#184 Berkebun di Jepang #1

Saat ini di musim panas, mulai tanaman tumbuh semua.. Termasuk kebun saya kali ini.. Alhamdulillah saya bisa menikmati hasil nya, hasil tanaman saya.. Terima kasih ya Allah, akhir nya saya selalu bisa menikmati hasil alam mu langsung setiap 2 minggu sekali.. Ada selada, tomat, cabe, kangkung, seledri, serei, dan akan sudah tumbuh juga tanaman kacang panjang..


Setelah kemaren nanem-nanem, kali ini manen-manen.. Kwkwkwkwk, kata-kata nya dibalik aja.. Alhamdulillah sudah bisa dan terus dapat dinikmati nikmat Allah ini yang langsung dari alam ini..

Kangkung, akhir nya kangkung saya tumbuh lebat.. Bisa makan kangkung lagi nih.. Kemaren sudah beli banyak, sekarang yang ditanam sudah bisa dinikmati.. Alhamdulillah, rezeki nya, tanah nya subur, tanaman nya lebat.. Ini kangkung darat, perlu banyak air untuk menyiram nya.. Saya siram pagi dan sore..


Selada saya selalu panen, dan selalu tumbuh bila sudah saya ambil.. Bisa 2 minggu sekali tumbuh memetik hasil nya.. Ini juga nyiram nya perlu banyak air, biar daun nya tidak jelek dan kering.. Saya siram 2x dalam sehari yaitu pagi dan sore..


Nah, Ini yang bisa dimakan.. Seger, langsung metik dari alam..


Seledri.. Alhamdulillah, daun seledri nya sekarang semakin membaik, setelah awal nya kemarin agak kurang bagus karena banyak hewan yang hinggap.. Sekarang, sudah bisa dipakai dengan sebaik-baiknya.. Ini juga perlu disiram 2x dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.. Kapan pun saya perlu, bisa saya petik kapan saja..


Ini saya tinggal tunggu, kapan pun saya mau pakai.. Enak nya masak apa ya?? Masih bingung.. Cabe hijau gede-gede..


Akhir nya 2x nanem serei, yang pertama mati, kali ini nyoba nanem lagi.. Akhir nya bisa dan saya sudah mengerti, kalau nanem serei, air nya jangan terlalu banyak, kalau terlalu banyak nyiram nya nanti serei nya tidak tumbuh karena busuk..


Dan ini adalah tanaman kacang panjang.. Tapi kacang panjang nya belum tumbuh, baru batang nya aja.. Gak papa, yang penting dia mau tumbuh dulu.. Dan saya nyiram nya juga 2x dalam sehari..


Dan ini adalah tanaman tomat saya, daun nya banyak sekali.. Entahlah lebat sekali, hampir setiap minggu saya rapikan daun nya, dan daun nya selalu tumbuh dengan yang baru.. Saya cuman khawatir dia bengkok sana-sini makan nya selalu saya rapikan.. Semoga selalu gagal dan tumbuh tomat-tomat yang lain.. Dan saya sudah 4x menikmati hasil tomat nya.. Terima kasih ya Allah atas hasil alam mu..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan, Juli 2016..

Leave a Reply

