#205 Pepes Ikan Kembung

Pengen banget bikin pepes ikan, sebelumnya sih sudah pernah nyoba juga tapi tidak pakai kemangi.. Kali ini saya pakaikan kemangi, karena kemangi hasil tanaman saya sudah tumbuh lumayan banyak.. Sebelumnya saya sudah pernah masak pepes tahu, tapi rasanya masih belum mantap, tidak semantap seperti yang dijual di kantin tempat saya bekerja, Hihihihi.. Pepes tahu di kantin tempat saya bekerja itu bau nya harum sekali.. Sebetulnya kemangi nya sudah banyak, akan tetapi tekstur hasil pepes saya itu masih agak benyek alias lembut, kayak kurang padat gitu.. Entah masalah nya apa, enak sih enak.. Tapi saya tidak pede untuk membuat resep nya, karena menurut saya gambar nya menjadi kurang menarik.. 

Trus sebelumnya sudah pernah juga membuat pepes ikan kembung, tapi pada saat itu tidak saya bakar, hanya saya kukus.. Jadi dalam nya tidak begitu kering alias kayak berkuah-kuah gitu.. Tapi kali ini saya bikin nya dengan cara dikukus dan dibakar.. Pas dibakar di dalam oven bawah kompor, uhm bau nya harum sekali.. Karena bau daun pisangnya yang menggoda.. Kalau inget daun pisang, saya kok jadi inget nagasari.. Hahahaha, kayaknya enak makan itu.. 


Ini gambar nya hampir semua nya sama.. Saya mengambil gambar nya malam, karena ini buat makan malam, itu keburu membuat nya sore hari karena ngulek bumbu nya masih menggunakan ulekn manual jepang.. Aduh, berkali-kali saya mengulek menggunakan ulekan itu masih juga belum berhasil menguasai cara mengulek yng baik dn benar dan cepat.. Bagaimana trik nya, agar hasil ulekan halus sesuai dengan yang diharapkan, masih belum ketemu solusi nya.. Trus saya bilang sama papa Akira agar saya dibelikan ulekan seperti ulekan di Indonesia alias cobek batu.. Mudah-mudah dibelikan dan bisa saya gunakan dengan nyaman selanjutnya.

Jadi harap maklum ya kalau gambar nya agar yellowish karena dipotret dibawah lampu bukan cahaya alami matahari.. 

Pepes ikan kembung ini saya gunakan semua bumbu dapur mulai dari jahe, lengkoas, serei, daun jeruk, daun salam (saya skip, karena tidak ada stok, sebaiknya pakai saja 4lembar daun salam), kunyit (kunyitnya saya pakai kunyit bubuk karena di sini tidak ada kunyit yang biasa). Selain itu ada tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe serta kemangi yang banyak buat harum-harum masakan..


Saya cuman kangen dan pengen makan beginian, pas mateng setelah dibakar, membuat perut saya ingin segera menyantap nya.. Subhanallah, masakan ini enak sekali.. Kali ini saya hanya gunakan 1ekor ikan kembung, lalu saya bagi 2..


Sudah malam mari melanjutkan menulis resep nya :

Bahan :

  1. 1ekor ikan kembung, jika memiliki jeruk nipis, berikan perasan jeruk nipis dan diamkan 15menit.
  2. Jahe 1ruas jari
  3. Lengkoas 2ruas jari
  4. 1batang serei iris-iris
  5. Secukupnya kunyit
  6. 3butir kemiri
  7. 5 cabe merah
  8. 6siung bawang merah
  9. 3siumg bawang putih
  10. 2butir tomat
  11. 3lembar daun jeruk
  12. 4lembar daun salam (ini saya skip)
  13. Garam secukupnya
  14. 1/2 sdt makan kaldu bubuk
  15. Kemangi seadanya..
  16. Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat :

  1. Potong ikan jadi 2, atau sesuai selera, mau jadi satu saja juga tidak apa-apa.. Ini saya bagi 2 karena kukusan saya kecil..
  2. Uleg bumbu halus yaitu cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkoas, jahe, kunyit, kaldu bubuk dan garam
  3. Potong-potong serei, tomat..
  4. Siapkan ikan, taruh diatas daun pisang bumbui dengan bumbu halus, kemudian susun serei, tomat, daun jeruk dan kemangi.
  5. Lipat lalu kukus selama 20menit..
  6. Kemudian bakar di dalam oven dengan suhu sedang selama 7 menit, lalu balik panggang lagi selama 5 menit.. 

Selamat mencoba.

Itadakimasu, selamat makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.

Kofu Shi, Yamanashi Ken,  Japan

Hasil eksekusi 28Juli 2016

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s