#191 Gulai Kacang Panjang

Sudah punya barang langka, masak gak saya upload.. Kwkwkwkwkwk.. Kacang panjang sangat langka sekali di Jepang.. Jadi pas habis jalan-jalan di shizouka dan mampir ke rest area, ketemulah dengan si kacang panjang.. Alhasil, kacang panjang dibeli dan dibawa pulang.. Eh, eh sempet disimpen lama di lemari, soalnya saya pengen nya dimasak pake santan kayak lontong atau kayak masakan padang gitu.. Tapi pas besok dan besok dan besok nya saya tak sempat membeli santan di supermarket soalnya si Akira tidak mau diajak ke supermarket, mau nya pulang dan main di rumah.. Besok nya pas anak-anak sekolah, saya dan papa ke toko thailand, di sana ada santan tapi santan thailand, kata papa Akira, lebih enak santan kara.. Setelah itu pergilah ke ogino yang besar, ternyata di sana tidak ada santan kara.. Padahal di ogino yang lain ada.. 😭😭😭 akhirnya terpendimg lagi masak kacang panjang nya.. Lalu cari-cari resep dibikinlah gule kacang panjang.. Saya tambahkan udang dan telur puyuh.. Makannya cuman buat berdua aja sama suami, kalau anak-anak mana bisa makan pedes.. 


Beli kacang panjang nya harga nya 130yen, isi nya 8batang kacang panjang.. Lumayanlah.. Kalau di supermarket di kofu alias di ogino tidak ada kacang panjang, yang ada hanya buncis.. Dan buncis nya pun lumayan mahal.. Isi 8 batang harga nya sudah sekitar 189yen, belum lagi pajak nya 8%.. Kwkwkwkwkwk. Buncis nya juga gede-gede alias gendut-gendut.. Di foto ini, saya hanya menyajikan sebagian saja ya, tidak saya foto semua nya.. Cuman sampel gitu, hahahahaha.. Kalau penuh-penuh dituang semua nya ke mangkok, nanti gak dapet gambar bagus nya.. (Saya pd banget bilang gambar nya bagus, gak papa ya buat motivasi diri sendiri, agar kedepan selalu lebih cantik foto nya)


Kalau resep kacang panjang ini saya lihat nya di cookpad, yang nulis bilang nya enak banget.. Ya saya jadi tertarik juga.. Tapi saya lupa itu pemilik cookpad masakan ini.. Kwkwkwkwk.. Beliau tulis judul nya kacang panjang masak santan.. Terima kasih ya mbak sudah berbagi resep, semoga ilmu resep nya menjadi jariyah.. Sebetulnya ini pake nya udang nya sedikit, jadi ya saya tambahkan telur puyuh biar lauknya agak banyakan.. Hihihihi.. Ini udang nya saya kupas kulit nya, soalnya saya agar risih kalau mau makan harus membuang atau membuka kulitnya dulu.. Nanti air nya mengalir ditangan sampai ke siku.. Trus nanti jadi gatel deh dan repot, makan sambil garuk-garuk.. Eh, jadi banyak cerita nih.. Yuk marilah kita buat resep nya.. 

Baiklah ini saya tuliskan resep nya:


Bahan : 

  1. 8batang kacang panjang
  2. 7 ekor udang atau 87gram udang.. Suka-suka juga boleh ya.. Buang kulit dan bersihkan punggungnya..
  3. 100ml santan kara, yang coconut cream (sachet), bukan coconut milk (kaleng).. Karena saya merasa tingkat kekentalan antara kedua santan ini berbeda.. Saya merasa yang cream lebih kental dibandingkan yang milk..
  4. 300ml air
  5. 1batang Serei
  6. 3lembar daun salam
  7. 1ruas jempol lengkoas, geprek..
  8. 1/2 sdt Kunyit halus 
  9. 1sdt Gula
  10. 1/2 sdt garam
  11. 1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus :

  1. 10 buah cabe merah
  2. 7 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 sdm ebi kering
  5. 10ml air 

Cara membuat :

  1. Haluskan bumbu halus kalau bisa ya halus.. Kalau saya tidak begitu halus, karena alat seadanya.. Walau sudah saya handblender, kemudian diuleg, tetep aja gak halus, karena ulekan nya berbeda..
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, lengkuas beserta serei.
  3. Masukkan udang, aduk hingga udang berbalur bumbu halus.. 
  4. Kemudian tuang air dan santan, aduk rata.. Masukkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk, koreksi rasa.. Masak hingga bumbu meresap, atau sesuai tingkat kekentalan yang diinginkan..
  5. Selamat mencoba

    Itadakimasu, selamat makan.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..


    Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

    Hasil eksekusi Kamis, 14 Juli 2016

    Leave a Reply

    