#147 Kegiatan Sekolah TK (Jepang)


Musim panas tiba, anak saya jadi kelihatan agak hitam ya.. Topi dah berganti dengan warna kuning, bahan kayak dari bambu gitu.. Kalau musim dingin, topi hijau, bahan seperti dari kain.. Musim panas, pake baju lengan pendek, sedangkan musim dingin pake baju putih lengan panjang dan pake sweater hijau.. Foto ini dimbil sebelum berangkat sekolah, tetep semangat nak..

Selama sekolah di Shirayuri Yochien Yamanashi, Jepang, kegiatan anak saya Akira dan Akari kebanyakan adalah skill dan bakat.. Anak-anak seumuran Akira (5tahun) dan Akari (3tahun) tidak diharuskan belajar membaca atau mengenal huruf.. Mereka di sini diajarkan olahraga dan mengembangkan bakat. 

Jam 09.15 anak-anak sudah masuk sekolah.. Kalau Akira dan Akari ingin minta diantar sama saya, maka saya yang antar, biasa nya yang mengantar mereka adalah papa mereka. Pada saat saya yang mengantar, saya suka melihat banyak murid yang sudah datang lebih awal. Malah, kalau kami baru tiba di sekolah, banyak anak-anak sudah mulai bermain di lapangan dan sudah mengganti baju olahraga.. Anak murid yang sudah datang duluan ini adalah mereka yang menggunakan fasilitas bis antar jemput sekolah.. Dan kalau kami datang nya on time saja.. Hehehehehe..

Ini Akira dan Akari baru saja tiba di sekolah, masih pake tas menuju kelas untuk mengganti pakaian nya dengan pakaian olahraga.. Dan saya sendiri mengambil foto ini dari luar pagar, karena orang tua tidak diizinkan masuk ke dalam area sekolah.. Sedangkan anak-anak lain sudah sibuk bermain di lapangan. Kemudian, anak-anak melepas sepatu dan kaos kaki nya, lalu meletakkan nya di rak sepatu sesuai dengan nama mereka sendiri yang tertulis di rak sepatu.. Kemudian di dalam kelas mereka mengganti baju mereka, membuka tas dan mengambil baju olahraga, lalu mengganti sendiri.. Kalau untuk seumuran Akari, sampai saat ini (sudah 2 bulan menjlankan sekolah di jepang) pakaian nya masih di lepas dan dipakaikan oleh sensei nya.. Lalu baju ganti di simpan lagi di dalam tas, dan tas nya di taruh di lemari tas sesuai dengan nama masing-masing..

Selama di sekolah, Bermacam-macam kegiatan yang dilakukan baik indoor maupun outdoor.. Kalau indoor, biasa nya anak-anak diajarkan menggambar, mewarnai, bernyanyi, menggunting, membuat sesuatu dari kertas, nermain dengan menggubakan lilin dan lain nya.. Salah satu hasil kreasi anak saya di sekolah adalah gitar.. 


Gitar ini dibuat di kelas nya Akira.. Masing-masing anak diajarkan menggunting, dan mewarnai serta menempel nya sendiri.. Membuat gitar ini sekitar 3hari.. Jadi Akira sempet cerita kalau dia sedang membuat gitar.. 
Ada lagi kreasi lain yaitu membuat topi dari koran bekas.. Topi nya mirip dengan topi ulang tahun yang kerucut itu..

Pas pulang sekolah Akira dan Akari membawa membawa topi..

Kegiatan outdoor nya yaitu wall climbing flying fox, bersepeda dengan satu roda, memanjat tiang, lompat tali, bermain pasir, dan olahraga tali, bermain bola. Disini anak-anak diutamakan dilatih fisik nya agar menjadi orang yang kuat dan selalu bersemangat. Kalau saya lihat, orang-orang dewasa di jepang kalau jalan itu cepat, kadang mereka harus lari. Kalau yang sudah nenek-nenek dan kakek kakek kadang saya suka lihat masih membawa mobil sendiri atau jalan-jalan dan belanja sendiri.. Sugoi!!!

Bermain sepeda dengan satu roda..


Wall climbing dan panjat tiang, anak-anak menggunakan topi dan tanpa alas kaki karena sudah musim panas.. Kalau musim dingin, pake sepatu dan kaos kaki..

Setelah bermain di lapangan, anak-anak berbaris dan mengantri mencuci tangan.. Lalu bagi yang ingin ke toilet, maka anak-anak juga harus mengantri.. Kemudian masuk ke dalam kelas untuk selanjutnya makan siang.. Pada saat makan siang, semua bento siap diatas meja, kemudian anak-anak makan dengan sendiri nya.. Sensei nya juga ikut makan.. Sebelum makan, sensei nya memainkan pianao dan anak-anak bernyanyi, kemudian mengatakan “minna san itadakimasu, sensei itadakimasu”.. Lalu makan dilanjut hingga jam 12.30.. Kemudian, anak-anak boleh mengambil minum berupa teh atau susu yang disediakan di sekolah. Bila telah selesai, anak-anak membereskan tempat makan nya sendiri, menutup bekal makan nya, menaruh kembali tempat sumpit dan sendok, lalu memasukkan peralatan bento mereka ke dalam bungkus nya.. Bila ada makanan yang berjatuhan di meja, maka anak-anak harus memasukkan nya ke dalam bak sampah.. Kemudian, anak-anak mengantri menyikat gigi, atau bila ada yang mau ke toilet,harus mengantri juga.. Kemudian, mereka meletakkan dan menyimpan tempat bento nya lahi ke dalam tas.. Kemudian dilanjutkan dengn kegiatan sekolah lagi.. Bila sudah waktunya mau pulang, anak-anak disuruh ganti baju lagi.. Baju seragam sekolah.. Jam 14.45 waktu nya pulang, buku absensi dan buku catatan diberikan lagi kepada anak-anak. Dan anak-anak nya sendiri yng memasukkan ke dalm tas mereka.. Lalu memakai topi dan kaos kaki serta sepatu, sambil menunggu orang tua mereka menjemput.. Kadang selama menunggu, anak-anak bebas bermain di lapangan..

Oh iyah, ini hasil tes fisik Akira di sekolah.. Dari hasil tes fisik ini, Akira kebanyakan diatas rata-rata.


Kalau yang ini hasil tes fisik Akari 


Cap kaki Akira 


Dan ini cap kaki Akari


Tentang cap kaki ini cerita nya bagaimana.. Nanti kita lanjutkan ya nak, mama juga masih belum ngerti sekali membaca bahasa jepang.. Itu petunjuk nya sudah mama simpan di blog ini.. Suatu saat nanti kita bahas lagi, bila sudah mengerti.. Kwkwkwkwkwk..

Salam hangat dari kami sekeluarga, Kofu, Yamanashi, Jepang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s