#159 Dibalik Cerita Toko Hagiwara (Toko Buah dan Sayuran Segar Asia)

Untuk temen-temen yang mau cari bahan makanan atau belanjaan asia, bisa datang ke toko ini.. Kalau saya tanya sama penjaga toko nya, toko ini bukan menjual bahan makanan Indonesia, tapi dia lebih ke bahan makanan dari vietnam, thailand, dan filipina.. Namun, di satu sisi, setelah saya lihat-lihat isi dagangan yang ada di dalam nya.. Ternyata bahan makanan vietnam, thailand dan filipina itu tidak jauh berbeda dengan bahan makanan Indonesia.. Di toko ini, kita bisa membeli ikan lele, ikan tilapia (mujair), dan ikan sepat, tapi semua ikan yang dijual di toko ini bersifat beku.. Harga nya juga sama seperti di supermarket atau supa, kisaran antara 400yen hingga 650yen.. 

Dimana alamat toko ini?? Alamat toko ini berada di Kōfu-shi Shimogawara-chō 2 – 7.. Deket museum geijutsunomori park yamanashi prefektur.. Kalau mau ke sini, bisa menggunakan bis dari stasiun kofu.. Saya pernah melihat bis yang lewat museum itu, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju toko ini.. Toko ini buka hari senin sampai sabtu jam 07.30 sampai jam 19.30.. Kalau hari minggu tutup..


Di sisi lain, toko ini juga menjual sosis dan daging giling babi lho.. Pokok nya ada yang halal dan ada juga yang tidak halal.. 

Selain daging, toko ini juga menjual sayuran dan bumbu dapur.. Seperti serei, daun pisang, durian, daun jeruk, kangkung, buncis, bawang merah segar, cabe thai kering, telur asin thailand, nangka muda kalengan dari thailand, kelapa parut kering, kayu manis dan durian serta pisang kepok..


Alhamdulillah bisa nemu barang-barang dan bahan makanan seperti ini, jadi bisa bikin masakan semakin sedep, dan bisa menambah selera makan.. Cuman di sini tidak menjual daun salam.. Saya dah cari-cari tapi tidak ada.. Serei dan daun jeruk nya pun seger lho tidak dalam bentuk beku.. Sekarang saya selalu masak dengan bumbu bawang merah dan bawang putih serta cabe dan tomat.. Sebenarnya saya punya banyak bawang bombay, tapi sejak ketemu yang nama nya bawang merah, akhir nya bawang bombay agak terlantar dikit.. Kwkwkwkwk, tapi bawang bombay saya awet lho dah lebih dari sebulan.. Mau saya masak gyudon, tapi saya belum ketemu daging halal yang slice 

Saya sudah 3x datang ke toko ini.. Pertama kali datang ke toko ini saya hanya membeli ikan mujair dan daun pisang, serta bawang merah dan santan.. Yang menemani saya pada saat itu nyonya Tam dari malaysia..

Pas kali kedua saya datang ke sini, saya menemukan lele beku, waaaaaah seneng nya.. Tengok sana sini lagi ketemu deh yang nama nya kangkung juga.. Wah rasa nya pas banget, saya jadi merasa merdeka tinggal di sini ketemu harta karun yang bagi saya langka sekali.. 


Alhamdulillah sekali ketemu ikan lele dan kangkung, langsung kepikiran akan dibuat pecel lele dengan sambal terasi dan tumis kangkung serasa makan di Indonesia.. Ini kangkung dan lele langsung saya eksekusi hari itu juga buat makan malam.. Cucok banget kan, serasa makan di pecel lele pinggir jalan..

Kangkung nya juga di sini seger, tidak beku.. Harga kangkung nya pun tidak begitu mahal.. Ya saya sih selalu cari barang yang harga paling murah, walaupun sedikit yang penting nyicip, makanan nya cepet habis dan tidak mubazir.. Ikan lele nya besar lho, sampe gak muat di frying pan saya.. Alhasil saya bagi dua setelah setengah perjalanan menggoreng..

Selain itu juga disini menjual kornet daging sapi halal, trus lengkeng kalengan dan buah-buah kalengan lain nya seperti nangka muda, nangka, leci, dan rambutan.. Nah, pas belanja kedua ini saya agak sedikit kalap, karena belanja nya dianter sama papa Akira dan anak-anak, lalu ditinggal sendiri di toko ini, mendetail lama saya belanja di toko ini.. Suami dan anak-anak pergi ke museum yamanashi.. Karena lama tengok sana, tengok sini, dan beli ini beli itu.. Pas bayar dikasir, saya bener-bener kaget, perkiraan saya, saya belanja hanya 2000yen, ternyata saya belanja hampir 5000yen.. Deg-degan saya membuka dompet saya, “ada tidak ya uang nya???”.. Alhamdulillah ada.. Awal nya saya bener-bener mengeluarkan uang 2000yen, untuk di dompet lain ada uang tambahan.. Hahahaha, kaget bener-bener kaget.. Dan itu tanpa membeli durian.. Durian di sini harga nya 4600yen sesuai dengan yang di gambar itu.. Takai desu yo!!! Terpaksa narik iler yang keluar dari mulut.. Kwkwkwkwk.. 

Selain itu di sini juga ada telur asin, tapi saya gak beli karena saya gak begitu suka-suka banget sama yang nama nya telur asin.. Telur asin enak nya makan beraama rawon.. Di sini saya gak punya bumbu rawon, kluwak nya pun gak ada yang jual.. 

Nah pas kali ke tiga datang ke sini nih.. Saya dianter sama suami dan anak-anak tapi kali ini mereka menunggu di mobil.. Jadi saya merasa aman dan suami saya pun memberi saya uang.. Kwkwkwkwkw.. Pengalaman masa lalu. Niat saya datang ke sini mau beli serei dan pisang kepok.. Pas datang kedua mau beli pisang kepok, tapi saya sudah kebanyakan belanja, termasuk belanja ubi ungu, jadi khawatir kalau pisang nya tidak sempet tereksekusi dan menjadi busuk.. Jadi belanja pisang nya pas ketiga aja..


Harga pisang kepok ini 400yen.. Lagi-lagi saya mencari yang paling murah dn ukuran yang paling kecil.. Harga pisang ini sama kayak harga pisang cavendish yang dijual di supa sekitaran 180-300yen isi 3-4buah pisang.. 

Saya beli pisang kepok ini karena saya kangen pisang goreng.. Puasa kan idenyik dengan gorengan.. Ubi goreng, bakwan, pisang goreng, dan tahu..Jadi sebagian pisang ini saya goreng.. Digoreng 6buah dan saya makan 5buah.. Bapak nya satu, dan anak-anak makan sisa tepung terigu goreng alias godo-godo.. Kwkwkwkwkwkwk.. 

Nah cuman bahan-bahan seperti itu saja yang bisa dibeli ditoko ini.. Seperti nya ada banyak daun-dahn juga, saya kira ada daun kemangi, tapi saya agak sedikit ragu dan belum yakin itu beneran kemangi atau bukan, secara saya kepengen masak pepes tahu pake daun kemangi..

Terima kasih ya Allah atas semua petunjukMu.. Subhanallah.. 

Alhamdulillah, semua cukup bagi saya..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan.. 

Leave a Reply

