#141 Kering Tempe Teri Kacang


Tetiba saya kangen dengan kering tempe yang ada di warteg-warteg gitu.. Menurut saya tempe itu enak.. Kalau dulu pas lagi kecil, saya makan tempe nya ditepungin dengan terigu dikasih bumbu ketumbar, garam dan kunyit sedikit.. Nah, tempe yang begini juga saya cobain ke anak saya Akira dan Akari, Alhamdulillah mereka juga suka.. Pas baru selesai goreng malah dimakan digado aja tanpa nasi, eh, tidak disangka sudah habis 4potong aja anak itu.. Kata nya tempe nya enak.. Hihihihi, saya jadi terharu.. 

Saya membeli tempe hanya satu di toko online okubo, harga nya 350yen.. Pertama kali saya beli, saya dapet nya yang frozen, yang fresh pada saat itu sudah habis.. Tapi tempe nya yg frozen bagus juga kok, jadi tidak langsung saya eksekusi, saya simpan dulu di dalam freezer, karena pas barang-barang datang, saya masih mau masak bahan makanan lain.. Kali kedu saya beli tempe yang fresh.. Nah kalau yang fresh ini, tempe datang, langsung saya masak.. Karena pengalaman saya waktu di Indonesia, kalau beli tempe sebaiknya langsung dimasak hanis hari itu juga, sebab kalau tidak langsung dimasak atau disimpan dulu untuk esok, maka tempe nya sudah tidak bagus lagi.. Hasil akhir nya agak berbeda.. Jadi pas tempe datang (karena saya beli nya hanya satu keping), lali saya masak.. Setengah keping, saya tepungin untuk makan siang anak saya.. Dan setengah keping nya lagi saya masak kering tempe yang dicampur dengan teri dan kacang goreng.. 


Gambar diatas teri nya tidak ada ya, hehehehehe.. Terinya sudah siap di toples dan sudah di goreng sebelum nya.. Makan nasi sama teri aja dan sambal sebetulnya sudah enak.. Hihihihi, ini juga kesukaan papa nya.. Nasi sama teri.. Manfaat Teri agar tulang menjadi kuat..

Yuk kita langsung ke cara membuat nya.. Tapi kalai ini saya membuat nya tanpa cabe, soalnya saya selalu memikirkan makan buat anak-anak.. Tapi bagi yang suka pedes, silahkan ditambahkan cabe merah iris..


Bahan :

  1. 1/2bungkus tempe
  2. 3genggang kacang tanah
  3. 30gram teri
  4. 1ruas jempol laos/lengkuas
  5. 2lembat daun salam
  6. 1/2sdt garam
  7. 1/2 bulatan kecil gula merah (klo disisir sekitar 2sdm)
  8. 1jempol asam jawa dengan 80ml air
  9. 2siung bawang merah iris
  10. 1siung bawang putih iris
  11. Cabe merah iris bila suka.. Kalau saya tidak pakai karena buat anak-anak..

Cara membuat :

  1. Iris tempe seperti korek api, lalu goreng..
  2. Goreng kacang, sisihkan
  3. Goreng teri, sisihkan
  4. Geprek laos
  5. Tumis bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan laos dan daun salam.. 
  6. Masukkan air asam jawa, gula merah dan garam
  7. Bila sudah agak mengental, masukkan kacang tanah, tempe dan teri, aduk rata.
  8. Bila sudah kering dan agak lengket, angkat..


Itadakimasu.. Selamat makan..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini..

Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s