#116 Mari Makan Bakso

..Bakso..

  
Uhm, siapa yang gak suka bakso?? Pasti ada lah ya.. Kalau saya suka bakso, dulu nya tidak begitu suka, eh sekarang itu suka.. Saya itu kalau soal makanan suka ikut-ikutan.. Yang awal nya tidak suka, busa jadi suka karena pengaruh temen atau saudara atau orang lain yang bilang enak atau sering mengajak makan.. Ya seperti kegiatan sehari-hari lah, ala bisa karena biasa.. Soal makanan juga, jadi suka karena lidah nya sudah terbiasa dengan makanan ini itu.. Dulu saya gak suka makan martabak har, lama kelamaan jadi suka karena ayah saya suka beli itu terus di rumah.. Dulu saya gak suka kulit ayam, hati ayam, paha ayam, klo soal ayam yang paling suka saya makan adalah dada ayam aja.. Eh, sekarang pas berumah tangga dan tinggal sama suami, sering lihat suami makan itu jadi kepengen juga, lama kelamaan di rasa-rasa jadi enak.. Hahahahaha, begitu juga dengan pecel lele.. Awal nya gak suka, lama kelamaan jadi suka dan suka banget.. Rawon, adalah pengenalan dari mertua, awal nya saya agak aneh dengan makanan item-item kayak gitu, eh gak tau nya enak juga.. Hahahaha.. Ternyata banyak makanan yang hanya membiasakan lidah saja, nanyi klo sudah terbiasa, pasti akan suka..

Oh iyah, balik lagi ke bakso.. Bakso ini enak ya klo makan nya hangat-hangat dan dimakan pas dalam keadaan cuaca dingin.. Makan bakso itu enak klo banyak lemak nya.. Kali ini saya masak bakso yang daging giling nya ada lemaknya.. Sebelumnya saya suka beli daging giling yang tudak ada lemak nya alias daging aja mulus.. Nah kali ini, daging giling yang tersedia adalah daging giling yang berlemak.. Saya gak milih lho, tergantung ketersediaan dari yang jual.. 

 
Nah sebetulnya resep bakso nya ini sama dengan resep bakso sebelumnya.. Bisa dilihat di sini #058 Bakso | Cerita-cerita ku

https://mitnablog.wordpress.com/2016/01/20/058-bakso/ Nah cuman saya mau nambahin aja, klo kali ini saya pakai daging nya 500gram, dan tepung sagu atau tepung kanji nya 5 sendok makan.. Jadi ada perbandingan daging giling dengan tepung nya adalah 100gram : 1sdm.. Untuk bumbu yang lain nya seperti putih telur, garam, baking soda air dingin adalah tetap (ini untuk takaran 400-500gram ya).. Oh iyah, untuk air rebusannya kali ini saya pakai sekitar 1100ml, lalu saya rebus bakso nya nanti akan tersisa air sekitar 800ml.. Nah sisa air rebusan bakso ini saya jadikan buat kuah nya.. Kuah bakso ini gak cukup untuk menampung bakso nya.. Satu porsi bakso (isi 5-6 pentol bakso) kan bisa menghabiskan 200ml-300ml kuah bakso.. Sedangkan untuk ukuran 500gram daging giling menghasilkan banyak pentol alias bisa lebih dari 40 pentol.. Jadi klo dirasa kurang dan ingin membuat kuah bakso lagi, jadi saya akalin dengan merebus iga sapi.. 350gram iga sapi saya buat kaldu nya dulu dengan 1L air dan dengan api kecil.. Oh iyah, sebelum membuat kaldu, daging iga nya kita blansir dulu.. Cara nya bagaimana?? Cara nya yait rebus daging iga sampai terendam dan sampai mendidih (sktr kurang dr 5menut), lalu buang air nya.. Hal ini untuk membuang bau amis dan darah2 yang menempel di daging iga.. Kemudian untuk mendapatkan kaldu iga sapi ini, maka rebus kembali daging iga dengan api kecil selama minimal 1jam.. Nah klo sudah dapat kuah kaldu nya, untuk membuat kuah bakso nya lagi, tinggal ditambahkan bumbu-bumbu lain yang ada di resep kuah bakso..

  

Bakso bisa disajikan dengan mie kuning, mie putih, sayur sawi hijau, toge, daun bawang, daun seledri, garam (jika dirasa kurang),  bawang goreng dan sambal..  
 
Nah versi saya kali ini, saya menyesuaikan dengan stok sayuran yang ada di dapur.. Ada nya soun dan sayur sawi hijau.. Pelengkap lain adalah sambal giling saya tambahkan sedikit kuah bakso, bawang goreng dan daun bawang.. Oh iyah, tambahan lain bisa menambahkan kecap atau saos tomat (itu selera masing-masing sih).. Oh iyah, kalau mau menambahkan tahu dan telur rebus juga boleh.. 

 
Nah selamat membuat dan menikmati bakso nya ya.. Semakin sering nanti semakin telaten.. Hehehehehe.. Jangan lupa dicoba-coba rasa nya, mungkin bisa ada perbedaan selera.. Kalo pentol bkso yang begini, sudah selera suami ku, bagi nya pentol ini tidak terlalu keras dan tidak begitu lembut juga.. 

Selamat makan, itadakimasu..

Terima kasih ya Allah atas rezeki yang Engkau berikan hari ini..

Kofu, Yamanashi, 23 Maret 2016 jam 07.00

Leave a Reply

