#199 Standar Mahal Murah Bagi Saya

Kali ini saya bicara tentang nilai sebuah barang dan standar mahal murah bagi saya.. Awal saya ingin menulis cerita ini hanya karena saya teringat tentang suatu komentar seseorang terhadap apa yang dia lihat dari aktivitas saya.. Karena saya melakukan hal yang berulang, trus saya teringat kembali dengan sebuah komentar tersebut, maka nya saya mulai berpikir untuk mengungkapkan alasan terhadap apa yang dikomentari orang tersebut.. Ide saya untuk menulis cerita itu kadang seperti inilah, karena saya melakukan hal yang berulang, jadi saya teringat kembali atas apa yang ditanggapi oleh seseorang pertama kali.. Baiklah, saya akan mengungkapakan sebuah cerita ini..

Bicara soal makanan yang ada di Jepang, dikatakan mahal atau murah, sebetulnya itu tergantung dari sudut pandang masing-masing orang.. Bisa dikatakan murah, bila kamu membandingkan dan melihat uang di dalam dompet mu banyak atau bisa jadi uang di dompet mu sedikit, namun tabungan atau atm mu menunjukkan digit angka yang panjang.. Hehehehe, jadi kamu tinggal gesek saja sehingga dompet mu bisa penuh lagi dengan uang.. Dan kamu pun bisa kembali memenuhi keinginanmu untuk membeli makanan yang kamu inginkan.. Tapi, kadang tidak begitu juga.. Ada juga orang yang banyak uang di dalam dompet nya namun, dia tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk sekedar membeli sesuatu yang dia inginkan, entah apa yang membuat keinginan nya tidak dia penuhi, pasti ada alasan tertentu dalam diri nya sehingga dia membatasi keinginan nya tersebut pada saat itu.. 

Lanjut lagi dengan mahal-murah suatu makanan.. Bagi saya, misal minuman.. Mahal murah yang saya nilai, saya lihat dari sudut pandang antar tempat membeli (dengan barang yang sama).. Misalnya, minuman yang saya beli di toko obat dekat rumah saya jauh lebih murah dibandingkan dengan saya harus beli di vending machine alias jidouhanbaiki dan di kombini.. Minuman ukuran 500ml, bila beli di toko obat harga nya tidak sampai 100yen alias hanya 98yen.. Kalau beli di vending machine, bisa berkisar 110-130yen.. Dan bila anda beli di kombini bisa mencapai 148yen.. Jauh ya beda nya dengan barang yang sama, merk yang sama, ukuran yang sama dan rasa yang sama.. 


Selain itu untuk sebuah es krim.. Jika saya tinggal di Indonesia, bagi saya es krim itu relatif mahal.. Misalnya harga es krim baskin robbins atau haagen dazs, harga di Jepang dan harga di Indonesia sama bila di kurs kan, maksud nya harga nya tetap bila saya konversikan harga yen ke dalam rupiah, ya paling beda-beda dikit, sedikit sekali.. Tapi saya membandingkan harga es krim ini dengan sebuah menu satu porsi makan untuk satu orang.. Itulah yang menjadi standar mahal murah saya.. Kalau harga makan siang/makan malam di Indonesia untuk sekali makan bisa menghabiskan minimal 10rb hingga 20rb.. Sedangkan harga es krim nya sendiri bernilai diatas dari harga menu makanan tersebut.. Tapi untuk di jepang, harga es krim ini masih sekitar 300-600yen.. Tapi menu makan siang satu porsi per satu orang bisa kisaran 380-800yen (ini yang biasa saya temui, tapi banyak juga harga satu porsi makan perorang kisaran 1100ke atas). Jadi saya suka membandingkan harga es krim dengan harga satu kali makan siang, sehingga bisa dikatakan harga es krim tersebut tidak begitu mahal.. 


Selain itu, harga untuk sebuah roti dan kue-kue.. Juga selalu saya banding dengan harga makanan pokok.. Harga sebuah menu makanan pokok menjadi standar bagi saya untuk menilai makanan lain.. Bila satu set menu makanan pokok itu diatas 450yen, bagi saya itu sudah terlalu mahal.. Jadi saya lebih memilih cukup makan onigiri sajalah yang harga nya kisaran 70yen (di toko obat) – 100s/d150 yen (di kombini atau di supermarket).. Tapi kalau makan sushi, saya bisa menghabiskan 6-7piring sendirian.. Hehehehe, kalau yang ini outlier.. 

Harga roti-roti dan kue di sini adalah 100-150 yen per potong.. Makan 1 atau 2 roti saja sebetulnya sudah cukup mengenyangkan, jadi roti dan kur pun di sini bagi saya tidak begitu mahal, karena tidak mengalahkan dengan harga satu porsi makan berat alias makan siang atau makan malam.. Berbeda dengan di Indonesia, harga satu roti di mall-mall hampir sebanding dengan harga satu porsi makan.. Jadi kadang-kadang saya harus mikir dua kali untuk membeli roti atau kue-kue manis di mall-mall yang ada di Indonesia, khususnya jakarta dan bogor..


