#183 Lampu Lalu Lintas di Perempatan Jalan

Kali ini saya mau bercerita tentang lampu merah di perempatan jalan yang lumayan besar.. Kalau di Kofu, Yamanashi (saya tidak berbicara di kota lain ya.. Soalnya saya hanya melihat dan mengalami yang di kofu, gak tau kalau di tempat lain..) jalan nya tidak begitu besar, paling besar satu arah itu muat buat 2 mobil, dan 1 jalur untuk yang belok ke kanan..

Di perempatan jalan ada lampu merah.. Lampu merah di Jepang itu ada bunyi nya dan ada tanda lampu merah juga untuk pejalan kaki.. Serta di jalanan nya pun ada zebra cross untuk penyebrang jalan bagi pejalan kaki serta ada juga tanda penyebrangan jalan bagi pengguna sepeda.. Jadi lampu merah nya ada 2, yaitu satu lampu merah biasa yang berwarna merah-kuning-hijau untuk pengendara mobil, dan yang satu lagi lampu merah gambar orang.. Untuk penyebrang jalan, nanti lampu merah gambar orang nya berwarna merah dan digambarkan dengan orang diam yang berarti belum boleh menyebrang jalan.. Kalau sudah boleh menyeberang jalan, nanti lampu merah orang nya akan berganti berwarna hijau dengan gambar orang sedang melangkah.. Dan disamping kiri kanan gambar orang hijau ini ada garis penunjuk waktu sampai kapan boleh menyebrang, waktu nya dihitung mundur.. Waktu nya bukan ditunjukkkan dengan angka ya, tapi dengan garis..

Di jalanan ini, urutan penyebrangan jalan nya adalah sepeda, pejalan kaki, lalu batas mobil berhenti.. Batas mobil berhenti ini lumayan jauh dari tengah perempatan jalan.. Biar pejalan kaki dan penyebrang jalan aman dalam menyebrang..

Saya pernah menonton televisi, bunyi lampu lalu lintas untuk penyebrang jalan ini dibuat berbeda antara timur barat dan utara selatan.. Hal ini ternyata dapat digunakan oleh pengguna penyebrang jalan yang tuna netra atau buta.. Jika mereka ingin menyeberang jalan, mereka bisa mengetahui lampu lalu lintas mana yang suara nya menyala.. Apakah selatan utara atau barat timur, yang sudah diperbolehkan untuk menyebrang.

Nah bunyi lampu lalu lintas yang berbeda ini bisa dilihat melalui video ini.. Tapi di video ini tidak ada orang buta nya ya.. Cuman saya hanya memperlihatkan bunyi berbeda saja..


Mudah-mudahan ke depan nya nanti, lampu lalu lintas di Indonesia juga dibuat sedemikian rupa, sehingga penyebrang jalan pun nyaman menyebrang ditempat nya alias di zebra cross sehingga tidak ada lagi motor-motor yang malah sudah berdiri di atas hak nya penyeberang jalan alias zebra cross, seolah-olah ingin cepat dalam berlomba menuju garis final.. ​​​

​​

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s