#121 Ayam Suwir Saos Inggris

..Ayam Suwir Saos Inggris..

  

Ayam suwir saos inggris ini menurut saya enak, kata papa nya juga enak.. Saya masak ini cuman agak penasaran aja dengan rasa nya soalnya di rumah ada kecap inggris yg sdh lama gak dipake-pake, yang paling sering dipake itu adalah saos tomat, kecap dan saos tiram.. Kali ini mau memanfaatkan si saos inggris ini atau kecap inggris yang masih ada di kulkas.. Resep nya ini saya lihat di fesbuk nya nina agustina.. Makasih ya tante nina agustina..

Ayo kita eksekusi ayam suwir saos inggris ini..  

 Bahan A :

  1. 250gram paha ayam tanpa tulang cuci bersih
  2. 1sdm saos tiram
  3. 1/2sdt garam

Bahan B :

  1. 1/2 siung bawang bombay besar iris memanjang
  2. 3 siung bawang putih cacah halus
  3. 1/2sdt jahe halus
  4. 1cm lengkuas
  5. 1lbr daun salam (saya sedang kehabisan stok)

Bahan c :

  1. 3sdm makan saos tomat
  2. 2sdm kecap manis
  3. 1sdm kecap inggris
  4. Garam, gula, lada hitam secukupnya..

Cara membuat :

  1. Setelah ayam dicuci, lalu campur semua bahan A, diamkan selama 30menit atau lebih..
  2. Goreng ayam dengan minyak sampai matang dan kecoklatan, lalu suwir2.. Sisihkan..
  3. Tumis bahan B hingga harum, ingat hingga harum.. Sebaiknya yang ditumis bawang bombay dulu, klo bawang bombay nya sudah agak setengah masak, masukkan bawang putih, diikuti dengan lengkuas yg digeprek dan daun salam.. Karena kalau menumis bawang putih bersamaan dengan bawang bombay, nanti bawang bombay belum layu dan harum dan bawang putih sudah gosong, bawang putih gosong bisa menyebabkan masakan jadi pahit..
  4. Setelah harum, kecilkan api, masukkan bahan c, masak kembali dengan api sedang, koreksi rasa.. Klo saya, ketika memasukkan bumbu-bumbu, biasa nya api saya kecilkan dulu, bila semua bumbu sudah masuk, baru saya masak dengan api sedang kembali..
  5. Koreksi rasa, sudah sesuai selera apa belum, jika sudah masukkan ayam yang sudah disuir.. Aduk cepat sampai bumbu meresap dan rata agar tidak gosong..
  6. Angkat dan hidangkan..

  
Itadakimasu.. Selamat makan..

Alhamdulillah, Terima kasih ya Allah atas rezeki yng Engkau berikan hari ini..

Hasil Eksekusi 21 Maret 2016 jam 07.00 Kofu, Yamanashi, Jepang..

      Advertisements

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s