#202 Hanabi Taikai

Tanggal 23 Juli 2016 lalu, kami di ajak papa Akira untuk melihat festival kembang api di manriki koen, dekat stasiun Yamanashi Shi.. Pesta kembang api musim panas kali ini baru pertama kali saya rasakan di Jepang.. Saya sangat senang sekali melihat kembang api ini secara langsung.. Pesta kembang api kalau di Indonesia biasa nya dilakukan pada saat Tahun baru dan dimeriahkan ketika tepat pukul 12.00. Kalau di sini, event tahun baru tidak begitu dirayakan dengan pesta kembang api, namun biasa-biasa saya.. Hanya sebagian orang yang datang ke kuil untuk berdoa mulai jam 03.00

Pesta kembang api di sini dimulai jam 19.30 sampai jam 21.00.. Saya akan mulai bercerita tentang perjalanan kami.. Seperti biasa, karena acara nya dimulai pada malam hari, jadi saya mempersiapkan bekal makan malam dari rumah, papa nya meminta saya untuk membawa makanan yang praktis saja, lalu membawa cemilan dan minuman.. Seperti biasa saya mebuat onigiri yang diisi dengan tuna dan mayonese.. Peralatan lain yang saya siapkan adalah alas tempat duduk, cemilan, minuman, sendok, handuk kecil, kantong plastik, tisu basah dan tisu kering serta topi.. Tapi pada saat itu saya tidak membawa selimut kecil atau pun bantal.. Karena ketika sampai di sana, ternyata cuaca nya dingin, dan di sana tidak begitu banyak yang jual makanan.. Trus tempat nya juga di pinggir sungai, sebetulnya pemandangan nya bagus, tapi saya tak sempat memotretnya.. Maaf ya..

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 17.30 lalu berjalan kaki ke stasiun kofu yang menghabiskan waktu sekitar 20menit. Lalu kami menunggu kereta yang berangkat pukul 18.08 menuju Stasiun Yamanashi Shi.. Dari stasiun kofu ke stasiun yamanashi shi berjarak 4 stasiun dan kocek yang dikeluarkan sebesar 240yen per orang.. Akira dan Akari tidak membayar tiket, cukup saya dan papa nya saja yang memiliki tiket kereta.. Kami membeli tiket kereta ini sejak siang hari.. Tiket kereta bisa dibeli kapan saja, tapi hanya berlaku untuk hari yang sama..

Pas di dalam kereta, penumpang pada penuh, ternyata semua orang memiliki niat yang sama yaitu ke stasiun yamanashi shi untuk melihat hanabi taikai atau festival kembang api.. Banyak anak-anak muda yang menggunakan yukata dan jinbei, waduh cantik-cantik dan ganteng-ganteng sekali.. Dan kami pun pakai pakaian biasa saja.. Perjalanan tempuh sekitar 15menit.. Setelah turun dari stasiun yamanashi shi, antrian keluar stasiun sangat ramai.. Lalu papa Akira mengantri membeli tiket pulang dari yamanashi shi sampai stasiun kofu, agar pas pulang nanti, tidak mengantri lagi membeli tiket.. Kami bertiga menunggu diluar stasiun.. Papa akira sebetulnya tidak mengetahui persis tempat nya, jadi kami ngikut-ngikut orang yang jalan saja.. Kebanyakan pasangan anak muda yang jalan ke sana menggunakan jinbei dan yukata sambil berpegangan tangan, haduh romantis nya.. (Yukata dan jinbei ini, akan saya ceritakan di blog yang berjudul “Natsu Matsuri Sekolah Akira Akari). Ada juga anak-anak muda satu rombongan.. Selain itu juga, ada yang membawa keluarga seperti saya..

Ketika sampai di sana, jalan sudah penuh dengan orang-orang yang sudah menempati jalanan sepanjang sungai.. Wow, kami hanya kebagian tempat di ujung jalan..

Pusat kembang api nya berada di sebelah kiri. Di sebelah kiri dari gambar ini ada sungai yang mengalir, nah kembang api nya ada di seberang sungai ini.. Sepanjang jalan ini, orang menyiapkan alas buat duduk.. Ada yang bersama keluarga, ada yang seperti nya kumpul orang kantor.. Mereka kebanyakan membawa bekal makanan sendiri, sampai ada yang membawa meja lipat, alas makan, piring, kompor, lengkap dengan panci nya.. Wah keren sekali.. Dan semua peralatan itu dibawa menggunakan koper troli. Kalau saya perhatikan orang jepang itu kalau jalan-jalan suka membawa peralatan lengkap, termasuk kursi nya juga, kursi nya yaitu kursi lipat buat santai-santai.. Dan tidak ketinggalan juga yaitu kamera.. Dan jarang sekali saya melihat mereka menggunakan hape, baik buat foto maupun sekedar melihat media sosial apalagi ibu-ibu nya, semua fokus jaga anak-anaknya (jadi saya perlu belajar juga nih, jangan lihat hape terus selama bersama anak, jadi maaf kalau slow respon)..

Sebelum acara kembang api nya dimulai, kami menyiapkan tempat dan langsung menyantap bekal makan malam kami, daripada bengong dan gak ada aktivitas, jadi diisi dengan makan dan nyemil dulu.. Itadakimasu..

Kemudian, pas jam 19.10 saya, Akira dan Akira berjalan meyusuri jalan menuju ke arah tengah.. Saya sangat penasaran di tengah ada apa dan adakah yang jualan?? Sepanjang jalan yang saya lihat adalah orang-orang pada duduk lesehan sambil ngobrol dan menyantap bekal makan malam mereka.. Melihat nya seru sekali, semua membawa makan banyak, ada yang sampe membuat nabe, ada yang membawa takoyaki, mie yakisoba, yakitori, karaage, kue kasutera, es krim, onigiri dan cemilan lainnya.. Eh, pas jalan sampai ke tengah, ternyata hanya ketemu yang jual popcorn, trus lihat-lihat sekeliling ada antrian toilet panjang.. Kemudian saya dan anak-anak balik lagi ke tempat lesehan kami..
Lalu sekitar jam 19.30 pesta kembang api nya pun dimulai.. Ada banyak pertunjukan pesta kembang api.. Saya sangat terpesona sekali dengan semua kembang api nya.. Warna warni, tapi pas saya rekam di hape saya, warna warni nya tidak begitu terlihat, jadi maaf ya kalau video nya tidak begitu bagus..

Sebetulnya pertunjukannya selesai jam 21.00, tapi saya melihat anak saya, Akari sudah agak rewel, mungkin dia capek, lalu kami meninggalkan tempat itu sekitar pukul 20.35.. Kemudian berjalan menuju stasiun yamanashi shi dan menunggu kereta datang jam 21.08.. Pas jam 21.00 stasiun menjadi penuh kembali, semua orang menyelesaikan menonton kembang api.. Kereta datang dan kami langsung mencari tempat duduk, sebagian orang berdiri.. Akari tiba-tiba tertidur, dia tampak kecapaian.. Sampai di stasiun kofu, Akari dibangunkan papanya, lalu kami jalan menuju rumah.. Akari digendong oleh papanya.. Sampai rumah, anak-anak malah belum tidur, lanjut main deh dan makan..

Hari yang melelahkan..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan..