#163 Barongko

Kali ini saya mencoba membuat Barongko, makanan khas Sulawesi Selatan.. Makanan ini bahan utama nya adalah pisang yang dicampur dengan santan, gula dan telur.. Lalu dibungkus dengan daun pisang.. Itu yang membuat nya menjadi istimewa, daun pisang nya itu.. Berbeda kalau kita kukus menggunakan wadah biasa, rasa daun pisang nya yang menambah harum masakan nya..

Barongko ini menggunakan pisang kepok.. 

Satu sisir pisang kepok ini saya beli di toko hagiwara itu, harga nya 390yen, dihitung berdasarkan berat nya.. Saya beli dengan jumlah pisang yang sedikit.. Awal nya saya ingin membeli karena saya ingin makan pisang goreng di bulan puasa ini atau mau saya bikin kolak.. Pas pertama, sudah saya goreng 6 buah, trus di rumah gak ada yang makan kecuali saya, papa nya cuman 1 buah doang.. Anak-anak mungkin masih kenyang kali ya.. Setelah nyemil sambil belanja.. Lalu masih ada sebagian lagi 8 kalau gak salah.. Jadi ketahuan deh jumlah 1 sisir nya 14 buah.. Hahahahahaha…

Nah trus sisa nya ini, 5buah pisang kepok nya saya bikin barongko dan 3 buah lagi saya goreng lagi dengan tepung terigu.. Saya bikin barongko nya menunggu pisang nya mateng alias agak bonyok dikit, agar pisang nya manis.. 5 buah pisang kepok bisa dibuat 3bungkus barongko ini 


Saya kalau di rumah, masak selalu sedikit, karena anak-anak jarang nyemil makan berat, cemiln nya mau nya yang bersifat chiki-chiki gitu sepertikentang goreng, wafer, taro, kerupuk udang, coklat, es krim, yang ngunyah nya gak berat dan lama di mulut mereka.. Kalau dikasih yang begini, kayak nya mereka malas mengunyah nya..

Bikin barongko ini kalau saya baca-baca komposisi bahan nya harus pas, karena kalau tidak pas, maka di akan sedikit kelembekan atau kekerasan.. Alhamdulillah hasil yang saya dapet ini pas.. Awalnya saya dapet rekomendasi dari tante saya yaitu tante Ennie Wiendriyo dan dapet saran dari temen saya juga Bety Riski.. Bety memberikan saya resep asli dari orang makasar.. Katanya resep nya harus setakaran.. Dan biar warna yang dihasilkan juga bagus, maka bagian tengah dari pisang kepok nya harus dibuang, jadi yang diambil adalah bagian daging nya saja.. Trus haluskan dengan blender.. 

Ini saya tuliskan resep asli nya dari temen saya, Bety :

————–

Burongko atau Barongko

by Helmiati Sirajuddin

Bahan:

-1 mangkuk pisang kepok yg sudah sangat matang, potong2 kecil, pisahkan dengan bagian tengahnya yang hitam-hitam supaya hasil akhirnya putih ga bercak-bercak hitam.

-1 mangkuk santan (saya pakai 3 bungkus kara diencerkan dengan air)

-1/3 mangkuk gula pasir

– 5 butir telur

(untuk penggunaan telur, tak ada takaran baku yaa, makin banyak telurnya, makin enak. tadi untuk 8-9 biji pisang, sy menggunakan 5 butir, kurang dari itu juga tidak apa2)

– vanili secukupnya (saya ga pake)

Catatan: boleh menggunakan alat ukur lain (misal gelas), asalkan alat ukur yang digunakan sama untuk semua bahan.

Cara membuat:
-Sebelum mulai mencampur bahan, buat dulu bungkus daun pisangnya.

-Blender pisang, santan dan gula pasir sampai halus.

-Tuang ke wadah, masukkan telur, aduk rata.

-Tuang ke daun pisang yang sudah dibentuk sebelumnya atau ke loyang

-Kukus hingga daun berubah warna

-Angkat, siap dihidangkan.

Disajikan dingin2 dari kulkas lbh mantap 👍

————–

Dan ini adalah hasil eksekusi saya, karena saya tidak membuat banyak karena jumlah anggota keluarga sedikit.. Dengan bahan segini, saya hanya mendapatkan 3bungkus barongko..


Bahan :

  1. 5buah pisang kepok buang tengah nya.. 
  2. 4 sdm santan kara lalu saya tambahkan dengan 4sdm air
  3. 1sdm gula
  4. 1butir telur

Pelengkap :

  1. Daun pisang 
  2. Tusuk gigi

Cara membuat :

  1. Siapkan daun pisang, pastikan daun pisang sebelumnya dilayur terlebih dahulu dengan cara dipanaskan diatas kompor agar daun pisang menjadi lembut dan tidak mudah patah pada saat dilipat..
  2. Campur pisang, santan dan gula.. Lalu blender hingga halus, pindahkan ke mangkok
  3. Kocok lepas telur, kemudian campurkan ke campuran pisang yang telah di blender lalu aduk rata pakai sendok..
  4. Siapkan daun pisang, taruh diatas mangkok.. Masukkan bahan barongkok tadi, lalu tutup dan sematkanndengan tusuk gigi..
  5. Panaskan kukusan hingga benar-benar panas.. Lalu kecilkan api, masukkan barongko, kukus selama 20menit..

Selamat mencoba, itadakimasu


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 

Hasil eksekusi 21Juni 2016

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

2 thoughts on “#163 Barongko

Leave a Reply

