#142 Lenggang Panggang

Sudah pernah masak pempek bulet alias pempek adaan, pempek kapal selem, lenjer kecil, otak-otak bakar, dan kali ini pengen masak lenggang panggang.. Sengaja beli daun pisang untuk membuat otak-otak dan lenggang.. Karena lagi kangen dengan nama nya bau daun pisang.. Daun pisang itu kalau dipakai pada masakan bisa menambah harum masakan.. Kali ini saya beli daun pisang nya di okubo harga nya 600yen.. Kalau saya baca, daun pisang nya ini impor dari thailand, dan daun pisang yang dibeli ini masih dalam keadaan beku.. Jadi saya mendapatkan nya tidak dalam keadaan segar seperti yang bisa kita beli di abang sayur atau di pasar kalau di Indonesia.. Karena kangen dengan masakan khas palembang ini, jadi saya langsung eksekusi aja dengan mengacu resep pempek saya yang sebelum nya..

Dulu waktu di palembang, kakak saya yang suka bikin lenggang panggang ini.. Bikin nya dari pagi sampai sore, nungguin lengang nya di panggang.. Masak nya banyak sih, pake ikan satu kilo.. Kalau saya sekarang, masak apa-apa pakai ukuran seperempat, ya karena kami tinggal nya hanya berempat.. Heheheheheh..


Yuk langsung cus ke bahan dan cara membuat nya :

Bahan :

  1. 250-280gram ikan putih giling..
  2. 3siung bawang putih, haluskan
  3. 1/2sdt garam
  4. 1butir telur
  5. 100gram tepung kanji

Tambahan :

  1. Daun pisang, dipanaskan dulu di atas kompor.. (Kalau bahasa palembang nya dilayur), bahasa Indonesia nya apa ya?? šŸ˜…
  2. 4butir telur

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan 1-4, aduk menggunakan tangan..
  2. Masukkan tepung kanji sesendok remas-remas menggunakan tangan, masukkan lagi sesendok kemudian remas-remas sampai tepung kanji habis..
  3. Kemudian siapkan daun pisang, bentuk seperti kotak, jepit menggunakan lidi atau tusuk gigi.. Di sini saya menggunakan tusuk gigi.. Siapkan daun pisang lain juga sebagai alas untuk membalik lenggang..
  4. Masukkan setengah adonan ke dalam kotak daun pisang.. Bila kira-kira kotak yang dibuat kecil, maka isi adonan secukup nya saja.. Kotak yang saya buat ini cukup besar, jadi saya memasukkan setengah adonan..
  5. Kocokkan 2butit telur, lalu campurkan ke dalam adonan kotak daun pisang..
  6. Nanti akan jadi 2 seperti ini 
  7. Kemudian panggang.. Saya di sini memanggang nya menggunakan panggangan atau oven kompor, pertama saya panggang selama 9menit, terlihat nelum matang, jadi saya tambah lama pemanggangan nya selama 4menit lagi.. 
  8. Kemudian keluarkan dari oven, lalu lepaskan tusuk gigi nya, buka kotak nya.. Siapkan daun pisang lain lalu balikkan.. Kemudian panggang lagi di dalam oven selama 6menit sampai telur sudah terlihat matang.. Angkat dan sajikan bersama cuko pempek dan irisan timun.. 

Note : biasa nya kalau di Indonesia saya menggunakan pemanggangan maspion yang bisa muter itu, yang ditaruh diatas kompor.. Tapi si lenggang harus di jaga, karena daun pisang nya cepet bolong dan retak, jadi telur nya bisa merembes.. Proses masak begini perlu daun pisang yang banyak untuk melapisi telur agar tidak merembes keluar dari kotak daun.. 


Itadakimasu, selamat makan.. Kita lihat tekstur bagian dalam nya seperti ini 


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. Alhamdulillah..

Kofu shi, Yamanashi ken, Japan

    Leave a Reply

    