#180 Tortila Kebab Turki

Gara-gara lihat postingan nya mayang sari di fesbuk nya, jadilah deh saya ikut-ikutan bikin kebab turki.. Apalah saya ini, apa-apa serba mau ikut-ikutan.. Tapi ini saya gak beli jadi kulit nya.. Kulit tortila nya saya bikin sendiri.. Saya bikin nya sedikit saja, biasa selalu mencari dan membuat makanan yang simple dengan bahan yang sedikit, soalnya yang makan juga sedikit.. Untuk semua bahan nya lagi ada stok di rumah, jadi ya perlu kita eksekusi.. Daripada bahan makanan nya nanti busuk kalau gak diapa-apain, mendingan kita manfaatkan saja..

Bahan kulit nya diambil dari blog nya ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.jp.. Yang sumbernya beliau ambil dari http: //kitabmasakan.com/2011/08/resep-kebab-turki

Saya pake nya yang simple-simple saja, saya cuman pake 2/5 bagian dari resep asli nya.. Alhasil saya bikin 4kulit tortila..


Nah tinggal pelengkap nya aja nih, di dapur saya masih ada selada putih, selada hijau (lupa saya masukkan), kornet ayam, timun, tomat, mayonese dan saos tomat.. Bisa ditambahkan saos cabe bila ingin berasa pedas..

Ayo kita eksekusi bahan dan cara membuat nya:

Bahan kulit :

  1. 140gram tepung terigu protein rendah
  2. 1/2sdt garam
  3. 60ml air hangat
  4. 40ml minyak goreng

    Cara membuat nya :

    1. Campur tepung terigu dengan garam, aduk rata.. Lalu masukkan air hangat sedikit demi sedikit, kemudian masukkan minyak, ulenanin hingga kalis.
    2. Diamkan adonan selama 1jam.. 
    3. Setelah itu bagi adonan menjadi 4bagian..
    4. Masing-masing bagian digilas tipis 
    5. kemudian siapkan frying pan, dalam keadaan panas tanpa minyak.. Frying pan nya harus bener-bener panas agar kulit tortila nya tetap lembut dan tidak keras serta tidak mudah pecah..
    6. Taruh adonan yang sudah digilas diatas frying pan 
    7. Nanti adonan akan terlihat menggelembung dan matang, balik adonan nya.. Masak sisi berikut nya.. Angkat..
    8. Lanjutkan dengan bagian berikut nya..
    9. Jika semua sudah selesai tinggal menata isi kebab dengan pelengkap nya

    Pelengkap :

    1. Kornet ayam saya panggang terlebih dahulu diatas frying pan 
    2. selada
    3. Timun iris tipis
    4. Tomat iris tipis
    5. Saos tomat
    6. Saos sambal
    7. Mayonese


    Bila sudah, langsung digulung.. Lakukan segera untuk kulit yang lain, lalu bungkus dengan tisue dapur atau plastik pada masing-masing kebab, agar gulungan nya tidak terbongkar dan kulit tidak keras dan pecah..

      Itadakimasu, selamat makan..


      Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

      Hasil eksekusi 8Juli 2016 

      Leave a Reply

      