#179 Masakan Lebaran Idul Fitri 2016 Kofu

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.. La ilaha illahu Allahu Akbar, Allahu Akbar walillah ilham..” Biasa nya kata-kata ini yang membuat saya merinding dan membuat s aya menangis ketika mendengar nya.. Entahlah, serasa gemetar seliruh hati dan pikiran ini, sedih meninggalkan ramadhan, merinding mendengar nama Allah yang Maha Besar ini.. Memohon ampunan kepada Allah, berharap hati kembali suci dan bersih.. Berharap banyak mendapatkan pahal ketika ramadhan datang, rmadhan yang singkat, si saat itu kita dapat mengunpulkan amalan yang sebanyak-banyak nya.. Sedih, bukan karena sendiri, sedih karena kita ini sangat kecil di mata Allah SWT dan banyak dosa-dosa yang telah kita lakukan selama ini.. Namun semua ukuran pahala baik buruk seseorang, beberapa banyak pahala yang Allah berikan kepada kita, hanya Allahlah yang tau.. Kita tidak bisa menilai diri kita sendiri dan orang lain.. Bersyukur bisa berbuat kebaikan.. Tapi kebaikan tak perlu diumbar, tak perlu orang lain tahu akan kebaikan kita.. Ya Allah, saya mohon ampunan pada mu.. 


Ini adalah lebaran pertama ku di Jepang dan mungkin menjadi lebaran terakhir juga dan akan dan hanya sekali ini saja berlebaran di sini.. Lebaran di sini jatuh pada tanggal 6 Juli 2016 hari rabu.. Karena hari rabu adalah hari kerja, jadi di sini masih tampak seperti biasa saja, yaitu kerja dan pergi ke sekolah seperti biasa.. Anak saya masih ke sekolah seperti biasa jam 09.00 dan papa juga pergi ke kampus seperti biasa.. Di sini saya tak mendengar gema takbir sama sekali karena, pertama saya hanya di rumah, sedang tidak sholat, yang kedua, musholla nya cukup jauh dan masjid pun gak ada.. Jadi tak ada Takbir dan bedug yang menggema.. Papa sholat ied sendiri di rumah.. Dan saya seperti biasa menyiapakan makan dan peralatan sekolah buat anak-anak.. Lebarn di sini menjadi kurang spesial bagi saya.. Salam-salaman ketemu orang pun tidak.. Hahahahaha.. Mahasiswa Universitas Yamanashi Muslim awal nya mau sholat di rumah saya.. Tapi tidak jadi, mungkin karena di apato tempat teman yang lain, rumah nya sudah cukup memenuhi untuk dijadikan tempat sholat.. Mereka mulai sholat ied jam 08.00.. Alasan sholat di tempat saya atau di apato mahasiswa ini yaitu pada pukul 09.00 sudah di mulai kuliah seperti biasa.. Jadi mencari tempat terdekat dengan kampus, agar selesai sholat langsung ke kampus.. Sholat di mushollah deket stasiun kofu juga ada.. Waktu sholat nya ada 2 gelombang, yaitu jam 08.00 dan jam 09.30.. 


Jadi saya tak punya pengalaman bagaimana idul fitri di sini.. Ya bagi saya hanya begini-begini saja.. Berbeda kalau kita tinggal di Tokyo.. Info yang saya dapatkan yaitu sholat ied bersama di KBRI, lalu dilanjutkan dengan halal bi halal.. Tapi kami tidak bisa menuju ke sana.. Hihihihi, sekali lagi karena anak-anak sekolah dan papa nya juga berangkat ke kampis jam 09.00, alasan lain yaitu karena perekonomian juga.. Sejujur nya sih, saya pengen juga salaman-salaman sama orang lain, bener-bener menikmati lebaran kayak orang lain, makan bareng juga.. Tapi apa boleh buat, ada nya cuman begini saja.. Hidup seadanya sajalah.. Kan saya pernah bilang “hidup itu gak selalu lurus, pasti bergelombang, atau bengkok, dan tak mungkin senang terus”..


Lebaran kali ini saya juga masak simple seperti masak sehari-hari biasa.. Tadi nya kalau jadi sholat di rumah saya, mungkin saya akan masak lebih banyak.. Eh, pas lihat stok bumbu dan stok bahan di kulkas dan lemari ternyata semua terbatas.. Dan kalau jadi tadi, saya mungkin akan masak seadaanya.. Ini pun stok bahan makanan hanya cukup untuk keluarga saja.. Saya cuman punya sedikit telur asin, sedikit ayam dan bumbu dasar pun semua pas-pasan.. Masak dengan bumbu seadanya atau takarannya kurangnya pasti rasa nya juga kurang enak.. Alhamdulillah semua menu ini jadi cukup buat kami. Maaflah ya tetangga dan teman kerabat dekat yang posis nya juga dekat, bila saya upload makanan hanya secukupnya..

Di menu lebaran saya kali ini, saya menyediakan makana dengan varian rasa.. Ada asin, manis dan gurih serta pedas.. 

Asinnya cuman saya ambil dari telur bebek asin.. Biasa nya tuh ya kalau lebaran, telur nya telur pindang yang dicemplungkan ke opor ayam.. Hihihihi, tapi gak papalah pake telur asin aja.. Telur pindang biasa nya saya makan di rumah mertua saya.. Masakan mertua memang enak-enak.. 

Trus karena saya masih punya terong balado, dan saya tidak masak sambal lain, jadi temen makan yang rasa nya pedes adalah terong balado ini.. 


Selain itu juga saya masak opor ayam.. Opor ayam ini bagi saya gurih sekali, rasa nya enak dan tidak pedas.. Entah, masakan Indonesia itu memang sedap sekali.. Bagi saya temen nya opor ini adalah lonyong atau ketupat.. Tapi berhubung di siki tidak ada bungkus ketupat, jadilah saya bikin lontong saja.. Sebetulnya mau masak opor ayam banyak, eh pas lihat stok bumbu dasar nya sudah tinggl sedikit, lirik ayam di freezer juga tinggal sedikit… Ya apaboleh buatlah.. Bikin nya secukup nya buat keluarga saja..


Selain itu juga, biasanya lebaran disediakan makanan manis atau kue-kue manis.. Kali ini kue manis yang saya buat adalah engkak ketan.. Engkak ketan ini adalah engkak ketan pertama yang saya buat.. Pembuatan pertama langsung berhasil dan enak, dan buat nya pun sedikit alias secukup nya buat saya.. Alhamdulillah.. Semua serba cukup.. Engkak ketan ini adalah kue manis dari Palembang, biasa nya disajikan kepada tamu saat kita bersilaturahmi ke rumah orang.. Harga nya juga lumayan mahal.. Dan sekarang betapa senang nya saya bisa bikin sendiri..


Walau warna tiap lapisan nya kurang kecoklatan (nama nya juga baru pertama dan baru belajar), tapi rasa nya benar-benar enak.. Tidak begitu manis legit.. 

Alhamdulillah bisa masak seperti ini dan bisa menikmati hidangan yang simple seperti ini.. 

Itadakimasu, selamat makan..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 


Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437.. Taqabbalallahu Minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.. Minal aidzin wal faidzin.. Mohon maaf lahir dan bathin..

Nanti makan siang, mau diajak papa makan keluar berdua saja.. Entah mau diajak makan apa dan dimana.. Secret and suprise from papa!! Sssttt.. 😀

Leave a Reply

