesawat ANA, dan kertas origami.. Mulai saat itu saya mengajarkan anak saya bermain bersama origami.. Sebelumnya, anak saya ini senang bermain bersama kereta plarail dari takara tomi.. Namun karena di sini kami tidak punya cukup uang untuk berkreasi dengan mainan kereta, jadi saya mencari solusi lain agar aktivitas dan kreatifitas anak saya tetap berlanjut sambil menunggu sekolah tiba yaitu Origami adalah salah satu solusi nya.. Selain kertas nya murah meriah, otak dan motorik anak pun bisa diajarkan dan dilatih untuk berkreasi merangkai sesuatu. Tapi akhir nya gerbong kereta dan shinkansen pun bisa dibuat dari origami.. 


Sebelum masuk sekolah, saya mengisi waktu di rumah dengan mengajarkan anak saya membuat origami.. Saya mengajarkan nya sesuai dengan buku petunjuk yang ada di kertas nya.. Selanjutnya, papa nya membelikan kertas origami. Awalnya masih belum tertarik, lalu kertas origami nya saya buat untuk merangkai gedung-gedung dan mainan lainnya seperti membuat diorama stasiun dan membuat rumah-rumahan.. Kemudian, karena bosan, kami mencoba membuat sesuatu dengan origami lagi.. Yaitu burung, mobil polisi dan kodok.. Lama kelamaan anak saya jadi tertarik, hingga dia ingin membuat sesuatu yang baru dan baru.. Lalu akhirnya saya mencoba membuka dari internet step by step cara membuat hewan-hewan atau benda lain nya melalui safari.. Bila tidak mengerti, langsung saya berganti ke youtube bagaimana cara membuat nya.. Kemudian karena di youtube banyak origami yang lain nya, akhirnya lanjut membuat bermacam-macam origami mulai dari hewan-hewan hingga kue, suriken, ningyou dan atau yukatta, dasi, meja, kursi, hingga mencari origami kereta dan origami film favorit nya yaitu yo-kai watch. 


Bila origami nya habis, dia selalu minta dibelikan lagi.. Sudah banyak sekali origami nya dibelikan, sebelum masuk sekolah, bisa seminggu sekali beli origami.. Tidak apa-apa, harga origami nya juga mudah terjangkau, yaitu 108yen.. Dan sekali membuat bisa banyak dan bisa berbagai warna.. Awalnya dia membuat dengan tidak rapi, lalu kami ajarkan cara melipatnya agar hasil nya rapi.. Tapi digambar ini, saya baru memotret nya pas akhir-akhir juli ini.. Karena hasil karya nya sudah terlalu banyak disimpan dan saya pun baru punya ide untuk mendokumentasikannya.. Jadi origami ini udah agak lecek-lecek dikit.. Yah, mari kita menghargai hasil kreativitas anak bagaimana pun hasil nya.. Dan Akira sangat senang sekali bila dia telah membuat sesuatu.. Dia selalu menunjukkan kepada saya hasilnya.. Lalu membuat lagi-lagi-dan lagi, sampai banyak dan sampai bagus.. Pernah sampai nangis kalau gak bisa, lalu bertanya kepada saya bagaimana cara nya.. Kadang sampai tidak mau tidur saking penasaran cara membuat origami sampai berhasil.. Kalau sudah selesai, hasilnya dibawa ketempat tidur.. Besok nya bangun pagi-pagi dan langsung membuka youtube dan bikin lagi yang baru.. 


Kembali lagi ke hal yang tidak bisa, kemudian saya ajarkan caranya sesuai dengan yang ada di petunjuk safari atau youtube.. Kebanyakan origami ini dibuat oleh Akira hasil dari you tube.. Ada juga hasil origami nya yang bergerak, cuman saya tidak sempat merekamnya.. Trus akhirnya disobek oleh adek nya.. Kapan-kapan kalau dia membuat lagi yang bisa bergerak, segera akan saya rekam.. Dan saya tidak memaksa anak saya untuk membuat origami A, B atau C.. Dia sendiri kadang-kadang yang ingin membuat sesuatu.. 


Biarkanlah anak bekerja sekreatif mungkin, walaupun saya membiarkan dia membuka youtube.. Alhamdulillah, yang dilihat nya adalah bermanfaat bagi diri nya sendiri.. 

Kamera jadul ini sudah ada video nya di fesbuk saya, bagaimana cara membuat nya.. Selain itu juga, ada video kodok dan ada video akira main dengan hasil origami nya yang bisa bergerak-gerak.. Ini saya buat video nya, karena teman-teman saya pada request bagaimana cara membuat nya.. 

Sudah dulu ya cerita origami nya.. Hasil lengkap nya ada di fesbuk saya.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan 2016

Leave a Reply

