#170 Puding Srikaya

Puding srikaya adalah makanan khas palembang.. Biasa nya makanan ini muncul (maksud nya “ada”, kok pakai kata-kata muncul, kwkwkwkwkwk) bila orang palembang mengadakan hajatan atau pas bulan puasa juga ada, banyak penjual makanan yang menjual puding srikaya ini.. Puding srikaya ini biasa nya dimakan bersama ketan.. Ketan biasa dibuat terpisah, bisa juga diletakkan dibawah srikaya nya.. Warna yang hijau ini didapat dari daun suji atau daun pandan.. Jadi harum suji atau daun pandan yang berpadu dengan santan menjadikan nya harum sekali.. Bisa juga dimakan dengan roti.. 


Bahan utama nya adalah telur, gula, santan dan air suji atau air pandan.. Santan nya bisa pakai dari perasan air kelapa, tapi berhubung disini agak sulit mencari kelapa, jadi saya pakai santan instan yaitu santan kara (saya bukan ngiklan lho ya).. Cara membuat nya juga sangat gampang hanya dikukus selama 25menit dengan api sedang kecil.. 15 menit pertama dibuka tutup nya alias dilihat agar srikaya tidak keatas alias bertumpahan.. Lalu jangan lupa ditutup kembali, matangkan hingga 10menit lagi agar tekstur nya lebih padat.. Untuk resep takarannya pun sangat gampang diingat yaitu setakar telur, gula, air santan yang sudah diberi daun suji atau daun pandan..


Mari kita eksekusi puding srikaya pandan ini..


Bahan :

  1. 2 butir telur, telur saya agak besar, saya masukkan ke dalam gelas takar sekitar 125ml.. 
  2. 5sdm santan kara ditambah air perasan daun suji menjadi 125ml.. Atau Optional, bila tidak memiliki daun suji bisa ditambahkan air biasa hingga menjadi 125ml lalu tambahkan pasta pandan warna hijau sebanyak 1/4sdm.. Aduk-aduk hingga bercampur dengan baik..
  3. 125ml gula, itu adalah takaran yang sebenarnya.. Tapi bagi saya ini terlalu manis, jadi kalau saya hanya pakai 50ml gula pasir, karena saya tidak begitu suka manis.. Manis sedang sebaiknya pakai gula lebih dari separuh takaran yang dipakai misalnya 70-100ml..

Gunakan cetakan srikaya yang kecil.. 

Cara membuat :

  1. Pecahkan telur, masukkan gula lalu kocok menggunakan handwhisk sampai gula larut
  2. Masukkan air santan yang sudah bercampur dengan air suji.. Aduk rata..
  3. Masukkan ke dalam cetakan atau mangkok kecil..
  4. Panaskan kukusan hingga mendidih, masukkan puding srikaya.. Usahakan tutup kukusan dilapisi dengan serbet agar uap yang keluar tidak jatuh ke puding srikaya..
  5. Masak dengan api sedang kecil selama 20menit.. Jangan lupa untuk membuka atau melihat puding srikaya di menit ke 10, sekitar 5 detik saja, lalu tutup kembali kukusannya.. Biarkan masak hingga 10menit lagi agar tekstur nya padat..
  6. Jika sudah selesai, maka angkat.. Siap disajikan dan dimakan dengan roti atau ketan.. Lebih enak lagi bila makan dalam keadaan dingin, alias disimpan di dalam kulkas..

    Selamat mencoba..


    Itadakimasu..

    Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 

    Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan, Juni 2016..

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s