#136 Susah Cari Makanan Halal di Jepang??

Saya menulis judul diatas karena dulu ada teman yang bertanya kepada saya “apakah susah cari makanan halal di Jepang?” Sebetulnya susah tidak nya tergantung dari pribadi masing-masing.. Ya semua diusahakan untuk mencari dan memakan makanan halal.. Saya hidup di sini karena memang rezeki saya ada di sini, tidak di sangka dan tidak di kira memang, sampe saya bisa hidup di Jepang, syukur Alhamdulillah.. Mudah-mudahan sedikit cerita dari saya ini bisa membantu agar bisa menjaga makanan halal, gambar sesuai dengan sumber..


Sebenarnya tulisan ini sudah lama ingin saya ungkapkan, namun saya masih agak sungkan untuk menuliskan pendapat-pendapat saya ini.. Tapi selama saya di jepang, memasak menjadi keharusan bagi saya, sebagai ibu rumah tangga yang hanya di rumah saja.. 

Sebetulnya saya lebih suka jajan makanan di luar ketimbang memasak makanan di dapur. Selain mudah dan praktis alias tinggal langsung makan, jenis makanan nya pun bisa dipilih mana yang disukai serta makanan nya dibeli sesuai kebutuhan alias sedikit saja, tidak perlu sedia banyak-banyak seperti kalau kita bikin sendiri.. Kadang-kadang selera masing-masing dari kami berbeda-beda.. Anak saya Akari pecinta udang, Akira pecinta maguro alias tuna, saya pecinta apa saja, klo papa nya tidak bisa makan sejenis kerang-kerangan..

Selain makanan berat, kami juga suka nyemil.. Cemilan nya juga ganti-ganti karena anak saya ini orang nya bosenan dan gak monoton itu-itu saja.. Tapi kadang kalau sudah minta sesuatu dan harus ada, terpaksa emak nya langsung goyang tangan ke dapur.. Pernah minta donat dan mau nya “sekarang” dan pernah minta pastel dan mau nya “sekarang”.. Dan saya pun langsung cus ke dapur dan menyulap nya hingga jadi 2-3jam kemudian.. Selain cemilan seperti itu, anak saya ini juga pecinta buah serta coklat.. Mereka suka sekali dengan yang segar-segar.. Alhamdulillah kalau anak-anak suka dengan buah, kadang jeruk, apel, momo, anggur, strawberry, pisang, semangka.. Mereka semua suka..

Dulu kami suka membeli roti, cake, donat dan puding.. Karena semua itu makanan favorit saya.. Anak-anak pun saya belikan sesuai dengan keinginan mereka.. Jadi mereka bebas memilih apa yang mereka sukai.. Pas awal-awal, saya masih menyerahkan semua makanan pada papa Akira.. Tapi setelah Allah membukakan pintu hati pada saya dan menunjukkan mana makanan yang baik dan yang tidak baik melalui orang lain, maka saat itulah saya menjadi pilih-pilih makanan.. Beberapa teman memberitahu saya tentang makanan halal di Jepang, dan beberapa teman memberi tahu mana makanan yang baik untuk dimakan dan mana yang tidak..

Saya memang sering mengupload makanan dan masakan saya melalui media sosial seperti hal nya fesbuk.. Dari sanalah kadang-kadang muncul pendapat atau tanggapan mereka tentang kehalalan makanan selama saya tinggal di Jepang.. Bagi saya sendiri, kadang-kadang sulit untuk mendapatkan makanan halal, karena di Indonesia, saya terbiasa membeli tanpa harus melihat tingkat kehalalan nya lagi karena saya yakin makanan di Indonesia halal apalagi kalau homemade. Untuk mencari produk yng memiliki sertifikat halal di sini, sangat jarang sekali.. Tapi apakah sesuatu yang kita makan itu harus dengan label halal?? Tidak juga kan.. Kayak bumbu kare, apa perlu label halal?? Yang penting dalam komposisi nya tidak mengandung unsur yang tidak halal.. Bumbu kare ini hanya berisi kan bubuk yang terdiri dari bumbu rempah daun-daunan.. Seperti hal nya yang lain, french fries, apa Juga perlu dengan label yang halal?? Tidak juga kan, toh saya pikir, french fries itu hanya berasal dari kentang.. Memang saya pernah menemukan french fries yang berlabel halal dan tidak ada label halal.. Namun, kedua nya ini dijual sama orang muslim juga, dia juga berpendapat sama dengan saya, hanya masalah label.. 

