#188 Terong Bumbu Acar Kuning

Belum belanja-belanja karena papa Akira belum sempet mengantar belanja.. Dan pas hari minggu si Akira sendiri tidak mau mampir ke supermarket.. Jadilah lirik-lirik sisa makanan dan sayuran yang ada.. Ada kornet sapi, ya dimasak spaghetti bolognaise, dimasak nasi goreng, trus mau dimasak apa lagi nih kornet.. Karena kornet nya ukuran nya besar, jadi masak beberapa kali.. Kalo kebanyakan juga kornet yang dicemplungi ke spaghetti atau ke nasi goreng, bakal eneg juga.. 

Begitu pula dengan terong.. Nih dikasih tetangga dulu banyak amat.. Pertama dikasih 5, sudah saya bagi ke orang, eh, tetangga ngasih lagi 7.. Yah sudah, langsung mutet otak mau dimasak apa.. Dan saya gak bisa menyia-nyiakan makanan, mau nya dan kalau bisa tidak ada yang mubazir.. Ada apapun di dapur, yuk dikombinasikan dan dikreasikan.. Kwkwkwkwk..


Jadilah ini si terong bumbu acar kuning.. Sebenernya bumbu dasar sudah habis, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun salam, semua itu sudah habis.. Lirik kulkas, masih ada bumbu inti kokita B, ya sudah dipakai saja, sapa tau bisa masak enak.. Sayur nya masih ada timun, dan timun pun hasil dikasih tetangga juga.. Wortel yang dibeli masih banyak.. Aaaaiiiih, mari kita kreasikan jadi terong bumbu acar kuning.. Sebenernya nih ya, dan niat nya nih ya, serta mau nya nih ya, bumbu acar kuning ini bukan dengan terong, tapi dan melainkan dengan ikan mujair.. Berhubung ikan mujair nya belum dibeli-beli alias gak ada yang anter ke toko itu (saya sendiri malas pergi ke sana karena panas, walau sudah tau harus naik bis apa dan jam berapa.. kwkwkwkwk), maka disulaplah si terong menjadi pengganti mujair.. Simsalabim abrakatabra..


Bahan :

  1. 2buah terong
  2. 2sdm bumbu inti kokita B
  3. 1/2 timun
  4. 1/2 wortel
  5. 50ml air
  6. Gula dan garam secukupnya.

Cara membuat :

  1. Belah 2 terong, lalu goreng hingga matang
  2. Potong timun memanjang sekitar 2ruas jari
  3. Potong wortel memanjang sekitar 2ruas jari
  4. Tumis bumbu inti kokita B, lalu masukkan timun dan wortel, aduk rata
  5. Tambahkan air, lalu masukkan garam dan gula, cicipin rasa nya..
  6. Masukkan terong, aduk rata.. Masak hingga terong lembut..

Selamat mencoba.. Bila ingin menambahkan jeruk nipis, atau bawang merah yang dipotong besar atau kasar juga boleh atau mau menambahkan cabe utuh juga boleh, agar terlihat cantik dan agak pedas.. Kalau difoto saya tidak saya pakai karena stok nya lagi tidak ada, hihihihi..

Itadakimasu, selamat makan


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan 

Hasil eksekusi 13Juli 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s