#137 Hari Pertama Anak-anak masuk Sekolah

Tahun ajaran Sekolah di Jepang dimulai bulan April.. Tahun ini, tepat nya tahun 2016 Akira (5tahun) dan Akari (3tahun) mulai masuk TK di jepang (yamanashi).. Perhitungan kategori tahun masuk TK dihitung per April.. Pendaftaran sekolah nya dibuka mulai bulan Februari.. Akira dan Akari daftar sekolah nya pada tanggal 15 Februari 2016 di Shirayuri Yochien.. Setelah sebelum nya pernah mendaftar di sekolah yang bersubsidi dari pemerintah Yamanashi, namun belum mendapat lowongan kosong di sekolah tersebut.. Sampe ditunggu-tunggu hingga 6 bulan lama.. Akhir nya kami mendaftarkan anak kami sekolah di Shirayuri berdekatan dengan tempat tinggal kami jadi anak-anak berangkat sekolah dianter sama papa pakai mobil, pulang sekolah dijemput oleh saya tapi jalan kaki, waktu tempuh sekitar 15menit.. 

Akira Akari masuk sekolah pertama kali tanggal 7 April 2016.. Mereka mengenakan pakaian seragam yang diberikan dari sekolah.. Pada saat itu upacara masuk anak TK umur 3tahun tapi Akira juga kami ajak juga mengikuti upacara pembukaan tahun ajaran baru bagi anak TK.. Kedua orang tua dari masing-masing anak harus mengikuti upacara pembukaan ini.. Pada tanggal 7 April 2016 itu hujan turun deras, acara nya mulai jam 10 pagi (eh, tapi jangan dibayangkan upacara pembukaan nya berdiri di lapangan ya.. Hehehehehe..)

Persiapan dan peralatan yg dibawa sebenernya sudah ada pemberitahuan nya.. Persiapan dan peralatan yang perlu dipakai dan dibawa adalah 

Untuk anak nya :

  1. Anak nya mengenakan baju seragam dari sekolah nya..
  2. Membawa wabaki yaitu slipa anak untuk di dalam kelas, dipkai bila musim dingin.
  3. Membawa peralatan sekolah yang telah dibeli di sekolah misalnya crayon menggambar, alat cetak lilin, dan lainnya

Untuk orang tua nya :

  1. Laki-laki mengenakan jas hitam dan dasi 
  2. Perempuan menggunakan jas dan kalau bisa pakai pakaian resmi.. Setelan jas nya bisa berwarna hitam bisa juga berwarna putih.. Kebanyakan ibu-ibu di sini mengenakan kalung berlian, anting, rambut nya di salon, bawahan rok hitam.. Ada juga yang mengenakan pakaian kimono.. Waduh, lihat ibu-ibu nya seger banget..
  3. Slipa kedua orang tua.. Nanti akan pakai slipa di ruang kelas.. Slipa ibu-ibu di sini bagus-bagus, ada yang pake slipa biasa, ada yang pake slipa kayak sepatu balet..
  4. Pakailah sepatu yang resmi juga, kalo bisa ya high hill, di sini sepatu ibu-ibu nya pada cling-cling dan terlihat baru semua..

Kegiatan di hari pertama ini yaitu :

  1. Upacara pembukaan masuk TK diisi dengan pidato dari kepala sekolah, dari pengurus sekolahnya, nyanyi lagu sekolah, pengenalan guru-guru sekolah dan nyanyi lagu anak-anak kayak anpanman dan lagu panda, kangguru, koala.
  2. Setelah itu Masuk ke kelas, mendengarkan penjelasan dari guru nya, apa saja barang yang perlu dibawa tiap hari nya.. Bagaimana cara mengemas atau membungkus barangnnya dan barang nya perlu ditaruh dimana.. Tiap hari akira dan akari mengenakan pakaian seragam sekolah dari rumah serta menggunakan topi dn sweater nya.. Lalu di dalam tas sekolah nya diisi dengan baju olahraga terdiri dari celana dan kaos dan sapu tangan.. Baju olahraga dan sapu tangan ini, dibungkus dalam tas kain.. Selain itu, akira dan akari membawa bekal makanan/bento..  Untuk akari membawa bento, cangkir minum, lap tangan dan sendok garpu (jangan lupa sendok garpu ini ada tempat buat menaruh nya).. Semua alat buat makan ini dibungkus jadi satu.. 
  3. Kapan mulai masuk sekolah, jam berapa mulai masuk dan pulang sekolah jam berapa.. Hari pertama ini hanya sampai jam 11.00.. Hari berikut nya yaitu hari jumat sampai dengan hari selasa, akira dan akari berangkat ke sekolah jam 09.00 dan pulang jam 11.15.. Hari rabu sampai hari kamis anak-anak berangkat jam 09.00 dan selesai jam 13.45.. Hari jumat dan seterus nya mulai berangkat ke sekolah jam 09.00 dan pulang jam 14.45.. Penjemputan sampai jam 15.00
  4. Foto bersama..

Setelah foto bersama, kami pun tak lupa foto keluarga untuk mengenang masa Akira dan Akari pertama kali masuk sekolah ini..


Sudah dulu ya cerita nya, besok-besok kalau anak nya sekolah, hari pertama masuk sekolah pakailah pakaian yang rapi dan cling, karena saya melihat orang jepang itu sangat mencintai keindahan..

Selamat sekolah kakak Akira dan dedek Akari.. Mudah-mudahan menjadi pengalaman berharga pernah sekolah di sini..

Salam dari mama mu tersayang..

Peluk cium ya nak..

        Advertisements

        Leave a Reply

        Fill in your details below or click an icon to log in:

        WordPress.com Logo

        You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

        Twitter picture

        You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

        Facebook photo

        You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

        Google+ photo

        You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

        Connecting to %s