Sumber : 

https://rumaysho.com/13083-tidak-ada-sertifikat-halal-pastikah-haram.html

Kembali lagi soal makanan halal haram di Jepang.. Dulu kami sering membeli makanan di luar, tapi itu hanya sebulan sekali, jadi jatah makan kami untuk makan di restoran hanya sebulan sekali.. Kadang, makan di restorant cepat saji maupun makanan fast food yang ada di mall.. Namun, setelah beberapa teman memberi tahu tentang kehalalan makanan di sini, jadi saya harus menghentikan keinginan untuk makan di restoran seperti ini.. 

Teman saya memberikan link ini kepada saya :

http://www.pmij.us/halal-haram/list-of-halal-food-in-japan.html

Dari sini, saya sering membaca artikel-artikel tentang makanan halal.. Seperti apa makanan halal itu.. Selain itu, saya juga agak berhati-hati memilih makanan, ya sebisa mungkin, saya berusaha untuk mencari daging-dagingan yang halal alias dipotong dengan menyebut nama Allah.. Karena di Quran disebutkan (QS. Almaidah : 3)

Bismillahirrohmanirrohim..


Artinya :


Lalu bisa membedakan mana makanan dari hewan yang hanya hidup di darat saja atau di air saja (tidak keduanya).. Makanan yang tidak mengandung babi serta minyak nya.. Makanan yang tidak mengandung khamr dan sejenis nya.. Di jepang ini, mirin sering dipakai pada masakan agar masakan lebih enak dan gurih.. Mirin ini sejenis alkohol, walaupun pada proses memasak nya nya alkohol nya akan menguap, tapi saya baca-baca dari berbagai pendapat, alkohol tetap saja alkohol, walaupun sedikit, namun klo dilarang oleh agama, tetap saja tidak boleh.. Ya, jadi saya berusaha memasak makanan sendiri untuk keluarga saya tanpa mirin klo di resep ada mirin nya..

https://m.facebook.com/notes/must-be-halal/mengkaji-ayat-secara-lebih-berhati-hati-benarkah-alkohol-halal/107949473651/

Klo makanan desert atau cemilan-cemilan, saya dan suami hanya berpatokan dari membaca komposisi yang tertulis.. Kadang dapat info dari teman kalau tidak ada roti tawar yang halal di sini.. Selain itu juga cemilan lain seperti roti-roti, cake, kulit lumpia, donat, sus, dan pudding serta snack-snack atau crackers yang perlu dipertanyakan kehalalannya.. Kadang saya tanya teman “alasan nya apa?” Jawab mereka “Soalnya mengandung emulsifier, gelatin, shortening, margarin atau butter yang kandungan di dalam nya diragukan apakah berasal dari lemak hewan atau tumbuhan..”

Nah kadang itu yang tidak saya ketahui.. Saya dulu pernah bertemu sama orang malaysia, dia bilang, agak ragu-ragu kalau di komposisi nya ada emulsifier, gelatin, butter, margarin dan sebagai nya.. Jadi perlu dikonformasi dulu ke bagian customer service yang ada di bungkus makanan nya, kandungan bahan nya menggunakan minyak atau lemak hewan atau tumbuhan.. Dan bila pun dari lemak hewan darat, kita juga perlu meninjau, hewan darat nya itu disembelih atau dipotong dengan menyebut nama Allah apa tidak.. 

Selain itu juga, bila kita membeli makan yang sudah siap saji di supermarket atau di mini market, kadang kita tidak tahu apakah minyak yang dipakai adalah minyak bersama.. Misalnya menggoreng tempura, satu minyak dengan minyak menggoreng daging babi tepung.. Wallahu alam, saya juga gak paham, tapi saya juga diingatkan teman seperti itu sebelum saya berangkat ke jepang..

