#171 Cheese Cake Versi Bolu

Sudah lama gak ngebaking karena lagi bosen baking-bakingan padahal cuaca dan suhu sudah tidak dingin lagi, harus nya sudah mendukung untuk profing-profingan.. Tapi lagi kenyang kalau lihat yang model roti-roti sama donat-donat dan pizza-pizza an.. So, bikin bolu aja mumpung ada keju dan butter yang sudah lama nongkrong di kulkas.. Daripada nih keju akan dan bakal expired atau jamuran, lebih baik kita manfaatkan bikin cheese cake.. Sisa keju ini sebetulnya ada sekitar 74gram, awal nya mau dicemplungi semua jadi cheese cake ini, eh tak pikir-pikir bagaimana kalau dijadikan topping aja sisa nya.. Ya sudah, akhirnya dibikin sesui resep nya yaitu 30gram keju.. Sisa nya simpn dulu buat topping, pas sudah dibikin ternyata hasil nya enak.. Akhirnya sisa keju yang mau dijadikn topping gagal dijadikan topping, yang ada mahal bikin cheese cake lagi.. 😂😂😂

Pertama bikin cheese cake ini keju nya tidak begitu hancur, jadi keju nya berasa gitu, serasa makan cheese cake roll nya bread talk atau bolu gulung nya meranti.. So, kangen terhadap tuh dua cake terobati sekali.. Dulu saya mau nyoba bikin bolu gulung meranti, gagal terus, mau nyoba bolu gulung yang di jepang ini masih gagal juga.. Bikin cheese cake begini saja, yang bahan nya murah meriah dan buat nya juga gak ribet.. Hanya pake 2butir telur, 50gram gula, 20gram tepung terigu peotein rendah, 10gram tepung maizena dan kawan-kawan nya.. Tapi ya cucian piring cukup banyak.. Kwkwkwkwk..


Sebagai tips membuat kue agar bagian atas kue tidak pecah atau retak, pada saat mencairkan butter, usahakan jangan menggunakan air mendidih, usahakan tim dengan air hangat, hingga butter agk meleleh sedikit lalu matikan api, biarkan hangat, nanti lama-lama butter akan mencair sendiri, aduk dengn sendok sebagai bantuan agar segera mencair..

Berhubung sudah malam dan saya sudah ngantuk, besok mau nyiapin sahur lagi jam stgh 2, apa boleh buat langsung saja kita eksekusi cheese cake ini.. Oh iyah ini sumber nya dari instagram cakedankue by ameitan891.. Thanks ya sudah berbagi resep yang uenak-uenak-uenak.. Oh iyah, ini pake loyang loaf pan ukuran 20x4x6..


Cheese cake

Bahan :

  1. 30gram butter
  2. 30gram keju parut (saya pake keju melted sekitar 37gram) lalu keju nya saya potong-potong kecil..
  3. 60ml susu cair
  4. 20gram tepung terigu protein rendah
  5. 10gram tepung maizena
  6. 1sdt susu kental manis
  7. 2butir kuning telur
  8. 2butir putih telur
  9. 1/4sdt jeruk nipis
  10. 50gram gula pasir

Cara membuat :

  1. Tim butter, keju dan susu cair.. Kalau mau berasa keju nya usahaka keju nya jangan begitu hancur.. Tapi kalau mau tekstur cake nya bagus, keju dan butter nya harus meleleh semua.. Kalau saya bikin nya, keju nya masih berbulir dikit.. Jika sudah selesai, matikan api, biarkan hangat.. 
  2. Kemudian, ayak tepung terigu dan tepung maizena, lalu masukkan kuning telur dan susu kental manis aduk menggunakan whisk kemudian campurkan dengan hasil adonan yang ditim tadi.. Aduk hingga rata..
  3. Panaskan oven 170derajat celcius selama 10menit menggunakan api atas bawah.. Siapakan loyang biasa, isi dengan air sekitar tinggi 1cm, taruh dirak paling bawah..
  4. Kocok putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa.. Masukkan gula dalam tiga tahap, hingga softpeak alias putih dan lembut..
  5. Masukkan sedikit adonan putih telur (sekitar 1sdm) ke adonan kuning telur.. Aduk rata..
  6. Masukkan semua adonan kuning telur ke adonan putih telur, lalu aduk balik secara pelan-pelan menggunakan spatula hingga adonan rata 
  7. Siapkan loyang loaf pan ukuran 20x4x6, kemudian alasi dengan baking paper atau kertas roti.. Kertas roti dan baking paper nya tidak saya poles mentega karena pengalaman sebelumnya, kalau saya oleh mentega maka bagian bawah nya akan agak gosong dan nanti hasil nya agak sedikit bantet karena adonan kue bercampur dengan mentega.. Jadi menteg nya terasa kebanyakan sehingga menyebabkan kue bantet..
  8. Tuang adonan ke dalam loyang loaf, lalu masukkan loyang loaf ke dalam oven, taruh di atas loyang yang sudah berisi air tadi.. Panggang selama 45menit ser dengan api bawah
  9. 10menit menjelang selesai set dengan api atas bawah agar bagian atas juga matang.. Jika sudah selesai, tes sentuh kue, buka oven, sentuh bagian atas kue, bila masih terdengar bunyi berdesis, maka pundahkan kue nya ke rak bagian tengah panggang kembali kue nya selama 5menit dengan api bawah.. Lakukan tes sentuh kembali, bla masih terdengar berdesis, maka panggang lagi selama 5menit lagi.. Hingga cake benar-benar kering..
  10. Jika sudah selesai, biarkan hangat.. Angkat dan potong sesuai selera 

Selamat mencoba 


Potong dengan pisau tajam dan pelan-pelan agar tidak hancur.. 

Nih kue, baru matang trus dibawa papa buat mengganjal perut pada saat buka puasa di kantor nya 2 potong.. 


Selamat makan, itadakimasu 


Uhm, tekstur kue nya lumayan mengembang dan potongan keju nya masih terasa dan tidak bantat.. 

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan 

Hasil eksekusi 27 dan 28 Juni 2016

    Advertisements

    2 thoughts on “#171 Cheese Cake Versi Bolu

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s