#185 Musim dan Bulan yang Favorit Saya Selama di Jepang

Hampir setahun saya tinggal di Kofu, Yamanashi.. Dan saya sudah merasakan semua perubahan suhu dan musim yang ada di Jepang.. Yang nama nya dingin, dingin banget dan panas, panas banget.. Yang nama nya siang panjang dan dan siang nya sedikit.. Alhamdulillah.. 


Di Jepang ada 4 musim.. Yaitu musim panas (natsu), musim gugur (aki), musim dingin (fuyu) dan musim semi (haru).. Musim panas itu berada di sekitar bulan juni, juli dan agustus.. Suhu rata-rata musim panas ini adalah kisaran 24-38 derajat …. Musim gugur sekitar bulan september, oktober dan nopember suhu rata-rata nya yaitu kisaran 15-24, dari panas hingga turun ke dingin.. Bulan nopember itu biasa nya sudah mulai dingin-dingin.. Musim dingin berada di bulan desember, januari dan februari.. Suhu rata-rata bisa -7 hingga 15 derajat.. Pada musim  semi berada pada bulan maret, april dan mei.. Ini adalah musim yang paling saya sukai, suhu nya sekitar 10-20 derajat.. Suhu udara rata-rata berbeda sesuai dengan tempat, tetapi pola perubahan suhu udara nya dimana pun hampir sama.. Bukan yang paling panas adalah bulan agustus dan bulan yang paling dingin adalah bulan Januari akhir.. Pada tahun 2016, salju turun pada bulan Januari.. Karena suhu udara berubah tiap bulan, maka ketika musim panas, akan terasa panas sekali, musim gugur terasa sejuk, musim dingin terasa dingin sekali dan musim semi terasa hangat.. 


Diantara 4 musim ini, musim semi adalah musim yang saya sukai, karena di musim ini, suhu udara nya agak sedikit hangat karena peralihan dari musim dingin.. Tapi pada musim ini, suhu tidak menentu, kadang panas, panas sekali dan dingin, dingin sekali.. Perbedaaan suhu tiap hari nya signifikan sekali, bisa berubah drastis antar hari.. Jadi tubuh sulit untuk menyesuaikan, maka nya dulu pas bulan april dan mei saya dan anak saya sempat jatuh sakit..


Di musim semi ini bunga-bunga banyak berkembang, dan cepat berganti dan berlalu.. Mulai dari muncul nya bunga sakura, bunga tulip, lalu diikuti bunga mawar, kemudian bunga-bunga lain.. Nah pas masuk bulan enam alias bulan juni, pohon-pohon dah pada hijau lagi.. Bunga-bunga nan bagus itu berkembang dan bertahan hanya 2 minggu.. Kemudian semua segera berlalu, sekarang pohonya bersisa dedaun hijau saja..


Ini adalah gambar bunga yang saya ambil dari kampus papa nya.. Sebenernya bunga nya berganti-ganti warna dan hanya bertahan hanya sampai 1-3minggu.. Ada bumga fuji juga, tapi saya gak sempat memfoto nya.. Wah di sini memang bunga nya cantik-cantik sekali..

Dan bulan favorit saya adalah bulan Juni.. Hore, panasnya cuaca tidak begitu panas dan tidak begitu dingin juga.. Biasa-biasa aja, adem ayem.. Tubuh bisa bertahan dan beradaptasi.. Ini adalah keadaan normal yang senormal-normal nya.. Seneng banget karena bisa ke mana-mana, bisa masak santai dan tidak kedinginan atau kepanasan.. Rasa nya bebas gitu mau melakukan apa saja tanpa hambatan dan kegerahan.. Alhamdulillah.. Suhu nya sekitar 26-28 derajat celcius.. 


Tak terasa saya menjalankan bulan mei, juni, dan kini sudah bulan juli kayak nya begitu cepat berlalu.. Begitulah nikmat yang paling menyenangkan itu selalu cepat berlalu.. Berbeda sekali ketika saya merasa musim dingin, serasa lama sekali, dari mulai bukan nopember hingga februari terasa sekali lama nya.. Dan saya ingat, saya selalu bertanya kepada papa kapan musim dingin berlalu.. Xixixixixi, karena rasa nya lama sekali, dingin menyentuh tubuh..

Bulan yang paling enak buat kabur dari negeri Jepang ini adalah bulan 7 atau bulan 8.. Karena bulan ini, natsu yasumi alias liburan misim panas.. panas nya jepang, bisa panas banget.. Diawal juli ini saja sudah sangat panas sekali.. Kadang saya malas mau menjemput anak saya di siang hari, habis bikin ketek lumayan berkuah.. Kwkwkwkwkw.. Selalu haus dan badan juga bisa sakit.. Ini anak-anak saya tiba-tiba mudah terserang panas atau demam, lalu segera sembuh.. Panas siang hari bikin kepala pusing dan badan jadi gerah.. Saat ini anak saya kalau di siang hari hanya saya pakaikan pakaian kaos dalam doang.. Berbeda dengan musim dingin yang pakai berlapis.. Tapi saya lebihbbisa beradaptasi dengan musim panas dibanding musim dingin.. Dan kalau anak saya malah kebalikannya, mereka lebih bisa menyesuaikan musim dingin dibandingkan musim panas.. Bagi saya sudah kedinginan, bagi mereka tidak dingin.. Bagi saya tidak begitu panas, bagi anak saya, sudah sangat panas sekali hingga keringat merek mengucur..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s