#155 Rendang Bukan Bumbu Instan

Saya suka lihat postingan fesbuk nya sederhana padang yang ada di Jepang.. Makanan nya terlihat enak-enak, siapa yang jadi tidak kangen dengan masakan Indonesia yang satu ini.. Kalau ke rumah makan padang, saya itu kadang-kadang bingun mau makan apa, secara masakan padang itu semua enak.. Rendang, dendeng balado, ayam bakar, ayam pop, sambal goreng ati ampela, ikan kembung bakar, sambal udang, cumi, gule nangka, sambal balado merah, sambal balado hijau.. Aaaaaagggghhhrrrr, semua enak.. Kalau di sini, nasi ayam bakar harga nya 1600yen terdiri dari nasi, rendang, gule nangka dan sambal balado, dan itu pun belum tetmasuk ongkos kirim.. Hiks, bagi saya harga segitu nyesek banget.. Jadi saya berpikir untuk membuat saja.. Oh iyah, kalau rendang nya saja 3potong 1350 yen.. Mahal juga ya, secara saya di sini pengangguran, mau uang dari mana.. Hahahahahah.. Eh, tapi hidup harus tetep disyukuri, karena saya disini jadi mendapatkan istirahat yang cukup, bisa menulis, bisa masak dan bisa bareng anak-anak.. Kalau ada waktu senggang dan ngantuk, wes bobo manis di atas kasur.. 

Ini rendang, saya sampe bikin berkali-kali nyoba pake bumbu macem-macem dan cara membuat nya pun sudah macem-macem juga.. Tapi ini yang paling bagus, kata papa Akira, yang ini sudah pas dan penampilan sudah baik.. Kwkwkwkwk.. Saya tuh buat rendang ini awal nya mau jualan, eh, tapi kok jadi mahal buat kalangan mahasiswa, buat orang kerja di Jepang sebetulnya tidak mahal, tapi saya tidak punya koneksi, alhasil gak jadi jualan, walau sudah kasih tester ke sana sini.. Hihihihi, belum sa’i ke tujuh, mungkin rezeki nya ada di tempat lain seperti yang dialami oleh Siti Hajar..

Tapi gak papalah, mudah-mudahan penerus saya nanti, atau adek tingkat saya atau siapalah nanti yang mau pake resep saya buat jualan rendang dimana pun dikau berasa.. Kwkwkwkwkwk.. 

Kalau dulu sebelum saya menemukan toko bumbu dapur Indonesia, saya pake nya bumbu instan yaitu bumbu inti kokita B. Dan saya turutin aja tuh cara membuat nya.. Seperti #013 Rendang | Cerita-cerita ku

https://mitnablog.wordpress.com/2016/01/12/013-rendang/

Kali ini, karena saya menemukan tempat belanja bahan dan bumbu dasar indonesia alias bumbu dapur yang fresh maka saya membuat rendang ini dengan meracik sendiri.. Sebelumnya sempet konsultasi dulu sama temen saya yang nama nya octa tentang bahan-bahan nya dan cara buat nya.. Kemudian, baru saya coba-coba sendiri dengan ukuran dan takaran yang pas..

Yuk kita eksekusi cara membuat rendang nya:

Bahan :

Bahan ini yang digambar itu-itu, dipake buat 2x masak rendang ikuran daging sapi 1/2kg dengan jumlah santan sebanyak 1L.. Jadi ini saya buat resep rendang untuk ukuran daging sapi 1/2kg ya..

  1. 1/2Kg daging sapi, bersihkan dan buang lemak atau putih-putih yang menempel di daging sapi.. Lebih baik cari daging yang beneran daging full.. Soalnya kasih yang makan kalau ada yang kayak berlemak-lemak gitu, keras, bikin sakit gigi.. Udah saya tester ke anak dan suami, mereka komplain kalau makan daging ada keras-keras nya…
  2. 600ml santan kara.. Jadi pake yang ini 3bungkus 
  3. 400ml air

Bumbu dihaluskan untuk masak 2x daging rendang.. Jadi nantinsetelah dihaluskan, dibagi 2 ya, sisa nya bisa simpan di kulkas untuk masak berikut nya.. Di simpan ditoples kaca.. Atau jika tidak ingin menyimpannya, makan bumbu halus ini dibuat setengah nya saja..

  1. 6sdm makan cabe giling, saya sudah punya stok cabe banyak, jadi saya tinggal ambil saja.. Bagi sebagian orang ini kurang pedes, jadi bisa ditambahkan beberapa sendok lagi.. Bagi saya dan suami dan orang jepang, ini pedes nya sudah cukup..
  2. 10 siung bawang merah
  3. 5siung bawang putih
  4. 4 ruas jari lengkoas
  5. 2 ruas ibu jari jahe

Bumbu rempah lain untuk 1x masak rendang daging ukuran 500gram

  1. 1batang serei
  2. 2lbr daun jeruk purut
  3. 2lbr daun salam
  4. 1/2sdt garam
  5. 1/4sdt kunyit bubuk

Cara membuat : 

  1. Daging dicuci dan dibuang lemak-lemak nya..
  2. Haluskan bumbu
  3. Masukkan santan ke dalam panci, masak sebentar hingga keluar minyak.. Nah, ini santan nya agak kental, jadi masak dengan api sedang kecil sekita 1/2jam 
  4. Lalu masukkan bumbu halus dan bumbu rempah lain serta daging.. Masak dengan api kecil..
  5. Tambahkan air sekitar 200ml, aduk-aduk agar kuah merata.. Maska dengan api kecil.. 
  6. Jangan lupa diaduk dan dilihat sesekali agar tidak gosong..
  7. Bila air sudah agak menyusut tambahkan lagi 100ml.. Biarkan sampai air santan mengeluarkan minyak dan warna berubah menjadi agak kecoklatan..
  8. Masukkan air lagi sebanyak 100ml.. Lalu aduk, masak hingga daging empuk dan warna berubah menjadi coklat dan mengeluarkan minyak.. Lama masak rendang hingga daging menjadi empuk adalah sekitar 3-4jam dari awal santan dimasak..

Nah rendang susah jadi siap disantap dengan nasi.. Pengalaman ngasih tester ke orang lain, pada langsung makan begini saja, tanpa nasi, lalu bilang “sedap nya”.. Kwkwkwkwk, alhamdulillah..

Itadakimasu, selamat makan..

Tetima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..

Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan

— Mei 2016 —

2 thoughts on “#155 Rendang Bukan Bumbu Instan

Leave a Reply

