#168 Tentang Tempat Tinggal Saya

Kali ini saya akan bercerita tentang tempat tinggal saya ini, dalam artian sempit yaitu kofu, dalam artian luas yaitu prefekture Yamanashi.. Jangan dikira saya tinggal di Jepang ini, bayangan nya saya tinggal di kota besar seperti hal nya Tokyo dengan bangunan nya yang mewah, banyak tempat wisata nya yang wah-wah, gedung-gedung menjulang tinggi, jalanan nya luas, shinkansen dan monorail bisa dilihat kapan saja.. Tidak-tidak begitu di sini.. Kereta shinkansen pun tak ada di kofu ini.. Hanya ada kereta JR kayak di Indonesia, dan kereta azusa, serta kereta lain yang masih sederhana.. Di sini pun jalanan nya hanya cukup untuk dua mobil dalam satu arah.. Monorail pun tak ada.. Hanya ada bis dan kereta JR itu.. Bangunan tingkat pun sedikit dan tidak begitu menjulang tinggi.. Jalanan nya pun sedikit yang bertingkat.. Perfekture Yamanashi ini dikelilingi banyak pegunungan, udara nya masih sejuk dan bersih, tidak berpolusi..


Gunung Fuji juga berada di Yamanashi Ken.. Dari rumah saya juga sangat kelihatan sekali Gunung Fuji (Fujiyama), kalau jalan-jalan, pasti gunung nya kelihatan dan serasa mengikuti.. 

Selain itu, Yamanashi Ken ini juga terkenal dengan penghasil buah momo dan buah anggur terbesar di Jepang.. Jadi kalau mau makan buah momo atau buah peach serta buah anggur, datanglah pada bulan agustus.. Karena pada bulan Agustus, buah momo dan buah anggur ini lagi pada panen.. Eh, tapi akhir bulan juni ini, alhamdulillah saya sudah bisa merasakannya lagi..


Macam-macam buah anggur ini diberikan oleh pemilik rumah kami pada saat kami baru tiba.. Yang warna hitam itu anggur nya tidak begitu enak, soalnya asem banget.. Yang paling enak itu anggur nya warna ungu.. Seneng banget waktu dapet buah anggur ini, karena rasa nya seger banget.. Sampe bosen dulu makan buah ini, sudah habis, masih beli lagi.. Oh iyah, ada juga anggur yng berwarna hijau.. Tapi tetep yang paling enak adalah yang warna ungu..


Kalau ini adalah buah momo atau buah peach.. Ini juga dulu dikasih oleh pemilik rumah kami.. Tapi gak bisa disimpan lama-lama ya, soalnya mudah busuk.. Kalau sudah dibuka juga harus segera dihabiskan.. Buah nya itu seperti apel, mudah coklat kalau sudah terkena udara.. Kata sensei saya, buah momo ini sangatlah mahal.. 1buah momo bisa mencapai 1000yen.. Alhamdulillah saya sudah menikmati buah momo nya, tapi selama ini, saya sangat tidak mengira kalau buah momo itu sangat mahal, saya sangat kaget ketika sensei saya bilang buah momo itu mahal karena selama ini (tahun lalu), saya bisa menikmati buah momo tanpa harus membeli alias selalu dikasih sama temen papa Akira dan pemilik rumah.. Sssssssttttttt (anggap aja mobil ngerem), kok saya tiba-tiba melihat di toko buah harga buah momo hanya 100yen ya?? 😍 menangis terharu.. Segera beli, kwkwkwkwk.. Kata penjual nya “nihon no kudamono wa amai desu..” Artinya buah-buahan jepang itu manis-manis.. Nah kalau anggur juga pernah membeli dan pernah juga dikasih oleh temen papa Akira. Kalau anggur harga nya masih kisaran 350yen keatas..


Pas tanggal 21 bulan mei 2016, saya bersama keluarga saya diajak temen papa nya datang ke kebun momo dan kebun anggur.. Wah, saya sangat senang sekali, di sana saya diminta untuk merapikan tanaman buah momo sedangkan temen papa nya merapikan tanaman buah anggur.. Tanaman buah momo ini dirapikan dengan tujuan agar pas momo nya tumbuh besar, bentuk buah momo nya bulat dan cantik, tidak penyot sana sini karena buah nya yang saling berdekatan atau berdempetan.. 


Kalau buah momo nya saling berdekatan atau berdempetan maka akan menyebabkan bentuk buah momo nya yang tidak sempurna, bisa melengkung ke dalam akibat tertimpa berat buah momo yang lain.. 


Jadi pas aktivitas kami di kebun itu yaitu membuang buah momo yang saling berdekatan.. Mengatur jarak buah momo yang satu dengan yang lain nya sedemikian rupa agar pada saat buah momo nya tumbuh besar maka buah momo nya bulat sempurna dan cantik.. Jadi pada saat itu, banyak sekali buah momo kecil yang harus dibuang demi tujuan itu.. Kata pemilik kebun nya, kalau buah momo nya gak cantik maka nanti tidak laku pada saat dijual.. 


