#149 Tempat Belanja Baru

Kali ini, saya tidak hanya menulis, tapi saya akan berusaha mengenang dan mengingat semua orang yang saya temui, agar saya selalu mengingat nya.. Mungkin saja, setelah ada perpisahan, akan ada pertemuan berikut nya.. Saya ingin mengingat kebaikan orang-orang..

Alhamdulillah, banyak teman, banyak rezeki, banyak informasi yang diperoleh.. Kali ini, saya mau berbagi cerita tentang tempat belanja baru saya.. Mungkin saya tidak akan belanja di okubo secara online lagi, kecuali kalau ada barang yang saya butuhkan tapi di tempat belanja ini tidak ada.. Setiap kali saya bertemu dengan orang muslim di yamanashi (tak perduli dari negara mana saja) saya tanyakan adalah di mana membeli bahan makanan halal seperti daging dan bahan masakan mentah). Nah, saya memiliki teman malaysia, orang nya baik sekali menurut saya (nama nya qistina, orang nya pake jilbab, kurus tinggi).. Saya bertemu dia pertama kali di toko obat Sanroad.. Lalu dia mengucapkan salam, pertemuan pertama kami, saya sedang bersama anak saya.. Lalu dia memberi tahu nama nya dan ingin menunjukkan makanan halal yang bisa dibeli di sana.. Tapi pertemuan pertama pada saat itu saya menolak, karena saya sedang bersama anak saya dan buru-buru.. Setelah beberapa kali bertemu, saya akhir nya saya meminta beliau untuk menunjukkan makan dan cemilan yang halal di toko itu.. Lalu dia juga menemani saya menunjukkan makanan halal di seven eleven, kemudian dia menunjukkan saya tempat membeli daging halal yang terdekat, yaitu di kosan temen nya.. Dan ternyata, memang harga nya lebih murah dibandingkan di okubo, selain dekat dengan rumah kami, saya juga bisa membeli apa saja yang saya ingin pesan.. Alhamdulillah.. Jadi saya tidak perlu menyetok banyak daging beku untuk stok satu bulan, seperti yang biasa saya beli di okubo.. Jadi kapan saya butuh daging ayam atau daging sapi atau hati ayam dan lainnya, saya tinggal datang ke rumah temen nya qistina ini.. Banyak keuntungan nya saya bisa membeli disini, selain murah, tidak pake biaya transfer uang dan tidak ada ongkos kirim juga dan belanja nya juga tidak mengharuskan banyak hingga 10rb yen, seperti yang sering saya order di online shop, Alhamdulillah.. Oh iyah, qistina ini orang nya juga baik banget, dia mau membantu menanyakan kepada customer service yang ada di bungkus makanan mengenai kandungan makanan di dalam nya.. Misalnya roti, komposisi nya terdiri dari margarin dan emulsifier.. Nah, emulsifier dan margarin ini ditanyakan ke customer service, dalam pembuatannya menggunakan lemak nabati atau hewani.. Qistina langsung menanyakan nya via telp.. Alhamdulillah banget punya temen kayak gini..

