#158 Oseng Jagung Wortel Buncis

Dulu saya suka bingung mau masak sayur apa.. Pas pertama-tama tinggal di sini, suka masak sayuran yang suka saya campur langsung dengan lauk nya.. Misalnya masak Udang yang dikombinasikan dengan brokoli atau jamur atau wortel dan buncis.. Tapi masak begitu, membuat anak saya makan nya jadi lama, mengunyah nya itu yang bikin lama.. Karena mereka anti sama sayuran, walaupun mereka itu pecinta udang atau cumi atau ayam.. Trus pernah saya kombinasikan udang dengan jamur, eh, makannya jadi lama juga.. Masak daging lalu saya kasih didalam nya bawang bombay, dan paprika, malah jadi lama juga makan nya.. Padahal kalau gak pakai paprika sebetul nya makan nya jadi cepat.. Paprika bau nya sangat menyengat, bagi saya enak dan sedap, bagi anak saya “no”.. 

Sebetulnya kata papa Akira, lebih baik lauk nya dicampur sayur biar ada nilai gizi lain nya.. Tapi bagi saya daripada menjadi tidak dimakan oleh anak sama sekali, ya lebih baik, sayuran nya saya masak terpisah.. Toh ngajarin anak tidak harus memaksa anak dengan cara menyuruh nya makan, yang pasti kita sebagai orang tua, memberi contoh terlebih dahulu.. Apalagi kalau kita makan nya bersemangat, pasti suatu saat nanti mereka juga makan nya bersemangat dengan gizi seimbang.. Saya dulu pas lagi kecil juga begitu.. Makan sayur gak suka, pas udah gede nih, (sadarnya pas udah gede), baru deh mau makan sayur apa saja termasuk bayam dan kangkung..


Eh, lanjut deh ke masak sayur oseng jagung, buncis dan wortel.. Sayuran itu semua nya baik, apalagi kalau dia warna-warni, biasa nya anak-anak suka tuh.. Karena warna nya saja.. Kwkwkwkwk.. Saya juga suka dengan sayuran ini, enak dilihat, dimakan pun juga enak.. Ini saya bikin resep nya buat 1porsi untuk 2 orang yaitu saya dan papa Akira.. Jagung nya saya pakai baby corn yaitu jagung kecil-kecil itu, wortel nya pake wortel yang besar dan buncis nya pakai buncis yang biasa.. 

Oseng jagung, buncis, wortel

Bahan :

  1. Baby corn 4buah
  2. 1/4 wortel 
  3. 5buah buncis
  4. 2siung bawang merah
  5. 1siung bawang putih
  6. 2 buah cabe merah, iris tipis, cabe di sini ukuran lebih pendek dibandingkan dengan cabe di indonesia.. Cabe di indonesia agak lebihbpanjang jadi bisa pake satu saja sebagai hiasan saja.. Tapi kalau mau pedes, bolehlah dibanyakkan, tergantung selera masing-masing.. 
  7. 1/2 sdt Gula
  8. 1/4 sdt garam, 
  9. 1/4 sdt merica 
  10. 1/4 sdt kaldu bubuk, saya pakai royco kaldu ayam..
  11. 20ml air 

Cara membuat :

  1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe buang biji nya lalu iris serong..
  2. Potong-potong buncis, baby corn dan wortel..
  3. Panaskan minyak sekitar 3sdm, lalu tumis bawang merah kemudian bawang putih hingga harum..
  4. Masukkan wortel, buncis dan  baby corn serta cabe aduk-aduk  sebentar..
  5. Tambahkan air, masukkan gula, garam dan merica serta kaldu bubuk.. Icip-icip rasa bila dirasa kurang bisa ditambahkan..
  6. Masak hingga air agak menyusut atau sedikit kering dan sayuran matang..
  7. Angkat dan sajikan..

Itadakimasu, Selamat makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..

Selamat ulang tahun untuk papa Akira 

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan, 16 Juni 2016

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s