#154 Potato Salad

Paling seneng bikin yang berasa mayonese-mayonese secara mayonese kalau dicampur dengan saos tomat berasa enak sekaleng, apalagi ada daging di dalam nya.. Berasa kan enak nya makan burger, kebab, atau risoles mayo yang mayonese nya meluber alias banyak.. Saya sering banget lihat di supa alias supermarket di sini salad mayonese.. Tapi saya gak berani beli, cuman melototin aja.. Nah, kali ini kok tumben-tumben nya saya bener-bener ada keinginan mau bikin.. Setelah jalan-jalan keliling lihat makanan jadi di supa, saya fotolah si potato salad nya ini, nyampe rumah saya eksekusi sendiri.. Uhm, ternyata potaro salad nya seger dan enak banget.. Makan nya ya begitu aja, karena itu porsi nya sudah besar dan mengenyangkan.. Ini saya bikin sedikit buat keluarga saya, kalau tidak laku di mata anak dan suami, ya aku bersedia dengan penuh kepasrahan dan sedikit senang menghabiskan nya.. Tapi lirik-lirik dan tanya-tanya dulu sama anggota keluarga, kira-kira mau dimakan tidak?? Hahahaha, ternyata papa Akira juga ikut makan.. Dia mau makan setelah makan nasi alias jadi desert.. Dan saya mau makan nya kapan saja.. Hehehehehe..
Ayolah kita eksekusi potato salad ini :


Potato salad

Bahan :

  1. 2buah kentang, rebus lalu hancurkan dengan hand blender
  2. Kornet ayam sesuka nya.. Kornet ayam yang saya beli disini bentuk nya padat, tidak terlihat seperti butiran daging ayam giling.. Jadi kesan nya seperti smoke chicken.. Enak lho, harga nya pun murah.. Trus kornet nya diiris tipis lalu digoreng dengan minyak sedikit atau kalau pakai teflon, tidak perlu ditambahkan minyak cukup dipanaskan saja, jadi kesan dan rasanya kayak smoke chicken, lebih terasa rasa ayam nya.. Setelah di panggang di teflon, Lalu potong kotak kecil seperti gambar diatas..  Kornet ini saya beli di gyomu..
  3. Kyuri atau timun jepang, iris tipis.. Saya mengiris nya pake slicer buat ngupas kulit wortel kentang, jadi tipis banget..
  4. Wortel secukup nya, secukupnya ini tergantung dengan porsi yang diinginkan.. Kalau saya suka ngeslice atau potong-potong dulu menyeimbangkan dengan jumlah atau bahan makanan lain.. Saya pake sekita 1/3 wortel
  5. Macaroni, saya pake nya sekitar 2 genggam saja lalu rebus sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan..
  6. Secukupnya mayonese.. Bila cinta banget sama mayonese, maka mayonese nya dibanyakkan.. Disini saya pake mayonese yang khusus buat dressing jdi ada sayuran nya sedikit di mayonese nya..
  7. Kalau ada cuka, pake sedikit cuka makan.. Tapi saya tidak pake, karena mayonese nya sudah agak berasa asem-asem gitu kan..

Cara membuat :

  1. Campur macaroni yang sudah direbus, wortel dan timun yang sudah dipotong.. 
  2. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan lalu aduk rata..
  3. Masukkan mayonese.. Aduk rata.. 
  4. Tambahkan sedikit cuka kalau mau dan ada..

Simple kan cara bikin nya.. Jika mau lebih seger.. Campurkan dulu wortel dan kyuri nya dengan sedikit cuka, lalu masukkan ke dalam kulkas agar sayuran nya berasa dingin.. Lebih dingin lebih enak dan lebih seger di mulut.. Selamat mencoba..


Itadakimasu.. Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

    Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan, Juni 2016

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s