#129 Musim Semi di Jepang

Yeaaay, hari ini tanggal 17 April 2016, seneng banget.. Baru merasakan yang namanya malam itu gak dingin.. Sudah kayak suhu di Indonesia, sudah kembali seperti normal, walaupun di cek suhu nya adalah 16 derajat.. Tapi kok tumben gak dingin-dingin banget ya.. Padahal sebelumnya kalau siang itu suhu 18 itu dah termasuk dingin, kadang saya masih saja menyalakan heater walaupun jam 10 pagi..

Nah musim semi di jepang kali ini sebetulnya mulai nya bulan Ferbfuari 2016 tanggal 13, tapi saya tetep mengatakannnya dingin, serasa masih musim dingin gitu.. Soalnya bener-bener masih merasakan yang nama nya kedinginan. Dan ternyata dingin nya berlalu mulai April 2016.. Dulu berharap banget, akhir februari nih dingin segeralah kabur karena saya gak begitu suka dengan udara yang begitu ekstrim, bawa nya mau diem aja dalam ruangan penghangat.. Mau keluar dari ruangan penghangat, rasa nya malas unyuk mengangkat badan dan melangkahkan kaki.. Soalnya pindah dari satu ruangan ke ruangan lain, suhu dan udara nya berbeda sekali, ekstrim gitu.. Di ruangan keluarga hangat, tiba-tiba mau ambil minum atau ambil piring atau mau ambil sesuatu di dapur jadi agak malas, karena pas keluar dan membuka pintu dari ruang keluarga langsung brrrr, dingin nya masuk.. 

Alhamdulillah kali ini dah merasakan suhu yang biasa-biasa saja, tidak panas dan tidak juga dingin sekali.. Jadi mau melakukan aktivitas pun enak, karena suhu ruangan stabil dan sama di setiap tempat.. Gak pakai baju tebal lagi, gak pakai jaket lagi kalo keluar, cukup satu lapis pakaian.. Sebelum bulan April saya masih pake baju 2lapis di dalam rumah, pakai kaos kaki dan tidur masih menggunakan selimut 2lapis juga.. Kasur nya pun dilapisin selimut juga, maklum tidurnya di futton, tidur lesehan gaya nobita gitu.. Nih lambat laun, sampai pertengahan April sudah mulai menyesuaikan suhu.. Alhamdulillah..

Musim semi di jepang kali ini adalah tumbuh nya bunga sakura, udara sudah tidak begitu dingin.. Oh iyah, pas awal April 2016 ini, sholat subuh nya di mulai jam setengah 4 pagi.. Jam 05.12 itu sudah mulai suruq, dan jam sudah terang benderang.. Siang di sini sudah mulai lebih panjang dibandingkan malam.. Maghrib pun jam 18.12, jam setengah 7 malam sudah mulai gelap.. Jam 6 sore masih terlihat petang.. Alhamdulillah, saya juga lebih senang kalau siang lebih panjang dibandingkan malam artinya lebih banyak terang nya dibandingkan dengan gelap nya.. Jadi bisa lebih banyak aktivitas.. Berbeda sekali ketika memasuki musim dingin pada bulan nopember 2015 tahun lalu, jam 5 sore pun dah sangat gelap sekali.. Padahal kita masih di luar rumah.. Jadi bawaan nya pengen tidur aja, apalagi ditambah dengan suhu dingin, jadi mau nya selimutan terussampe pagi jam 06.00 pun masih gelap.. Di musim semi ini, yang membuat saya kadang kedinginan sekali adalah kalau turun hujan.. Ini yang membuat saya rada-rada jadi kurang krasan tinggal di Jepang.. Pada saat bulan februari 2016, subuh itu masih jam 04.30 dan suruq nya masih jam 6.12.. Maghribnya jam 17.50.. Sekarang beda 2 bulan aja, subuh nya sudah berbeda 1jam.. Gimana nanti saya menghadapi puasa ya?? Puasa kan 2 bulan lagi, kira-kira subuh nya jam berapa ya?? Mungkinkah jam 02.00?? Trus saya bangun sahur nya jam berapa?? Hahahahaha, saya belum tahu, karena saya belum mengalami.. Kita jalankan saja dan nikmati saja hidup yang berwarna-warni ini.. Indah sekali memang apa pun yang dihadapi dan menjalani kehidupn yang diberikn oleh Allah kali ini.. Subhanallah, semua bisa dirasakan dan semua bisa dinikmati, dilalui, dan dijalankan dengan suka dan duka, malas dan rajin, susah dan senang, dingin panas.. Huh.. Best experience bagi saya tinggal di negeri ini..

Selamat datang musim semi yng sesungguhnya..

Salam hangat dari kami, keluarga Yunarso Anang..

Kofu, Yamanashi, Jepang..

18April 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s