#156 Tahu Telur Bacem

Tahu telur bacem, tiba-tiba kangen dengn masakan Indonesia yang satu ini, ya kalau ada temen nya tempe, mungkin tempe nya akan saya cemplungin juga di sini, berhubung tempe nya tidak ada, jadi saya bikin nya tahundan telur rebus saja..

Awalnya saya bikin nya lama 3jam.. Tapi kata mertua saya bikin nya gak perlu lama-lama sebentar saja.. Jiiaaaah.. Katanya yang penting bumbu meresap kedlam tahu atau telur, dan itu sudah jadi.. Hahahahaha, dulu saya bikin sampe 3jam karena menunggu hingga air menyusut.. Tapi kali ini masak nya bisa sampe 1jam.. Sebetulnya masak nya sampe setengah jam pun bisa, karena saya melihat bumbu di dalm tahu nya sudah masuk ke dalam tahu.. Tapi air nya mungkin agak lebih disedikitin dari resep ini biar sisa air nya nanti jadi sedikit dan bumbu lebih meresap.. Untuk ukuran bumbu nya disamakan saja, cuman air nya saja yang sedikit gar matang nya cepat..

Ini saya masak 1jam, hahahaha lama ya, karena pengen air nya nyusut gitu agar rasa lebih enak..

Bahan :

  1. 1kotak tahu potong jadi 9 buah.. Di sini saya pake tahu putih yang lembut..
  2. 3butir telur rebus
  3. 500ml air kelapa, bila tidak ada bisa pakai air biasa, tetep enak juga..
  4. 60gram gula merah 

Bumbu halus :

  1. 4siung bawang merah
  2. 2siung bawang putih
  3. 1/4 sdt ketumbar
  4. 2cm lengkoas
  5. 2lbr daun salam
  6. 1/2sdt garam 
  7. 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara membuat :

  1. Siapkan air kelapa kedalam panci, masukkan bumbu uleg dan tahu serta telur dan gula merah sisir.. Atur sehingga tahu dan telur terendam dalam air..
  2. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut.. Bolak-balik tahu dan telur..
  3. Jika terlihat sudah kecoklatan, matikan api.. Diamkan selama beberapa jam, agar bumbu semakin meresap..
  4. Lalu goreng tahu pada saat ingin dimakan.. 


Itadakimasu, terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..


Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan, Juni 2016

      Leave a Reply

      