#145 Otak-otak Bakar

Saya kalau bikin pempek-pempek-an kayak nya bakal konsisten dengan resep saya sendiri, yaitu pakai ikan, dengan sedikit air, atau tidak sama sekali dan 1butir telur.. Hari ini dapet kiriman pempek dari wong palembang di shizouka, pempek HC, pempek nyo mang cek Latha Mausandi dan bik cek Septiani Faradilla.. Alhamdulillah, domo arigatou, mokaseh banyak.. Dikirimin juga beserta tekwan, model, dan gulo merah, pempek kulit 2ikok dan pempek kapal selem 1.. Alhamdulillah lemak nian.. 

Nah abis itu berlanjut ke bikin otak-otak soalnyo maseh ado cuko pempek (lho saya gak sadar jadi tiba-tiba nulis dalam bahasa palembang).. Hehehehe, sumimasen deshita minna san..

Langsung aja cus ke cara bikin otak-otak bakar..


Bahan :

  1. 240gram ikan putih fillet, karena berat nya ikan yang saya dapet cuman segitu.. Ya ikan ini biasa nya berat nya sekitar 240-290gram.. Lalu potong-potong..
  2. 1 butir telur
  3. 1/2sdt garam
  4. 1/2sdt lada
  5. Sedikit daun bawang, ini dipakai sedikit karena hanya punya sisa sedikit, lebih sedep kalau agak dibanyakin.. Mungkin pakai nya 1 buah daun bawang.. Kalau saya ini pakai nya hanya 1/3 daun bawang biasa..
  6. 60ml santan kara, kalau mau lebih sedep lagi boleh lebih banyak sampai sekitar 150ml.. Soalnya sisa santan hanya segitu..
  7. 20ml air, buat nguras sisa santan yang ada dalam toples.. Kwkwkwkwkkw.. Gak pake air lebih baik..
  8. Bawang bombay sebanding dengan 4 siung bawang merah, lalu rajang atau cacah.. Jadi boleh pake bawang merah dihaluskan
  9. 2siung bawang putih, haluskan..
  10. 100 gram Tepung kanji..

Cara membuat :

  1. Haluskan ikan dengan chooper..
  2. Kemudian pindahkan ikan giling ke dalam mangkok..
  3. Masukkan bahan 2 sampai 9 
  4. Remas-remas menggunakan tangan..
  5. Masukkan tepung kanji sesendok sambil diremas-remas.. Masukkan sesendok lagi, remas-remas.. Sampai tepung kanji habis..
  6. Adonan siap di masukkan ke dalam daun pisang..
  7. Daun pisang nya jangan lupa dipanaskan dulu di kompor.. Istilah saya di palembang sih dilayur.. Jadi dipanaskan di atas kompor sambil berjalan.. 
  8. Jika semua daun pisang sdh dipanaskan, daun pisang siap dipakai..
  9. Masukkan 2sdm adonan diatas daun pisang 
  10. Lalu gulung dan tusuk dengan tusuk gigi di kedua ujung nya.. Gulung dan memasang tusuk nya jangan sampai memadatkan isi adonan dalam bungkus, karena adonan ini akan mengembang jika dibakar..
  11. Lakukan sampai adonan habis.. (Hasilnya kalau saya dapat 9 buah otak-otak) 
  12. Adonan siap dibakar 
  13. Saya memanggangnya di oven kompor bawah selama 20menit.. Setiap 8menit saya balik.. Sebaiknya oven dipanaskan selama 2menit dulu sebelum dipakai..
  14. Tes kematangan dengan menusukkan otak-otak dengan tusuk gigi..
  15. Bila sudah matang, otak-otak siap disantap.. 

Itadakimasu.. Selamat makan..


Oh, oishii so desu yo.. Matang sempurna, tidak kegosongan dan tidak mentah, dan tidak keras juga..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini.. 

Hasil eksekusi 15Mei 2016 jam 11.00 Kofu Shi, Yamanashi Ken, Japan..

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s