#162 Oseng Toge Buncis 

Kemarin sudah masak oseng jagung, buncis dan wortel.. Kali ini pasti masih ada sisa buncis nya dan wortel nya, iya kan?? Nah, mari kita kombinasikan saja buncis dan wortel nya dengan toge.. Toge kalau sudah dibeli harus langsung dimasak.. Kalau nggak makan di akan jamuran atau akan layu.. Kalau di Jepang, semua makanan yang dijual ada masa expired nya alias tanggal kadarluarsa nya.. Misalnya toge, toge ini saya beli hari ini, saya cek tanggal kadarluarsa nya adalah besok nya.. Kadang pernah juga lama nya hanya 2 hari.. Kalau mau awet, nyimpen toge yang sudah dibeli yaitu di kulkas.. Saya pernah coba membeli toge, lalu tidak saya simpan di kulkas alias saya taruh di luar dan masih dalam keadaan terbungkus, belum dibuka sama sekali.. Akhirnya dua hari kemudian busuk.. Hahahaha, itu nama nya membeli untuk membuang.. Gak papa lah pengalaman, pada saat itu kulkas lagi penuh, jadi gak bisa menaruh apa-apalagi di dalam kulkas, maklum kulkas nya kecil, isi kulkas nya kebanyakan saos dan minuman..

Lanjut ke masak sayur oseng toge buncis

Sayuran memang beragam jenis nya.. Mulai dari bawang putih, di supermarket sini dijual mulai dari harga yang murah hingga yang mahal.. Sayuran juga begitu, seperti brokoli juga ada yang cepet busuk, dan ada juga yang awet, yang cepet busuk itu, daun nya mudah hitam-hitam.. Toge juga di sini bermacam-macam.. Buncis juga bermacam-macam.. Buncis yang saya beli ini termasuk bagus, karena walau pun saya tidak simpan di kulkas alias ditaruh diluar saja, dia masih tetap awet.. Ini saya beli buncis, dan sudah saya simpan selama 10hari, tanpa di wrap, cukup ditaruh di plastik biasa saja.. Alhamdulillah.. Biasa nya kalau saya beli yang di supermarket, buncis nya tidak bisa bertahan selama 1 minggu, jadi ya mabok makan buncis, apalagi yang dijual dalam keadaan banyak..

Langsung cus cara membuat nya.. Memang sederhana dan tidak jauh berbeda dengn oseng atau tumisan sayur lain nya.. Tapi kadang-kadang, kita kadang bingung, “mau masak apa hari ini”, nah jadi sekedar nginget aja, ada tumisan dengan kombinasi sayuran seperti ini.. Ini hasil nya hanya buat dua orang, yaitu saya dan papa Akira


Bahan :

  1. 1 genggam toge
  2. 1/3 wortel import (wortel import yang agak besar)
  3. 5 batang Buncis
  4. 2 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 buah cabe merah
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/4sdt merica atau lada bubuk
  9. 1/4sdt kaldu bubuk
  10. 30ml air
  11. Minyak untuk menumis

Cara membuat :

  1. Potong-potong buncis dan wortel serta siapkan toge, kemudian cuci bersih..
  2. Iris tipis cabe, bawang merah dan bawang putih 
  3. Tumis bawang merah, lalu menyusul bawang putih sampai harum.. Masukkan wortel dan buncis, tumis sebentar.
  4. Tambahkan air, masak dengan api sedang lalu masukkan garam, lada dan kaldu bubuk aduk-aduk, tunggu hingga wortel dan buncis lembut serta air menyusut..
  5. Masukkan irisan cabe, aduk sebentar, kemudian masukkan toge, aduk sebentar, jangan terlalu lama karena toge mudah layu.. Kalau selera saya lebih suka toge nya yang masih agak keras, jadi makan nya masih kres, kres di mulut.. Matikan api kompor, lalu sajikan..

Selamat makan, itadakimasu..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Kofi Shi, Yamanashi Ken, Japan

Hasil eksekusi 21Juni 2016

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s