Pas makan siang di sini, tiba-tiba temen papa memberikan Akira dan Akari puresento buat Akira ulang tahun.. Wah, kedua anak ini jadi senang sekali dan tidak sabar ingin membuka nya.. Puresento nya gambar anpanman.. Ternyata isi nya adalah makanan, biskuit dan permen anpanman..

Balik lagi ke cerita kebun nya, begitu juga dengan tanaman anggur, buah anggur nya diatur sedemikian rupa agar bentuk buah anggur nya cantik dan enak dilihat.. Selain itu anggur di sini juga banyak dibuat sebagai wine.. 


Di stasiun kofu pernah ada festival wine, setiap orang bisa mencicip wine dari berbagai produk yang tersedia di counter-counter.. 


Harga tiket per orang untuk membeli satu gelas kosong dan mencoba beberapa wine adalah 500yen.. Pada saat itu banyak sekali pengunjung yang mengantri dan menikmati wine/bir di sini, tempat duduk nya juga penuh.. Selain orang jepang, pengunjung nya adalah para bule..

Selain itu, Yamanashi Ken juga terkenal dengan batu permata.. Kalau dilihat distasiun, ada batu permata yang sangat indah sekali.. Saya kalau lihat batu-batu yang dipajang di stasiun kofu ini, saya jadi teringat batu akik.. Hihihihihi, saya juga sempet ngikutin jaman nya batu akik sewaktu beberapa bulan sebelum ke Jepang.. Kalau jalan-jalan ke shosenkyo, ada counter jual batu permata dan wine yamanashi..


Ini adalah tempat yang menjual batu permata, lokasi di shosenkyo..

Akira dan Akari sedang berfoto bersama patung orang yang baru saja minum wine sampai teler.. 

Oh iyah, selain itu saya juga akan bercerita tentang tempat ibadah.. Untuk agama islam, di sini belum dibangun masjid.. Di sini hanya ada musholla yang berada di dekat stasiun kofu.. Pada saat ini sedang dilakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid di Yamanashi.. Untuk alamat musholla nya, lokasi nya bisa di lihat di sini “Yamanashi ken, kofu shi, Aioi 2 chome 6-11 [〒 400-0858] “.

Kalau mahasiswa muslim yamanashi biasa sholat jumat di salah satu ruangan di kampus yamanashi yaitu di ruangan semina (2), gedung yang ada kantin nya, di lantai 2.. Sebetulnya Di kampus ini sendiri tidak ada masjid atau pun musholla.. 

Kalau gereja, saya pernah lihat di kofu shi ini, tempat nya tidak jauh dari ogino, tempat belanja saya.. Kalau berjalan kaki mungkin sekitar 20menit..

Untuk agama budha, ada wihara budha di dekat rumah saya.. 

Kalau untuk agama hindu, saya tidak tahu.. 

Di dekat rumah saya ada takeda shrine.. Letak nya berada di ujung utara jalan takeda.. Tempat ini adalah kuil nya orang jepang.. Kuil ramai bila tahun baru tiba.. Orang-orang pada datang ke sini.. 

Kalau universitas nya ada 5 universitas di sini yaitu :

  • University of Yamanashi
  • Tsuru University
  • Yamanashi Gakuin University
  • Yamanashi Perfekture University
  • Yamanashi Eiwa College

Yang paling dekat dengan tempat tinggal saya adalah University of Yamanashi..

Kalau klinik gigi anak, dekat dari rumah kami.. Anak saya selalu ke dokter gigi hampir setiap senin sejak bulan januari sampai maret, karena dulu gigi mereka ada bolong dan carries, jadi diperbaiki.. Trus tidak ada biaya perawatan selama datang ke dokter gigi, karena ditanggung asuransi..

Sekolah anak saya juga dekat dei rumah kami, hanya berjalan kaki dari rumah sekitar 15menit. Yaitu sekolah shirayuri yochien

Rumah sakit anak pun dekat dengan rumah kami, berjalan kaki hanya 10menit.

Sudah dulu cerita tentang tempat tinggal saya, nanti kalau ada yang kurang info nya, silahkan email.. Mudah-mudahan bisa ngasih tahu dan nulis lagi..

19 thoughts on “#168 Tentang Tempat Tinggal Saya

  1. terima kasih mba atas blognya, insyallah mulai april aku sudah sekolah di kofu. dengan baca blog ini saya jadi punya gambaran seperti apa kehidupan disana nanti. semoga nanti dapat silahturrahmi ya mba 🙂

