#143 Ayam Bakar Taliwang

Mencari masakan dan resep-resep dari google, fesbuk maupun dari instagram serta you tube kalau mau lengkap.. Resep nya di lihat-lihat dulu dan difilter kira-kira yang menjadi kesukaan anak-anak dan papa Akira apa nih.. Kesenengan akira sih tepung-tepungan, tapi kalau saya tidak begitu suka keringan begitu setidaknya ada yang berkuah-kuah nya sedikit, yah nyari dampingan makanan nya lah.. Nah kalau yang dibakar-bakar, anak-anak dan papa nya suka.. Kayak ayam bakar kenny rogers, chicken tandori, dan kali ini ayam bakar taliwang.. Ayam bakar taliwang ini, saya ambil resep nya dari instagram bisabikin oleh lilyyanawati.. Tapi disini, bumbu nya saya modif sesuai takaran saja..


Ayam bakar nya ini menurut saya enak sekali.. Katanya ini adalah ayam bakar khas lombok.. Jujur saja, saya belum pernah kulineran makan ayam bakar ini.. Pas ngerasain buatan sendiri, rasa nya enak banget (maaf ya, saya di sini muji diri sendiri, kwkwkwkwkkw).. Alhamdulillah, segala puji (sebetulnya) hanya bagi Allah.. Tapi kata suami saya juga enak lho.. Bolehlah kalau mau coba resep nya..

Ayam Bakar Taliwang 

Bahan :

Saya tulis resep asli nya, dan resep buatan saya ya..

Bahan A :

  1. 1ekor ayam kampung belah tengah jangan sampai putus, kucuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan dalam lemari es selama 15 menit.. Kalau saya pake nya 3paha ayam dengan tulang (berat 1 paha ayam sekitar 220gram), lalu saya cuci kemudian saya blansir sebentar agar darah ayam nya keluar.. Cara nya yaitu, saya rebus ayam dengan air setinggi ayam (sampai ayam terendam dalam air) sampai air nya mendidih dengan api besar (sktr kurang dari 5 menit sejak ayam dimasukkan ke dalam air, matikan api).. Nanti akan keluar gelembung air dan darah dari tulang ayam, pencet-pencet ayam nya biar darah ayam keluar semua.. Lalu buang semua air nya, cuci bersih kembali ayam dan tiriskan..

Bumbu B :

  1. 7siung bawang merah.. Kalau saya, karena hanya pake 3paha ayam dan sisa bawang merah nya cuman 3siung, ya jadi saya pake 3siung bawang merah.. Hehehehe..
  2. 4siung bawang putih (saya pakai 2siung bawang putih)
  3. 4butir kemiri (saya pakai 2butir)
  4. 6cabe merah (saya tidak pakai)
  5. 2cabe rawit merah (saya tidak pakai)
  6. 2sdt terasi (saya pakai 1/2bungkus terasi yang bungkus kecil itu)

Bahan C :

  1. 3lembar daun jeruk
  2. 60ml santan kara
  3. 200ml air
  4. 1/2sdt garam
  5. 1sdm gula merah disisir.. Sekitar sebanyak seperti gambar dibawah..

Bahan Pelengkap :

  1. 1/4 wortel iris memanjang
  2. 3 buncis, iris sesuai selera
  3. 1buah kentang..

Cara membuat :

  1. Haluskan bahan B, lalu tumis hingga harum.
  2. Masukkan bahan C
  3. Lalu masukkan bahan A.. Masak dengan api sedang dengan sesekali dibalik sktr 10menit.
  4. Masak hingga air menyusut dan terlihat keluar minyak..
  5. Rebus bahan pelengkap sebentar saja lalu tiriskan.  lalu tumis dengan margarin.. Sisihkan wortel dan buncis.. Kentang akan dipanggang bersama dengan ayam..
  6. Karena masak nya malam, jadi saya panggang nya besok pagi nya.. Panaskan oven sebelumnya sktr 10menit dengan api atas bawah dengan suhu 210 derajat celcius.. Panggang ayam dan kentang (dialasi dengan baking paper) di oven listrik selama 25 menit dengan api atas bawah, suhu 210 derajat celcius. Sesekali dibalik sekitar 10menit sekali. Jika sudah terlihat matang, angkat..
  7. Tata ayam bersama pelengkap nya..


Itadakimasu, selamat makan.. 

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini

Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s