#198 Bertandang Masakan Malaysia

Tiba-tiba dapet message dari line, ada orang malaysia ngasih tau kalau ada acara halal bi halal di kampus papa Akira.. Ya saya termasuk dalam group cewek-cewek yamanashi.. Message itu datang 3hari sebelum acara berlangsung.. Trus saya menjawab “Terima kasih atas undangan nya”.. Trus saya mengingat undangan tersebut yaitu pada hari minggu tanggal 17Juli 2016 jam 10 pagi hingga pukul 16.00 di ruang cafetaria.. 

Trus saya langsung mikir, nanti saya akan bawa apa ya., soalny ada embel-embel silahkan kalau ada yang mau bawa potluck.. Hehehehehe.. Nah, pas kebetulan saya dikasih nasu alias terong banyak oleh pemilik rumah.. Awal nya mau saya buat balado, tapi berhubung bumbu dasar buat balado nya hanya sedikit, akhirnya saya banying setir bikin gulai terong.. Jadi kuah nya ada dan terong nya bisa dimasukkan banyak.. Mumpung ada santan kara juga.. 


Pada saat itu adalah hari minggu, setelah masak, saya lalu bersiap-siap untuk pergi jalan-jalan bersama Akira dan Akari ke Mall Laza Walk.. Niat awalnya sih, setelah mengantar tuh gulai terong, saya langsung pergi ke stasiun bareng anak-anak.. Dari rumah, saya berangkat jam 11.30 lalu segera menuju ke kampus papa nya.. Lalu, setelah tiba di cafetaria sana, orang-orang sudah pada ramai duduk di meja sambil menikmati semua hidangan nya.. Kebanyakan yang datang adalah orang malaysia dan yang menjamu serta menyiapakan makanan nya juga adalah orang malaysia.. Wah beruntung sekali saya punya teman orang malaysia.. Saya hanya sendirian orang Indonesia.. Selain itu juga ada beberapa teman jepang serta sensei orang jepang..


Sensei orang jepang ini juga membawa kue castella.. Kue castella nya enak banget.. Tapi di sini gak ada gambar nya ya, gak sempat difoto.. Tapi bikan hoax, serius enak banget, saya dan anak-anak keburu makan duluan, jadi gak sempet moto juga.. Nah kalau kue castella itu ada yang  tidak mengandung shortening dan gelatin, jadi aman..


Pas tiba di sana, saya rasa nya gak mau bergegas pergi berangkat.. Lihat makan yang super duper kaya dengan bumbu rempah, akhirnya menarik saya untuk mengulur waktu pergi jalan-jalan dengan anak-anak.. Secara semua makanan nya menarik perhatian saya untuk mencoba masakan malaysia.. Dan saya tanya kepada mereka siapa masak makanan ini, lalu mereka menjawab, semua pada masak bersama-sama.. Baik laki-laki maupun perempuan.. Wah, laki-laki dan perempuan semua masak hebat.. 


Waduh, kalau masakan diatas ini saya gak mencicipi nya.. Sayang sekali, terlihat sekali enak nya.. Namun, anak saya sudah merengek untuk mengajak pergi.. Anak-anak tidak tertarik untuk diajak makan.. Padahal makanan nya “sedap nya”.. Hahahaha, di sana juga sebetulnya ada kue ubi ungu.. Pas saya lihat, saya jadi teringat dengn lapis talas bogor.. Kemudian, saya langsung bergegas mencicipi sebagian makanan nya yaitu kue-kue yang menarik perhatian saya.. Uhm, semua nya enak-enak, dan mereka bikin sendiri.. Tapi saya sedih, saya tidak mencicip puding jagung, puding coklat, bubur ketan hitam, cheese cake, kue pie dan lainnya.. 

Nah kalau yang lainnya adalah makanan berat.. Yaitu ada sate ayam dan lontong.. Oishii so.. Namun saya tetep kebagian kok, saya ambil 3 tusuk sate ayam nya saja tidak menggunakan lontong nya.. Kalau pake lontong, pasti saya kenyang banget.. Dan pagi itu, saya sudah makan enak di rumah saya sendiri sampe kenyng juga.. Kwkwkwkwk.. 


Selain ada ragit atau roti jala juga.. Duh, ini kan sebetulnya makanan kesukaan saya.. Akhir nya saya ngebungkus aja, saya cuman bawa ragit nya saja 2buah, eh pas nyampe mall yang makan adalah Akari.. Kwkwkwkwk.. Bawa sate ayam 3tusuk, yang makan juga anak-anak.. Selain itu saya juga ngebungkus nasi ayam.. Hanya nasi nya saja.. Nasi nya enak gurih.. Eh, ini saya ngebungkus hnya beberapa sendok aja lho, gak banyak.. Nasi ayam itu seperti yang digambar ada magicom nya.. Selain nasi ayam, ada nasi daging juga.. Nasi daging nya tidak saya cicip sama sekali.. Soalnya masak saya mau bungkus semua, malu lah.. Nahan diri aja, mudah-mudahan atau kapan-kapan lagi bisa dapat undangan seperti ini lagi atttauuuuu bisa bertandang beneran ke negeri jiran nya.. Hahahahaha ngayal..


Eh, selain kue basah dan makanan berat, ternyata mereka bikin kue kering jug lho.. Kue kering nya yang saya cicip hanya kue semprit.. Itu juga mereka bikin sendiri.. Kwkwkwkwkwk.. Nih saya sampe di jalan jadi kenyang.. Padahal belum waktu makan siang.. Eh, sudah ding, sudah jam 12.00.. Biasanya dan sebenernya jadwal makan saya adalah jam 13.00..


Ini penampakan sate ayam, sate daging tanpa tusuk beserta lontong nya.. Tapi ini bukan piring saya, piring makan orang lain.. Itadakimasu..

Mari kita menyatap dan memilih makanan sesuai selera ataaaauuuuuu pilih sesuka hati sesuai antrian makan.. Ayo nyoba makan enak dari negeri jiran..

Terima kasih ya teman-teman atas semua masakan dan makanan nya, jadi membuat saya ingin pergi dan kulineran ke malaysia..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

Halal bi halal, kantin yamanashi daigaku, 17Juli 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s