    Like

      1. Iyah sebentar lagi.
        Saya kalau beli peralatan dapur di seria atau di daiso (Toko seratusan).
        Kalau yang di cari tidak ada di sana, melipir ke D2 atau kalau mau murah cari di chain atau bandingin lagi dengan amazone. Saya kalau elektronik dapur, beli nya di amazone. Lumayan free ongkir dan suka dapat point juga.
        Trus bahan makanan mentah yang halal biasa nya saya beli di gyomu supa (untuk daging ayam halal, nugget, karaage, dan kornet serta sosis)
        Untuk daging sapi dan daging giling saya biasa beli di toko indonesia Okubo.
        Untuk beli serei, cabe, bawang merah, daun pisang, saya biasa nya beli di toko thai yang ada di dekat stasiun ryou, kugawadanchi.
        Kalau santan dan seafood lainnya beli nya di ogino supa.
        kalau mau bumbu instan nasi goreng, sambal instan kayak kokita dan mie goreng bisa jalan-jalan ke aeon mall atau laza walk di sana ada counter namanya kaldi.
        Kalau mau beli makanan jadi halal, datang aja ke restoran bindu (dekat stasiun kofu, tinggal jalan kaki) atau ke restoran himalaya di dekat Aeon mall, ke sana bisa naik bis bayar 210 yen. atau ke restoran maharani di dekat stasiun ishawa. Semua restoran yang saya sebut ini adalah restoran yang menyajikan masakan kare India.

        Like

      2. wah makasih ya mba lengkap banget deh penjelasannya. aku baru tau ada balasannya 😥 dan baru tau ada makanan halal di deket kofu eki. restoran bindu ya. coba cari. Mba udah kembali ke indonesia ya?

        Like

    1. Hai, mbak salam kenal juga. Hihihi, saya sebetulnya suka nulis blog karena mengisi waktu di sini. Sekarang blog saya pindah ke mitnablog.blogspot.com karena di blogspot saya gak bisa upload gambar dan video banyak. Dan saat ini pengen nulis banyak, tapi nggak sempet-sempet. Kalau ada waktu lagi, nanti nulis lagi. soalnya anak-anak sekarang sudah selesai sekolah dan kami akan pulang ke Indonesia, lalu saya mulai kerja lagi di saya. Doakan saya mudah-mudahan masih bisa menulis di dalam kesibukan ini. Biasa, saya perlu mengutamakan kepentingan bersama anak. Mbak Fendarfenda semangat ya menulis nya.. 🙂 Semangat juga hidup di Jepang. Btw otw di tokyo, mbak kerja?

      Like

      1. mksudnya di wordpress nggak bs nulis byk ya mbak? iya si awalnya sy jg ada blogspot tp ntah mengapa susah dimaintance lwt hp (kan susah kdg mau nulis di laptop). sy ngintilin suami mbak, disini ibu rumah tangga

        Like

      2. Iyah.. Saya sudah tidak bisa lagi nambah tulisan di sini. Kapasitas yang disediakan hanya 3GB. Saya dulu tidak tahu, jadi setiap tulisan ada sekitar 3-10 gambar yang tidak saya kompres sebelumnya. Dan banyak video juga yang saya upload. Tiba-tiba belum setahun, mau nulis lagi sudah tidak bisa. Hehehehehe, sekarang semua yang mau ditulis sudah lupa. Hehehehehe..

        Like

      3. Sama, saya juga ngintilin suami yang sedang sekolah. Hehehehehe.. Semangatlah tinggal di negeri orang. Sebentar lagi musim hangat, seneng banget ya.. Kalau musim dingin di sini, bagi saya berat banget karena rumah saya ruang nya terblok-blok begini, jadi suhu yang dirasakan antar ruangan berbeda-beda. Hanya di ruang televisi yang ada penghangat nya. Di luar pun serasa masuk freezer. Hihihihi, tak papa ini menjadi bagian dari pengalaman hidup. Dua kali merasakan musim dingin, berat banget..

        Like

      4. sy malah suka mbak musim dingin hehehe dulu sy tinggal di hokkaido yg winternya ckup panjang dan salju dmn2,, oiya mbak wordpress bs dipindah ke blogspot (kalo mbak mau menyatukan isi blog misalnya),

        Like

      5. Wow.. Mungkin alat tempur nya sudah banyak menghadapi musim dingin ya. Saya keberatan bawa jaket di punggung. Pake baju banyak-banyak. Tapi dingin nya masuk ke tulang, masih belum bisa adaptasi selama 2 tahun ini. Hehehehe..
        Bagaimana cara pindahin nya? Ajarin 🙂

        Like

      6. hehe nggak mbak sy pke jaket 1 aja slama di tokyo, wktu di sapporo yg agak tebel bisa 2 jaket tebel.. sy yang males byk2 kr kalau ke ruangan ribet harus lepas-lepas jd kadang terpaksa berdingin-dingin dan akhirnya terbiasa

        Like

      7. Iyah yah, harus dibiasain memang. Alhamdulillah sekarang sudah mau panas. Tahun lalu pas bulan April, perubahan cuaca membuat saya sakit. Mudah-mudahan tahun ini tidak. Oh iyah, sebentar lagi saya mau pulang ke Indonesia. Mudah-mudahan di sana masih tetap dan bisa berkreasi, cuman peralatan tempur dapur nya tidak selengkap di jepang. Di sini, rumah saya lebih besar dibandingkan di Indonesia. Alhamdulillah suami saya menyediakan peralatan cukup, ibarat tinggal di rumah sendiri saja. Tapi semua tetap terbatas.

        Like

Leave a Reply

