#204 Katsudon dengan Chicken Katsu

Pas makan malam hari kamis tanggal 28Juli 2016, sambil nonton tv, anak saya, Akira minta dibuatkan sarapan seperti yang ada di tv yaitu katsudon.. Katsudon adalah nasi yang diatasnya ditaruh daging katsu.. Biasanya daging katsu nya yaitu ayam.. Daging ayam yang dipakai adalah daging dada yng difillet, trus dipukul-pukul agar menjadi tipis.. 

Pada saat itu di rumah tidak ada daging ayam, jadilah saya meminta ke papa Akira agar mampir ke swalayan gyomu untuk membeli daging ayam agar bisa dimasak katsudon, keinginan Akira.. Dia sangat memperhatikan acara televisi itu, bagaimana daging ayam yang ditepungi lalu ditaruh diatas nasi dan dibalur dengan telur.. 

Trus Akira bilang, pokoknya mirip yng kayak gitu.. Lha, saya sendiri yang tidak melihat acara televisi karena masih di dapur menyiapkan makan malam untuk papa Akira, hanya menjawab “iyah”, tanpa tau apa-apa tentang cerita di tivi.. Hihihihihi, jadi ini katsudon adalah katsudon ala-ala saya saja.. Yang sebetulnya secara garis besar dijelaskan sama papa Akira kalau membuat nya adalah seperti ini-ini-ini..

Sebetulnya saya sudah pernah bikin chicken katsu ini.. Hanya saja pas percobaan pertama itu, kata papa Akira, saya membuatnya terlalu besar dan terlalu tebal, sebisa mungkin dagingnya ditipiskan dulu.. Yah, saya mah gak tau.. Hihihihi.. Lalu kali ini, saya bikin agak saya tipiskan, yaitu dengan cara memotong daging ayam nya menjadi lebih tipis.. Dan saya membuat nya kecil-kecil secukupnya buat masing-masing piring anak saya.. Tapi saya tetep pakai daging paha tanpa tulang ya karena disini tidak ada daging dada ayam fillet yang halal.. 

Selain itu untuk saos kuah nya, kita gunakan menshuyu dan air dengan perbandingan 1:1 lalu pas mendidih baru kita masukkan telur yang sudah dikocok lepas.. Saya gunakan telur sisa balutan chicken katsu.. Pas selesai masak, langsung diintip sama anak saya, Akira dan dia langsung segera minta makan.. Jadi ya saya buru-buru memotret gambar nya.. Padahal masih agak sore, trus alasannya, dia sudah laper.. Ahhhh, senang nya.. Pas makan pun, anakku ini berkomentar “oishii”. Dan dia makan lahap sekali.. Yuk mare kita meresep katsudon nya..

Bahan : 

  1. 100gram paha ayam tanpa tulang potong sesuai masing-masing piring, lalu tipiskan.. Sebaiknya gunakan fillet dada ayam, lalu tipiskan dengan cara dipukul-pukul..
  2. Garam secukupnya
  3. Lada secukupnya
  4. 1butir telur
  5. Secukupnya tepung panir
  6. 150ml menshuyu, sebenernya ini kebanyakan untuk ukuran 100gram ayam, tapi karena saya punya nya segitu, jadi saya habiskan saja..
  7. 150ml air, ini juga kebanyakan.. Karena saos nya dipakai sedikit saja untuk ditaruh di atas nasi..

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ayam, lalu beri garam dan lada 
  2. Siapkan kocokan telur, masukkan ayam ke dalam kocokan telur.
  3. Siapkan tepung panir, lalu balur ayam yang sudah dicelupkan kedalam telur ke tepung panir.
  4. Goreng dalam minyak panas dan banyak.. Deep fry.. Goreng dengan api sedang.. 
  5. Bila sudah kecoklatan, balik, goreng sisi berikut nya sampai kecoklatan..Chicken katsu sudah siap 
  6. Kemudian siapkan wajan untuk merebus menshuyu dn air 
  7. Masak menshuyu dan air hingga mendidih.. Lalu masukkan sisa kocakan telur kedalam nya.. Diamkan hingga telur setengah matang atau matang (yang ini sesuai selera). Lalu matikan api.
  8. Penyelesaian : siapkan nasi lalu iris-iris chicken katsu.. Taruh chicken katsu diatas nasi, kemudian ambil telur yang telah direbus tadi, tata diatas nasi dan chicken katsu.. Penggunaan saos kuah, sesuai selera..

Selamat mencoba.. 


Itadakimasu.. Selamat makan

Terima kasih ya Allah atas rezeki Yang Engkau berikan hari ini.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan.

Hasil Eksekusi 29Juli 2016

    Leave a Reply

    