#128 Love Donat Kentang

..Donat Kentang..

  

Love donats, every day eats dougnouts.. Hahahahahaha.. Begitulah bagi org yg doyan donat.. Jadi hampir tiap hari bikin donat dan makan donat apalagi klo donat nya empuk dan lembut, dan topping atau isi nya enak, pasti ketagihan mau lagi dan lagi.. Sebenernya di jepang banyak yg jual donat kayak mister donat, saya dulu sering beli di sana, tp temen ada yg bilang, katanya mister donat ada donat-donat tertentu yang gak halal.. Trus, saya jadi gak bisa beli lagi deh, padahal saya suka sekali dengan donat-donatnya.. Donat nya lembut dan isi nya juga enak, apalagi yang isi krim.. Klo isi coklat dan yang lain mungkin biasa.. Oh iyah, kocek untuk mengeluarkan 1buah donat di sini sekitar 100yen ke atas.. Ada yg 100yen, 168yen, 200yen, hingga 200yen ke atas.. Karena sudah dibelikan papa akira alat buat mengaduk tepung roti, jadi bikin donat nya agak mudah dan agak cepet..

 

Saya sangat penasaran sekali dengan penampilan donat orang-orang yang kulit nya bisa mulus dan matang merata.. Beberapa tips sudah saya ikutin agar donat nya bisa matang merata di bagian kulitnya, maksud nya gak cemang cemong gitu.. Tapi saya dah coba buat sampe 6x sampai saya eneg dan bosen sendiri, akhir nya saya pasrah.. Mungkin penggorengan saya yang kurang mulus atau minyak saya yang kurang banyak, ntahlah.. Saya dah nyoba berbagai tips, mulai dari yang mengalasi donat pake tepung maupun pake margarin/butter, tidak menyitam-nyiram pada saat menggoreng dan tidak membolak-balik donat serta menggunakan api kecil dan bersabar menunggu kuning sendiri, tp tetep saja hasil gorengannya ada cemong dikit alias ada hitam-hitamnya dikit..

 Beberapa resep sudah saya coba2.. Dan karena saya sudah 6kali buat donat, sebenarnya semua empuk dan lembut.. Inti nya hanya membuat adonan menjadi kalis dan elastis serta proofing yg cukup alias mengembang 2 kali lipat.. Itu pasti akan membuat donat menjadi empuk dan lembut sekali.. Saya kalau lagi goreng, habis 4-5 donat tanpa toping.. Awalnya sih nyicip, nih donat hasilnya gimana, akhirnya malah lanjut dimakan lagi dan lagi.. Alhasil, gak ada foto model.. Anak-anak pun gitu, klo dah nyicip lembut banget, jadi makannya cepet dan mau lagi dan lagi.. Teringat dengan donat kok kayaknya pengen buat lagi ya?? Hahahahaha, sudah dulu ah, mau nyoba resep masakan yang lain lagi.. Oh iyah, resep donat ini juga bisa dipake buat bikin roti.. Saya pernah bikin roti kosongan pake resep ini dan hasilnya juga bagus, rmpuk dan lembut.. 

 

Karena saya dah punya alat buat mengaduk roti jadi saya pake mixer pengaduk roti itu, lumayanlah jadi bener2 kalis, sehingga tangan saya jadi gak pegel.. Trus pada saat proofing, pastikan suhu berada pada suhu ruangan biar donat nya bisa mengembang sempurna alias mengembang 2kali lipat.. Bila adonan donat, kita tusuk dengan jari trus dia gak balik lagi, itu artinya donat siap digoreng.. Jangan melihat lama nya waktu proofing, tapi lihatlah adonan donat nya sudah mulus dan mengembang 2kali lipat apa belum.. 
  
Yuk mare kita eksekusi cara pembuatan donat nya.. Ini resep saya otak atik dan lihat sana sini cara pembuatannya, dan dengan mempertimbangkan waktu dan maksimal penggunaan alat, dan jadilah resep donat saya yg begini.. Ini jadi nya 16 buah donat..

 Donat kentang 

250 gr tepung terigu protein tinggi

25 gr susu bubuk

1/2bgks fermipan/5.5 gram ragi instan

2buah kentang, kukus sampe lembut —> haluskan pake blender dan dinginkan

50 gr gula

40 gr mentega

1/8 sdt garam

2 buah kuning telur

50 ml air hangat
Cara Membuat :

– Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.

– Tambahkan kentang, masukkan kuning telur dan tambahkan air sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.

– Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Kalis dan elastis itu terlihat nanti adonan nya terbentuk membran, kayak ada gelembung udara gitu.. Brarti nanti itu lapisan nya bagus, kulit donatnya bisa mulus.. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering atau pake plastik wrap.. Biar mengembang, profoing nya klo bisa di deket heater dengan suhu ruang 25 derajat (klo dingin, nanti gak ngembang), ini tergantung suhu di masing-masing tempat dan musim

– Kempiskan adonan dengan cara ditonjok aja adonannya.. Olesin tangan dengan mentega, agar tidak lengket, siap kan tempat datar olesin permukaan dengan mentega agar tidak lengket. Bagi adonan dan bentuk bulat (saya jadi 16 bulatan) taruh diatas tempat datar tadi, klo adonan lengket di tangan, olesin lagi tangan dengan mentega.. 

– diamkan sampai mengembang 2x lipat (jangan lupa, klo kira2 suhu dingin, taruh di dekat yang agak hangat).. Biasanya klo saya diamkan nya lebih dari 1jam dan saya taruh di deket heater.. Klo sudah terlihat mengembang dan mulus, siap di goreng..

Nah, cara gorengnya :

Minyak nya banyak, biar donat nya mengambang, masak dengan minyak hangat dan api kecil.. 

Ambil satu adonan donat dengan cara menusuk bagian tengan bulatan, trus bolongin dengan 2 jari telunjuk.. Baru masukkan ke dalam penggorengan.. Trus gorengnya harus sabar sampai dia menguning sendiri (gak perlu disiram-siram atau dibolak-balik).. Trus dia nanti akan mengembang (lebih besar lagi).. Klo udah menguning baru dibalik..

Jika sudah dingin bisa diberi Toping sesuai selera..

 

Saya sangat suka donat.. Itadakimasu.. Selamat makan..

Everyday donat, always love donat..
  

Alhamdulillah, Terima kasih ya  Allah atas rezeki yang Engkau berikan Hari ini..

Kofu, Yamanashi, Jepang, 2016

Leave a Reply

