#119 Pempek Kapal Selam

..Pempek Kapal Selam..

  
Berkali-kali sebetulnya nyobain nikin pempek di jepang.. Habis, mau beli terasa mahal, pernah beli sekali pempek beku di baticrom tapi cuka nya gak begitu enak dan pempek nya juga gak begitu enak.. Dibandingkan beli, mending bikin sendirilah, bisa dapet banyak.. Hehehehehe, tapi nyoba2 bikin dah berkali-kali mulai dari ikan tenggiri, yang setahu saya disini nama nya ikan mackarel atau ikan saba.. Pas saya bikin, ternyata hasil nya agak hitam dan daging ikan tidak menyatu dengan tepung kanji nya.. Saya agak bingung, apa ini ikan nya yang salah atau tepungnya yang salah atau saya yang salah mengolah dan mengaduk adonan nya?? Trus saya cari solusi tersendiri.. Mengganti ikan dan merk tepung kanji yang saya pakai.. Saya coba ikan yang berwarna putih, ikan nya ini tulisan nya sih dari vietnam, saya gak begitu tau ini ikan apa.. Ikan ini saya beli sudah dalam bentuk fillet, jadi saya tidak perlu lagi memisahkan kulit dan tulangnya karena ikan nya yang dijual juga sudah tidak bertulang.. Jadi tinggal saya bersihkan saja dan saya haluskan dengan chopper..  

 Dua slice ikan ini ukuran nya kurang lebih sekitar 250gram.. Jadi saya bisa menghasilkan 2kapal selam besar, 3pempek telur (kapal selam) kecil dan beberapa pempek lonjong atau pempek panjang.. Di gambar nya cuman jadi beberapa karena, pas sudahmateng waktu direbus, langsung dicobain rasa nya.. Berkali-kali saya coba bikin pempek, cuman resep ini yang cocok bagi saya.. Saya hanya menakar-nakar dan meracik sendiri sesuai feeling saya sendiri..

  
Klo saya lihat-lihat resep di google atau di blog-blog orang lain, kadang saya gak bisa untuk membentuk nya.. Apalagi resep-resep yang beredar itu menggunakan air. Saya berkali-kali mencoba bila ditambahkan air maka adonan menjadi lembek dn sulit untuk dibentuk (itu bagi saya).

Baiklah ini resep hanya untuk pempek nya saja ya, untuk kuah cuka nya saya belum bisa kasih resep karena saya belum menemukan gula merah yang bagus untuk cuka pempek.. Walaupun saya sudah membeli gula merah indonesia di toko Okubo, tapi gula merah nya tidak berwarna hitam dan kental.. Dan gula merah yang dijual di supermarket jepang khusus nya di yamanashi juga berupa gula bubuk yg berwarna coklat..

  
 Bahan :

  1. 250gram ikan putih seperti diatas giling dengan chopper
  2. 1butir telur
  3. 1/2sdm garam
  4. 210gram tepung kanji..
  5. Beberapa telur untuk isian..

Cara membuat :

  1. Campur ikan yang sudah digiling dengan garam dan telur, remas-remas
  2. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diremas-remas sampai adonan mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan..
  3. Dalam membentuk, saya tidak membuyuhkan tepung terigu sebagai taburan.. Karena adonan sudah tidak lengket di tangan..
  4. Siapkan panci berisi air yang banyak untuk merebus, didihkan air.. Bila sudah mendidih, kecilkan api..
  5. Siapkan satu telur mentah dalam mangkuk..
  6. Bentuk adonan pempek dengan cara, ambil sedikit adonan, bulatkan lalu buat lubang ditengah nya dengan menggunakan 4jari selain jempol.. Bentuk hingga setinggi mata jari tangan agar  satu telur mentah bisa masuk ke dalam adonan yang terbentuk.. Masukkan telur lalu langsung tutup ujung-ujungnya dengan menekan menggunakan jari telunjuk dan jari jempol.. Kemudian langsung celupkan ke dalam panci rebusan..
  7. Lakukan hingga adonan habis..
  8. Jika ingin membentuk pempek kapal selam yang kecil, isiannya yaitu telur dikocok di mangkuk.. Lalu tuangkan beberapa sendok ke dalam adonan pempek yang sudah dibentuk.. Tutup adonan pempek yang sudah dibentuk dengan jari jempol dan telunjuk, langsung masukkan ke dalam panci..
  9. Tunggu hingga pempek naik ke atas atau mengambang, itu tanda nya pempek sudah matang, biarkan sktr 10 menit agar pempek matang sempurna..
  10. Angkat dan tiriskan.
  11. Bila sudah dingin, pempek siap digoreng.. 
  12. Goreng pempek, bila sudah berwarna kecoklatan, potong sesuai selera
  13. Sajikan dengan cuka pempek..

  
Resep cuka pempek belum bisa ditulis, yang jelas cuka pempek adalah campuran dari :

  1. Gula merah disisir dulu kemudian rebus dengan air, bila gula telah larut, saring.. Buang sisa ampas gula merah
  2. Bersihkan panci gula merah tadi, masukkan air gula merah yang sudah disaring..
  3. Tambahkan asam jawa sedikit
  4. Tambahkan Bawang putih yang sudah diulek kasar termasuk kulit nya..
  5. Tambahkan Cabe rawit yang diulek kasar
  6. Tambahkan tongcay
  7. Tambahkan ebi kering yang sudah dihaluskan.. 
  8. Masak sampai mendidih dengan api sedang..
  9. Koreksi rasa dan tingkat kekentalan.. 

Untuk takaran bahan cuka ini tergantung dari tingkat kepedasan yang diinginkan dan gula merah yang dipakai.. Disini saya belum bisa ngasih takarannya, karena belum ketemu gula merah yang bagus yang sesuai keinginan saya..

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s