#160 Sayap Ayam ala Richeese

Saya itu pengen masak sayap ayam.. Kangen sama sayap ayam di pizza hut, kangen sayap ayam yang spicy alias spicy wing.. Ketiba sayap ayam nya datang, jadi bikin mau diapaain.. Kwkwkwkwkwk, soalnya di sini gak ada bumbu spicy wing kayak di Indonesia.. Cari-cari resep sayap ayam, dapat nya resep yang ini.. Sayap ayam ala richeese factory, kata yang bikin.. Saya jadi penasaran karena saya biasa makan di richeese factory di kalibata.. Enak nya karena saos keju nya itu.. Nah, kalo kali ini saya tidak makan pake saos keju nya.. Hanya rasa nya ajayang asem dan pedes.. Kalau di richeese factori ada level pedes nya.. Saya dengan level 2 pun sudah sangat kepedesan.. Padahal dulu pernah nyoba level 5.. Ya ampun, itu bener-bener pedes banget.. Sampe kepala saya pusing, ingus meleler, minum nambah, nih ayam bingung mau diapain, soalnya saos cabe nya sudah dicampur dengan ayam nya.. Rekomendasi untuk berikutnya, kalau mau makan di richeese sebaik nya saos sambal dan ayam nya terpisah, jadi bisa icip-icip sedikit dulu alias ayam nya dicolek-colek dengan sedikit sambal.. Level sambal di restoran recheese ini dimulai dari 1 sampai 5.. Sambal level satu pun juga audah pedas.. Apalagi saya duku yang sok-sokan pertama kali makan langsung pesen yang level 5, alhasil bercucuran air mata deh makan nya, sama kepala jadi pusing menahan pedas nya sambal.. Kali ini karena kangen dengan bumbu yang manis, asem pedes jadi saya ikut masak ini..

Sayap ayam ala richeese diambil dari ig nya riniriandini di berbagi resep.. Ternyata mbak rini ini mengambil resep dari JTT.. Just try and Taste, mbak endang.. Tapi sebetulnya say gak begitu suka dengan rasa nya, soalnya bagi saya rasa baking soda nya yang agak dominan, mengalahkan rasa gurih dibumbu nya.. Tapi tiap orang mungkin beda-beda cita rasa nya.. Its okay, bagi yang mau nyoba, silahkan ini resep nya..

Bahan :

  1. 10potong sayap ayam, saya kemarin masak hanya 8sayap ayam..
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/2 sdt lada bubuk
  4. 1sdm tepung beras
  5. 3sdm tepung terigu serba guna
  6. 1sdm tepung tapioka
  7. 2sdm tepung maizena
  8. 1/2sdt baking powder atau baking soda
  9. 1butir telur kocok lepas

Saos nya 

  1. 2siung bawang putih, haluskan
  2. 4sdm saos tomat botolan
  3. 5sdm saos sambal botolan (saya gak pake, mengingat ini buat makan anak saya)
  4. 1sdm bubuk cabe (saya juga gak pake)
  5. 1sdm kecap asin
  6. 1sdm saos tiram
  7. 2sdm gula pasir
  8. 1sdm rice vinegar atau cuka makan (saya juga gak pake karena gak punya)

Cara membuat :

  1. Cuci bersih ayam, lalu tiriskan dengan tisu basah, lalu lumuri dengan garam dan lada, lau aduk rata.. Kemudian tambahkan semua tepung, telur dan baking powder lalu remas-remas dengan tangan..
  2. Siapkan minyak panas yang banyak, sampai benar-benar panas.. Masak dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan.. Usahakan ayam terendam dalam minyak.. Angkat dan tiriskan..
  3. Siapkan mangkok, campur semua bahan saos, cicipi rasa nya dan saos nya harus berasa asam, asin dan manis..
  4. Tambahkan gula palem bila terlalu asam.
  5. Siapkan wajan, masukkan saos, masak hingga mendidih dan kental. Matikan kompor.. Masukkan ayam, aduk cepat hingga permukaan ayam terlumuri dengan saos. Angkat dan sajikan.

      Itadakimasu, selamat makan..

      Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. Biar lebih enak, saya taburkn wijen diatas nya.. 

      Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan.. Mei 2016

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s