Selain itu, saya juga punya temen yang anak nya sekolah di tk Akira, orang malaysia juga, dia non islam, sudah lama tinggal di jepang (10tahun, nama nya tam).. Pertama kali bertemu pada saat event makan bareng anak-anak dan orang tua di sekolah.. Pada saat itu, saya sedang mengenakan sepatu, lalu dia yang mendekati dan menyapa saya.. “Orang malaysia ya??”, kata nya.. “Bukan, saya orang Indonesia”, jawab saya.. Lalu kami berbincang-bincang, kemudian dia menawarkan bantuan kepada saya, jika saya membutuhkan sesuatu.. Kemudian, dalam perjalanan pulang sekolah, kami bertukar nomor handphone.. Rumah beliau tidak jauh dari sekolah hanya 6menit, dan beliau masih mengontrak, sedang suami nya adalah dosen di universitas yamanashi.. Dia sendiri baru 1 tahun bekerja arubaito.. Lalu selang beberapa hari pertemuan kami, saya mengsms beliau, dimana biasa nya beliau belanja ikan.. Dia membalas sms saya, memberitahu nama tempat nya.. Seminggu kemudian, mendadak dia tiba-tiba mengajak saya ke tempat belanja itu.. Kami bertemu di sanroad jam 10.30 lalu kami berangkat ke sana menggunakan mobil beliau berdua saja.. Lokasi nya ternyata tidak jauh dari ogino tempat saya belanja dan lebih dekat dengan museum kesenian yamanashi.. Perjalanan kami menggunakan mobil pribadi menghabiskan waktu sekitar 15menit.. Nama toko nya hagiwara yang menjual sayuran dan buah.. Lokasi nya ada di sini https://www.google.co.jp/maps/place/%E8%90%A9%E5%8E%9F%E9%9D%92%E6%9E%9C%E5%BA%97/@35.6633059,138.5323336,3a,75y,274h,90t/data=!3m7!1e1!3m5!1sd2ArzGRLQOe5N3sESBbMiw!2e0!6s//geo0.ggpht.com/cbk?panoid=d2ArzGRLQOe5N3sESBbMiw&output=thumbnail&cb_client=search.TACTILE.gps&thumb=2&w=86&h=86&yaw=274.48358&pitch=0!7i13312!8i6656!4m5!3m4!1s0x0:0x8d5c709d2a274959!8m2!3d35.6633151!4d138.5321883!6m1!1e1


Toko ini menjual bahan makanan asia.. Toko nya kecil, tidak besar.. Di sana menjual bawang merah fresh seperti di indonesia, kita bisa beli sesuka hati kita, tidak dipatok harus membeli 250gram atau 500gram.. Hal ini mengingatkan saya ketika di palembang waktu masih kecil, bisa membeli apapun dan berapa pun, tinggal ditimbang, lalu diberi harga.. Senang nya saya. Di toko ini saya bisa membeli serei, daun jeruk, daun pisang segar, jahe, lengkoas, bawang merah, cabe (pada saat itu cabe nya sedang tidak ada), lalu ikan mujair beku.. Waaaah, senang sekali saya bisa menikmati bahan makanan indonesia.. Alhamdulillah, harga nya pun terjangkau.. Jadi kalau saya membutuhkam bahan makanan, mungkin saya akan pergi ke toko itu lagi, bumbu rempah sangat saya butuhkam apalagi yang fresh.. Kami belanja di toko ini hanya 15menit, karena Tam harus buru-buru pulang untuk memasak makan siang untuk suami nya.. Dalam perjalanan pulang, dia memberitahu saya tempat membeli daging yang halal yang terdekat yaitu Gyomu.. Tam mengantar saya kembali sampai ke ujung jalan rumah saya.. Dan saya sangat senang sekali bisa berbelanja dengan beliau..


Ikan tilapia nya saya eksekusi dengan digoreng saja..


Alhamdulillah, akhir nya saya bisa mengajak suami untuk menjelajah toko gyomu.. Di sanamenjual daging halal, yang harga nya juga relatif lebih murah. Saya bisa membeli nugget, sosis, daging ayam, ebi furai halal, kornet ayam halal dan makanan lain nya yang harga nya lebih murah termasuk cemilan halal juga ada di sini.. Hanya di Gyomu tidak menjual sayuran segar, adanya sayuran beku alias frozen.. Gyomu ini ada di mana-mana, bisa di search melalui google map.. Saya ke Gyomu naik mobil pribadi bersama suami saya, lama perjalanan sekitar 15menit.. Bisa juga dilalui dengan bersepeda.. Kapan-kapan mungkin saya akan bersepeda menuju ke sana, bila saya perlu ke sana di hari kerja..

Senangnya, semakin hari semakin menemukan tempat belanja yang dekat serta murah meriah.. 

Alhamdulillah.. Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan, Juni 2016

2 thoughts on “#149 Tempat Belanja Baru

Leave a Reply

