#140 Cheese Stick

Saya penasaran dengan cheese stick.. Kalau dulu pas tinggal di Indonesia, segala jenis makanan tinggal dibeli, cheese stick ini biasa nya saya beli sama temen kantor, yang jual ibu-ibu, satu kantong plastik besar harga nya 15ribu rupiah, seukuranlah dengan yang saya buat ini.. Cheese stick yang saya buat ini bisa masuk toples ukuran 1,9L


Sekarang karena sudah pernah bikin telur gabus keju, kesukaan papa Akira, kali ini saya mencoba cemilan yang lain yaitu cheese stick ini.. Kalau sekali makan, bisa bikin mulut gak berhenti mengunyah.. Hahahahahaha, satu toples itu bisa habis seketika.. Bisa buat menemani santai di rumah sambil menonton tv atau sambil baca-baca buku.. Kalau saya dan anak saya biasa nya nyemil beginian sambil nonton tv..

Yuk mari kita meresep.. Resep cheese stick ini saya ambil dari blog nya afi-enasaekitchen.blogspot.jp yang beliau ambil resep nya dari sajian sedap. Tapi seperti biasa, yang saya tulis, resep yang sudah saya modif.. 


Bahan : 

  1. 200gram tepung terigu protein rendah biar hasilnya agak protol-protol..
  2. 50gram tepung kanji
  3. 125 gram keju
  4. 2butir telur
  5. 1/2sdt baking powder
  6. 1sdt garam
  7. 1/2sdt kaldu ayam bubuk, saya pakai royco rasa ayam..

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan menjadi satu hingga menggumpal.. Saya mennggiling nya pake food processor untuk gilingan roti..
  2. Kemudian ambil sebagian adonan, saya ambil sekitar sekepal tangan.. (Note :Sisa adonan yang dimangkok kalau bisa ditutup dengan serbet atau plastik wrap agar adonan tidak kering). Lalu dibulatkan kemudian giling tipis, setipis mungkin.. Kalau saya cara menggilingnya yaitu, ambil satu genggam adonan, taruh diatas mate, lalu adonan saya lapisi dengan plastik wrap, baru saya giling dengan gilingan kayu. Usahakan setipis mungkin, agar lebih renyah pas dimakan dan keju nya lebih terasa..
  3. Kemudian potong-potong panjang dan lebar sesuai selera..
  4. Siapkan penggorengan dengan minyak banyak.. Tidak perlu menunggu hangat, adonan cheese stick yang sudah dipotong-potong bisa dimasukkan ke dalam penggorengan.. Masak dengan api sedang kecil sambil diaduk sesekali agar matang merata dan kering.. Bila telah menguning, angkat dan tiriskan di tisue dapur..

Sambil menggoreng, lanjutkan dengan adonan yang berikutnya.. Lakukan hingga adonan habis..

Mari menikmati cheese stick sambil menonton tv atau membaca buku.. Itadakimasu.. Selamat makan..


Terima kasih ya Allah atas rezeki yang telah Engkau berikan hari ini.. 

Kofu shi, Yamanashi Ken, Japan..

Leave a Reply

