#153 Bubur Sumsum

Pengen makan bubur sumsum dikala bukan ramadhan ini, kalo di Indonesia semua tinggal beli, gak perlu ribet buat masak.. Di sini harga tepung beras dan tepung ketan putih lumayan mahal (bagi saya ya..) yaitu 800yen untuk 500gram tepung ketan putih dan 800yen untuk 500gram tepung beras.. Cuman gara-gara kepengen aja, di sini tidak ada yang jual, maka nya saya selalu dan serba buat sendiri.. 

Hasil eksekusi 10 juni 2016, puasa hari ke lima..


Yang ini aku pake resep nya (bubur sumsum nya).. Ini buat dua porsi, yang makan hanya saya dan papa Akira..

Yuk langsung kita siapkan bahan nya :

1. 2sdm tepung beras

2. 1sdm tepung ketan

3. Santan kara sekitar 80-100ml ditambah air jadi total 500ml

4. 1sdt garam

5. Daun suji atau daun pandan

Cara buat : campur semua jadi satu masak dengan api sedeng, sampe kentel.. Nanti pas dingin dia akan agak mengeras sendiri..

Kuah gula merah nya (bisa buat 8porsi)

1. 125gram gula merah (gula merah ku kental banget)

2. 400ml air (klo gula merah nya gak kentel, air nya 300ml aja)

3. Daun pandan

4. 1/4sdt garam

5. 1sdm tepung sagu, dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat: didihkan gula merah bersama air dan garam, trus saring.. Masak lagi gula merah nya tambah daun suji.. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api, tambahkan larutan tepung sagu.. Aduk-aduk sesuai selera (mau kentel atau tidak)

Selamat mencoba dan selamat berbuka puasa..

Itadakimasu.

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..


Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan, 10 Juni 2016

Advertisements

4 thoughts on “#153 Bubur Sumsum

    1. Hahahaha, iyah ini bubur sumsum.. Tapi di palembang saya pernah makan yang nama nya bubur trus kuah nya dari sumsum sapi.. Itu makanan saya lagi kecil.. Dirimu mengingatkan ku dengan makanan itu, wah saya jadi kangen.. Tapi itu nama nya bubur apa ya?? Nanti saya cari tahu..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s