#201 Belajar Sukses dari Capaian Target Hari ini

Banyak aktivitas yang perlu kita lakukan dalam setiap hari nya.. Senin sampai jumat merupakan hari kerja, banyak hal yang mungkin dapat anda lakukan untuk mencapai target yang ingin anda capai pada saat itu.. Setiap orang memiliki target yang berbeda-beda.. Ingin nya target tersebut selesai dan sesuai dengan harapan dan sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan.. Namun, terkadang dibalik itu semua, ada hal lain yang mendadak perlu kita lakukan sehingga apa yang telah kita rencana menjadi berantakan alias tidak sesuai dengan rencana yang telah kita buat.. Sehingga target yang ingin kita capai pada saat itu khusus nya pada hari itu tidak sesuai dengan harapan, bisa jadi mundur sedikit bisa jadi gagal atau bisa jadi banting setir alias pindah haluan..

Misalnya hari ini, kita telah merencanakan dan menuliskan daftar kegiatan apa saja yang perlu kita selesaikan dan akan kita kerjakan hari ini.. Namun, kadang-kadang semua yang telah dituliskan tersebut tidak sesuai dengan hasil yang kita capai.. Hal ini, bisa jadi karena waktu yang kita sediakan tidak sesuai dengan waktu yang sesungguh nya.. Misalnya kita mengganggap bahwa melipat pakaian nya akan menghabiskan waktu 20 menit, eh ternyata menghabiskan waktu 30 menit.. Atau tiba-tiba sambil lihat hape, baca-baca status sebentar, eh malah keterusan yang bisa menghabiskan waktu 30menit hingga 1jam.. Selain itu ada hal lain yang berada di luar jangkauan atau diluar dugaan misalnya sakit perut, yang mengharuskan kita mendadak perlu ke belakang.. Dan masih banyak hal lain nya yang bisa menjadi penghambat target yang ingin dicapai.. 


Terkadang saya berpikir, bila hari ini saja saya tidak bisa mencapai target yang sudah saya tulis atau saya rencanakan hari ini, bagaimana dengan target besar atau impian saya di masa depan?? Apa mungkin juga bisa tercapai..?? 

Kadang tiap malam sebelum tidur, saya memiliki rencana, besok saya akan melakukan hal A, B, dan C.. Wuih, ternyata pas bangun tidur saja sudah terlambat, kadang tak terasa 1 aktivitas bisa menghabiskan waktu yang banyak sehingga aktivitas yang lain jadi tertunda (yang paling sering masak, tak terkira, waktu persiapan ternyata lebih panjang). Eh, saya jadi bengong sendiri kadang-kadang kenapa hal ini bisa terjadi dan diluar dugaan saya.. 

Hal lain misalnya pada saat mau menjemur pakaian, kadang kalansaya suka sambil berkirim pesan dengan teman sesama indonesia di jepang.. Nah, itu juga yang membuat waktu menjemur pakaian menjadi molor.. Belum lagi mainan anak-anak yang perlu diberesin tiap hari nya.. Dan mencuci piring setelah memasak juga bisa menyita waktu, tak disangka gitu ternyata memasak sebuah makanan, perlu piring yang banyak pada saat persiapan bahannya.. 


Banyak impian yang ingin saya capai, namun kadang-kadang setelah saya mengalami sedikit keinginan saya tersebut, saya baru merasakan kalau hal itu ternyata kurang pas atau tidak cocok bagi saya.. Sehingga ketika keinginan itu tercapai, saya merasa tidak menginginkan hal itu lagi, karena merasa kurang pas setelah benar-benar dialami.. Contoh nya yaitu pada saat saya punya keinginan untuk membuka catering makan bagi mahasiswa kampus yamanashi, saya mulai mencoba nya dengan membuat tester kepada sebagian mahasiswa nya.. Eh, besoknya saya sudah merasa capek sekali.. Hahahahaha, mungkin karena sudah tua kali ya, jadi gampang capek.. Akhirnya saya menyerah sendiri untuk tidak menawarkan buka catering bagi mahasiswa, cukup masak buat keluarga sendiri saja 3x sehari, dan itu pun sudah cukup melelahkan dengan aktivitas lain nya..

Ya begitulah, apabila saya gagal mencapai sukses hari ini, itu artinya saya belum bisa mencapai sukses besar saya di masa depan.. Tapi saya akan berusaha belajar dari hari ini untuk mencapai target dan mimpi saya.. Kalau hari ini gagal, cobalah agar esok tidak gagal lagi.. Tiap hari kita perlu belajar untuk mencapai target hari ini sebagai pelajaran untuk mencapai sukses dan mimpi besar di masa mendatang.. Karena hari ini adalah cermin dari esok hari.. 

Sebaik-baiknya managemen adalah pengaturan waktu yang tepat.. Gambar di atas adalah kata-kata favorit saya yang saya tuliskan dalam sebuah buku tulis saya, agar saya selalu ingat tentang apa yang ingin saya capai.. Itu adalah penyemangat saya.. Selain gambar dibawah ini..


Mudah-mudahan impian kita bisa terwujud dengan proses belajar mencapai target di setiap hari nya..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

26Juli 2016

Leave a Reply

