#120 Pempek Adaan

..Pempek Adaan..

  

Pempek palembang yang satu ini sangat mudah membuat nya.. Tinggal diulenin pake tangan trus cemplungi dalam minyak goreng, gak pake lama dan gak pake ribet.. Hehehehe, rasanya pun juga enak, karena dikasih daun bawang, bawang putih, santan dan garam sedikit untuk memberi rasa gurih nya.. Cara bikin nya gampang banget.. Saya pake ikan nya bukan ikan tenggiri, tapi ikan putih seperti yang saya upload di resep pempek kapal selam sebelumnya..

Saya pakai ikan kurang lebih 250gram.. Pas setelah digiling saya timbang sebetulnya dapat nya 247gram.. Hehehehehe, ya sisa2 dikit tempat penggilingannya.. Ini bisa dapat 23pempek adaan.. Saya membentuk nya pakai sendok dan mengaduk pempek nya pakai sarung tangan plastik.. Entahlah saya masih belum tega mengaduk adonan menggunakan tangan langsung, menguleni donat juga begitu, pake alat.. Hahahahaha, padahal makan pake tangan lebih baik, bagaimana klo mengaduk adonan pake tangan langsung, rasa nya gimana gitu, saya agak geli-geli sih dengan adonan yg lengket-lengket di tangan.. Kecuali kalau sudah tidak lengket lagi adonan nya.. Baru saya mau pegang pake tngan langsung..

Oh iyah resep pempek nya adalah sebagai berikut : (cuman resep ini yang agak cocok bagi saya..)

  
Bahan :

  1. 250gram ikan giling, terserah sih ikan apa saja yg penting putih dan halus
  2. 3siung bawang putih halus
  3. Secukupnya daun bawang
  4. 1butir telur
  5. 1sdm santan kara
  6. 50ml air dingin
  7. Garam secukup nya
  8. 17sdm tepung kanji

Cara membuat :

  1. Campur bahan 1-7 kemudian remas-remas
  2. Masukkan tepung kanji tiap 3sendok, lalu uleni..
  3. Lakukan sampai tepung kanji habis..
  4. Ambil adonan menggunakan sendok, lalu bentuk bukat dengan bantuan dua sendok makan.. (Maaf ya, gak sempet moto step by step nya)
  5. Kemudian masukkan ke dalam penggorengan, goreng dengan api sedang..
  6. Jika sudah berwarna kecoklatan balik dan tunggu hingga semua sisi berwarna coklat atau matang..
  7. Angkat, sajikan pempek dengan cuka dan timun..

  
 
Potong-potong jika mau dimakan..

Itadakimasu, pempek adaan, pempek nyo wong kito.. Lemak nian..

  
 
Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Hasil eksekusi 26 Maret 2016, jam 12.00 kofu, Yamanashi, Jepang..

Leave a Reply

