#176 Terong Balado

Dulu pernah niat beli terong, karena kangen banget makan terong balado seperti yang ada di kantin kantor saya.. Pas pada saat itu ke toko khusus sayur, lihat terong murah, jadi dibeli.. Trus, pas sudah beli, ku tanya papa, “suka terong tidak??” Ternyata jawaban nya “tidak”.. Jadilah tuh terong dimasak dan dimakan buat sendiri.. Beli pertama isi 3, trus 2 nya digoreng biasa saja dan langsung dimakan.. Sisa satu, dicoba masak balado.. Alhasil enak-enak-enak.. 
Kali ini, berhubung yang makan aku doang, jadi kalo ke supermarket, si terong dilihat aja.. Mau beli agak mahal, dan yang makan nanti aku doang, jadi ya gak usah dibeli.. Sekali lagi dilihat aja sambil dibayangi, makan terong balado.. Kwkwkwkwkwk..

Nah, pas pertengahan ramadhan, tetangga alias pemilik rumah ngasih terong 5 buah.. Bagi saya sih itu dah banyak.. Saya makan satu buah aja rasanya dah cukup, apalagi 5buah.. Trus akhir nya 2buah saya kasih temen.. Eh, si temen ini balik ngasih saya masakan jadi, terong buatan dia juga enak, dia masak pake bawang bombay dan paprika hijau.. Paprika hijau itu memang enak banget.. La terongku masih 3buah belum ku apa-apain, untung awet nih terong.. Niat mau dimasak balado terong, tiba-tiba si tetangga alias pemilik rumah datang mengetuk pintu lalu ngasih terong lagi 6biji.. Maboook tetong dah saya.. Kwkwkwkwk.. Ya sudahlah akhir dimasak juga nih terong.. Kali ini saya masak nya agak pedes untuk 3terong saya pake 10 cabe, 2buah tomat sedeng dan 6siung bawang merah..


Sisa nya nih terong, gak tau mau dibuat apa.. Kwkwkwkwkwkwk, papa nya sih request terong bakar.. Kapan-kapan dicobalah..

Terong Balado :

  1. 3buah terong
  2. 10cabe
  3. 6siung bawang merah
  4. 2buah tomat sedeng
  5. 1/2sdt garam
  6. 1sdt gula
  7. 20ml air

Cara membuat :

  1. Cuci bersih terong, lalu potong-potong kemudian goreng
  2. Siapkan cabe, bawang merah dan tomat, lalu blender kasar..
  3. Tumis bumbu yang diblender kemudian beri air
  4. Masukkan garam dan gula, aduk rata
  5. Masukkan tetong yang sudah dimasak tadi, aduk rata..

Terong balado siap disajikan dan dimakan..


Itadakimasu.. Selamat makan, jangan lupa, makan nya sama nasi biar gak kepedesan.. 

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

Hasil eksekusi 4Juli 2016

Leave a Reply

