#196 Telur Orak Arik Asam Manis

Masak paling mudah dan gampang adalah masak telur. Bagi yang cinta telur, telur itu dimasak apa saja juga sudah enak.. Dadar goreng, ceplok, omelette, dadar padang, martabak telur, dijadiin kue-kue yang mengandung banyak telur, pasti juga enak.. Tinggal pelengkap nya aja nih apaan.. Bisa cocol sambal, bisa sambal biasa, sambal terasi, sambal kecap, asam manis, saos tomat plus saos sambal dan mayonese.. Aaaah, semua nya enak.. Telur dadar padang, pelengkap kuah rendang dan sambal balado hijau plus nasi nya disiram kuah kari, udah jadi enak deh.. Kali ini saya mencoba memotret makanan nya menggunakan background hitam.. Tapi saya sendiri tidak bisa menilai nya.. Mohon masukan bika ada yang berkenan, terima kasih..


Kali ini saya masak telur orak arik dengan bumbu asam manis.. Jujur saja saya adalah pecinta paprika dan bawang bombay.. Dua makanan ini sangat pas dan cocok bila dimasak dengan saos tomat atau kecap manis.. Aroma paprika dan bawang bombay ini sangat mengindang selera makan saya.. Selain paprika itu warna nya cantik, rasa nya pun sangat enak.. Sering nya paprika dan bawang bombay itu campurannya adalah daging.. Karena saya belum beli daging, jadi saya orak arik aja telur lalu saya cemplungkan ke bumbu asam manis buatan saya ini..


Selain bahan dasar nya pun murah, cara membuat nya pun gampang.. Saya ini pakai cuman 1 telur, buat 2 orang ya ini porsi nya.. Oh iyah, saya hanya pakai 1/3 paprika.. Sisa paprika bisa disimpan dikulkas, jangan lupa ditutup pake plastik wrap dulu biar kedap udara, lalu simpan di tupperware tertutup, lalu taruh di kulkas.. Bawang bombay pun juga begitu.. Ini saya pakai 1/2 siung bawang bombay besar, sisa bawang bombay yang sudah dikupas kulit nya bisa disimpan di kulkas.. Cara nya yaitu bawang bombay yang sudah dipotong alias sisa setengah nya dan sudah dikupas kulit nya ditutup dengan plastik wrap, lalu taruh di tupperware fridgesmart kemudian simpan di kulkas..


Yuk kita eksekusi masakan ini, masakan ini hanya sekedar ide buat orang perantauan seperti saya, yang tinggal sendirian dan mau nya masak yang gampang saja.. 

Bahan :

  1. 1butir telur, beri garam dan merica lalu goreng dengan sedikit minyak, orak arik.. Lalu sisihkan.. Mau masak 2 telur juga boleh..
  2. 1/2siung bawang bombay besar, potong memanjang
  3. 1/3 buah paprika merah, potong kotak
  4. 1/4 wortel, potong-potong sesuai selera
  5. 1siung bawang putih, geprek lalu cacah
  6. 1/2sdt garam
  7. 1/2sdt merica
  8. 1sdm gula
  9. 2sdm saos tomat
  10. 60ml air
  11. 5sdm Minyak untuk menumis 

Cara membuat :

  1. Tumis bawang bombay hingga agak layu, disusul dengan bawang putih..
  2. Masukkan paprika dan wortel masak hingga wortel terlihat agak matang.
  3. Tambahkan air, saos tomat, garam, gula dan lada.. Aduk rata..
  4. Lalu matikan api, masukkan telur orak arik, aduk rata..
  5. Angkat dan sajikan..

Itadakimasu, Selamat Makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

Hasil eksekusi 20Juli 2016

Leave a Reply