Ngomongin halal haram tentang makanan ini, saya juga pernah diberitahu teman tentang aplikasi scan halal.. Saya pernah install aplikasi scan halal di handphone saya, saya sudah coba beberapa product untuk saya scan.. Alhasil, kebanyakan database nya tidak ditemukan.. Artinya barang itu belum ada di database aplikasi halal.. Makanan yang ada label halal nya pun pernah saya uji di aplikasi scan halal, tapi hasilnya juga menunjukkan belum ada dalam database.. Jadi sangat sulit untuk mencari makanan yang benar-benar halal di sini.. Yang jelas saya berusaha menghindari hal-hal seperti dibawah ini 

  1. Babi/buta/pork/rado/bacon
  2. Hewan darat yg disembelih/dibunuh tanpa menyebut nama Allah –> itu artinya bangkai
  3. Alkohol/khamr
  4. Gelatin
  5. Rum
  6. Shortening
  7. Emulsifier yang tidak jelas (yang aman emulsifier nya yang ada tulisan kedelenya, berbeda lagi bila ada tulisan termasuk kedele)

Saya agak dikejutkan dengan daftar makanan yang tidak halal menurut sumber facebook halal food in japan : 

1. Yoshinoya dan sukiya.. 

Ternyata kedua restorant ini gak halal, dan saya juga baru tahu setelah saya tinggal 9 bulan di jepang..


Dan


2. Kalau lihat dari gambar ini, sushi roo tidak halal.. Saya juga baru tau kalau gak halal, dan saya pernah makan di sini.. Astaghfirullah.. Wallahualam..

3. Sandwich di sevel.. Dan ini juga saya baru tahu.. Setahu saya ini hanya sandwich isi tuna dan telur plus mayonese, dan saya masih belum mengerti tidak halal nya dimana, mungkinkah di roti nya?? Astaghfirullah..

Tapi dari sumber lain (saya membaca di hari yang sama) di fesbuk halal jepang, roti ini dibolehin.. Update bulan februari 2016.. 

Yah, saya jadi wallahualam deh menghadapi semua ini.. Sejak di jepang jadi sering-sering mikirin halal.. Di Indonesia, saya jarang mikirin halal, mau penjual nya cina, barat, jepang, dulu semua saya makan-makan saja gak pernah terpikirkan dosa makan makanan haram..
4. Pocky ini juga gak halal..

Tapi di sisi lain ada yang menyebutkan pocky ini halal sumber fesbuk halal japan.. Padahal kalau di fesbuk halal in japan semua glico dihindari..


Sumber pengecekan lebih update 11 April 2016..


Koala march juga begitu, halal menurut fesbuk halal japan


Ini semua kan makanan anak-anak.. Jadi ya kita perlu tahu.. Tapi perlu diteliti gambar nya ya, kadang bungkus suka berbeda sedikit..

Di jepang ini banyak sekali kue kue dan makan yang menggiurkan, jadi lihatlah komposisi nya apakah mengandung shortening, emulsifier, gelatine.. Sebaiknya di hindarkan..

Ini lah kadang-kadang yang membuat saya berat dalam mencari makanan dan bahan makanan yang halal, harus perlu banyak konfirmasi tentang kandungan bahan makanan yang ada di dalam nya.. Dan saya dan suami sendiri kadang-kadang hanya berpatokan dengan komposisi yang ditulis.. Dan terus mengacu pada QS. Al Maidah :3 dan QS. Al Araf : 32, jika ingin lebih bijak, ya tanyakan dan lihat langsung cara orang memasak nya (bagian dapur nya).. Orang lain hanya menulis dan kita tidak mengenal siapa penulis tersebut..

Mudah-mudahan kita selalu diberi rezeki yang halal dan toyiban (baik)..

Ini saya hanya sekedar menuliskan saja dari yang saya baca.

Sumber : 

  1. https://m.facebook.com/Halalanjapan/
  2. https://m.facebook.com/halal.jp/
  3. https://m.facebook.com/notes/must-be-halal/mengkaji-ayat-secara-lebih-berhati-hati-benarkah-alkohol-halal/107949473651/
  4. https://facebook.com/halaljapan
  5. https://rumaysho.com/13083-tidak-ada-sertifikat-halal-pastikah-haram.html
Leave a Reply