Yang agak mahal adalah buah dan sayuran.. Entahlah, bagi saya buah dan sayuran di sini mahal-mahal.. Semua buah dijual potongan yang isi nya sedikit dan harga nya sama dengan harga satu kali menu makanan pokok.. Kadang miris bila ingin menikmati buah di sini.. Satu potong apel harga nya bisa 350yen.. Begitu pun dengan buah lain seperti anggur, strawberry, semangka potongan yang isinya hanya 8, pisang yang isi nya hanya 4buah. Semua nya dikasih harga standar sekitar 250-350yen.. Makanya saya berbahagia sekali ketika tetangga saya memberi hadiah berupa buah-buahan (pernah anggur, apel, alpukat, jeruk, momo serta pisang) dan sayur-sayuran (terong, timun, bawang bombay)


Bagi sebagian orang yang bekerja di Jepang.. Harga-harga seperti itu menjadi tidak masalah, karena bila bekerja di Jepang ini, penghasilan nya lumayan, bisa memenuhi kebutuhan makan saja untuk satu orang per jam nya.. Untuk orang luar negeri, kerja di Jepang di batasi, seminggu hanya 25jam.. Bagi saya semua menu makanan itu mahal, apalagi untuk makanan halal yang siap makan, duh.. Kalau lihat orang yang jualan, rasa nya ingin membeli tapi harga yang ditawarkan rata-rata diatas 1000yen.. Jadi kalau saya pergi ke mana-mana, saya selalu membawa bekal makanan yang saya masak sendiri.. Kalau masak sendiri untuk kami berempat satu kali makan, hanya menghabiskan sekitar 300-600yen.. Jauh lebih murah, dibanding harus membeli makanan di luar yang harga nya 380-800yen itu untuk 1 (satu) orang..

Untuk kebutuhan lain, misalnya pakaian, sepatu, peralatan masak, atau aksesoris perhiasan maupun mainan bila harga nya diatas 1000yen, saya tak akan membeli nya.. Karena bagi saya untuk membeli barang seperti itu, cukup besar kocek yang perlu dikeluarkan.. Sebisa mungkin mencari barang yang lebih murah dengan harga dibawah 1000yen.. (Kalau gak ada brarti belum rezeki nya atau memang belum terlalu dibutuhkan, Allah Maha Tahu..)

Untuk bahan makanan lain pun kadang begitu, saya juga selalu membandingkan harga bahan makan tersebut dengan harga bahan makanan yang biasa saya beli di Indonesia.. Misalnya sirup marjan, harga satu botol sirup marjan di sini adalah 800yen, padahal biasa nya kalao di Indonesia, saya mendapatkan nya secara gratis dari kantor saya.. Jarang sekali saya membeli sirup marjan.. Begitu pula dengan tepung ketan dan tepung beras yang harga nya 800yen per 500gram nya,  bagi saya kalau dibandingkan dengan di Indonesia, harga nya sangat jauh sekali.. Jadi saya membeli nya kalau hanya lagi benar-benar butuh atau ingin.. Berbeda dengan harga daging yang per kilo nya 1300yen.. Ya kalau gak dibeli, nanti makan nya bosen kalau itu-itu saja.. Jadi daging ini perlu dibeli sebagai selingan makanan.. Walau harga nya hampir 2x lipat dengan harga di Indonesia.. 

Jadi kesimpulan nya saya tidak merasa berat hati untuk mengeluarkan kocek bila anak saya ingin membeli es krim baskin robbins atau haagen dazs ini di jepang.. Toh harga nya masih dengan harga 1porsi makan.. Lagian, anak saya juga jajan es krim nya hanya sekali seminggu.. Tidak apalah jatah makan saya diambil anak saya, yang penting anak saya senang.. (“Ambil aja jatah gue” –> inget kata-kata ini waktu saya masih kerja di bagian basis data, bps)

Bahagia itu, ketika orang yang saya beri berbahagia atas pemberian saya tanpa melihat nilai dari sebuah pemberian.. Yang penting, pemberian itu berguna dan bermanfaat.. Mudah-mudahan kita selalu diberi kemampuan untuk selalu berbagi..

Dan saya pun selalu berbahagia atas semua yang orang berikan kepada kami, terima kasih kepada semua orang yang telah membantu kami selama ini.. 

Kofu Shi, Yamanahi Ken, Japan

Middle of night, 26Juli 2016

2 thoughts on “#199 Standar Mahal Murah Bagi Saya

  1. Aku setuju masalah perbandingan harga. Kayak Haagen Dasz, itu di Indonesia pun beli karena emang aku sukaaa … banget es krim. Yang aku beli di Indonesia 150 rebu, di sini cuma $3.5. Trus $3.5 ini kalo dibandingkan sama bahan makanan lain, ya harganya gak seberapa. Jadi yah, puas-puasin makan es krimnya selama masih ‘murah’ dan mudah didapat. 😀

    Like

    1. Iyah ta, apa-apa iti jadi dibandingkan dengan harga makan.. Jadi menurut saya es krim itu murah, gak papalah anak saya menikmati es krim yang mahal itu jika di Indonesia.. Mumpung di sini harga nya tidak jauh dengan harga makanan pokok..

      Like

Leave a Reply

